x

Jalan Berliku PSSI Menuju Naturalisasi Kevin Diks Demi Timnas Indonesia

Kamis, 26 Oktober 2023 17:17 WIB
Editor: Juni Adi
Kevin Diks, Pemain Keturunan Indonesia

INDOSPORT.COMKevin Diks akan dinaturalisasi usai keberhasilan timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2024 dan akan berjuang di penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, berencana untuk menambah satu pemain naturalisasi untuk kepentingan timnas Indonesia yang bakal berlaga di sejumlah ajang internasional bergengsi.

Salah satunya adalah Piala Asia yang bakal dimulai pada Januari 2024 mendatang. Timnas Indonesia tergabung di grup D bersama negara-negara kuat Jepang, Irak dan Vietnam.

Baca Juga

Menghadapi lawan-lawan tangguh, Skuad Garuda tidak ingin hanya jadi bulan-bulanan, oleh sebab itu pelatih Shin Tae-yong terus berusaha untuk membentuk tim yang tangguh.

Salah satu cara yang dipakai adalah naturalisasi pemain keturunan Indonesia yang berkarier di sepak bola Eropa dengan kualitas jempolan.

Beberapa nama yang telah dinaturalisasi adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, hingga Ivar Jenner. Nama lain yang masuk dalam daftar naturalisasi berikutnya adalah Kevin Diks.

Saat ini Kevin Diks bermain untuk timi asal Denmark, FC Copenhagen, setelah diboyong dari Fiorentina secara gratis pada musim panas 2021 lalu.

Baca Juga

Bersama FC Copenhagen, Kevin Diks jadi pilihan utama pelatih Jacob Neestrup di lini belakang sebagai bek tengah. Sejauh ini ia telah mencatatkan 98 penampilan dan mencetak 8 gol serta 16 assist untuk timnya.

Salah satu penampilan terbaik Kevin Diks terjadi di pentas Liga Champions musim ini, saat FC Copenhagen menghadapi Manchester United pada Rabu (25/10/23) lalu.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Old Trafford itu, Kevin Diks tampil solid saat menjaga pertahanan timnya, hingga Manchester United hanya mampu menang dengan skor tipis 1-0.

FC Copenhagen memiliki peluang menyamakan kedudukan di akhir laga usai mendapat hadiah penalti. Sayangnya, Jordan Larsson gagal mengeksekusi sepakan 12 pas tersebut, karena bola sepakannya bisa ditepis Andre Onana.

Baca Juga

1. Jalan Berliku Naturalisasi Kevin Diks

Kevin Diks, Pemain Keturunan Indonesia

Meski FC Copenhagen kalah, penampilan Kevin Diks menjadi sorotan banyak pihak berkat penampilan penuhnya di laga kontra Manchester United.

Dikutip dari Sofascore, pemain berusia 27 tahun itu mampu menampilkan aksi bertahan yang apik dengan membuat 4 sapuan, 1 tekel, dan 1 intersep.

Baca Juga

Kevin Diks pun turut terlibat dalam permainan timnya dengan menyentuh bola sebanyak 82 kali dan mampu melepaskan 70 operan sukses dari 74 percobaan atau punya akurasi operan 95 persen.

Di samping itu, Kevin Diks juga mampu memenangkan 1 duel di lapangan dari 1 duel yang dilakukan. Sayangnya, ia kalah dalam 3 duel udara dan 4 kali kehilangan penguasaan bola.

Statistik mentereng itu membuat kualitas Kevin Diks kembali bikin Shin Tae-yong kepincut untuk semangat menggodanya dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Saat ini bek berusia 27 tahun itu tercatat sebagai pesepakbola berpaspor Belanda. Ia bisa dinaturalisasi oleh Indonesia mengingat dirinya punya darah keturunan Maluku dari sang ibu bernama Natasja Diks-Bakarbessy. 

Baca Juga

Upaya Indonesia dalam hal ini PSSI untuk melakukan naturalisasi terhadap Kevin Diks sejatinya sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, khususnya ketika ia masih memperkuat Fiorentina.

Hanya saja PSSI lewat mantan anggota Exco, Hasani Abdulgani, menemui kendalan karena sang pemain dinilai menolak.

Ia disebut tak kunjung menyerahkan dokumen yang diperlukan PSSI untuk melakukan naturalisasi sehingga prosesnya dihentikan pada 2022 lalu.

Belakangan disebut, Kevin Diks tak mendapatkan restu dari orang tuanya untuk pindah kewarganegaraan, apalagi saat itu ia juga tengah dipantau oleh timnas Belanda yang dilatih Louis van Gaal, sehingga masih menunggu pemanggilan.

Baca Juga

Sang pemain sendiri sebenarnya sudah lama menunjukkan ketertarikannya membela skuad Garuda. 

"PSSI tidak melanjutkan proses naturalisasi pemain keturunan atas nama Kevin Diks.

"Saya menjadi saksi kalau secara pribadi ia sangat ingin bermain di timnas. Namun, orang tuanya belum memberi izin," ungkap Hasani beberapa waktu lalu.

Harapan Kevin Diks untuk dipanggil ke timnas Belanda hingga saat ini tak kunjung menjadi kenyataan. Ia hanya pernah bermain untuk tim U-21, U-20 dan U-19 di timnas Belanda.

Kesulitan bersaing dengan nama-nama tenar di lini belakang, membuat Kevin Diks kesulitan masuk dalam tim asuhan Ronald Koeman di timnas Belanda.

Sehingga Kevin Diks kembali mempertimbangkan tawaran naturalisasi oleh Indonesia untuk membela tim Merah Putih.

Dikutip dari X (twitter) Transfermarkt Indonesia, Ronny Pangemanan selaku pundit sepak bola ternama menyampaikan pernyataan mengejutkan mengenai naturalisasi pemain keturunan.

Ronny Pangemanan menjawab pertanyaan netizen melalui kolom komentar Instagram pribadinya yang menyatakan bahwa Kevin Diks siap menyusul dinaturalisasi.

"Masih Jay dan Nathan. Satu lagi yang siap menyusul Kevin Diks," tulis Ronny melalui Instagram pada Senin (23/10/23).

Maka dari itu, jika proses naturalisasi Kevin Diks akhirnya sudah terealisasi dalam waktu dekat, ia bisa menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang bermain di Liga Champions.

PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaKevin DiksShin Tae-yong

Berita Terkini