x

Eks Timnas Spanyol Sebut Jordi Amat Bakal Jadi Pembeda di Timnas Indonesia

Jumat, 27 Oktober 2023 16:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan pemain Timnas Spanyol, Joan Capdevila, menilai kehadiran Jordi Amat di Timnas Indonesia jadi pembeda. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Timnas Spanyol, Joan Capdevila, menilai kehadiran Jordi Amat di Timnas Indonesia jadi pembeda. Bek naturalisasi itu bisa berbagi pengalaman dan membimbing pemain muda. 

Secara personal, Capdevila tidak mengenal dekat Jordi Amat. Namun, dia tahu jika bek Johor Darul Takzim tersebut pernah menimba ilmu di Espanyol. 

"Jordi Amat lebih muda dari saya. Kami bertemu di akademi dan juga tim utama Espanyol. Saya tahu Jordi belajar banyak dari Liga Spanyol dan Eropa. Saya meyakini dia dapat memberi nilai lebih pada Timnas Indonesia," kata Capdevila. 

Baca Juga

Dengan segudang pengalaman bermain di Liga Spanyol, Belgia dan Inggris, Joan Capdevila meyakini Jordi Amat memberikan ketenangan di lini belakang skuad Garuda. 

Apalagi, Timnas Indonesia berpartisipasi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2024 yang tentu butuh sosok pemimpin di lapangan seperti Jordi Amat. 

Baca Juga

"Saya yakin Jordi bisa memberikan pengalaman dan nilai lebih kepada timnas," ucap Capdevila. 

Lebih lanjut, Capdevila yang merupakan pemenang Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 bersama timnas Spanyol itu senang klub masa mudanya, Espanyol, berkontribusi bagi Timnas Indonesia.

"Espanyol sangat bangga bahwa Jordi sebagai salah satu pemain binaan Espanyol bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia dan mewakili negaranya," katanya. 

Baca Juga

"Kami bangga sebagai salah satu akademi sepak bola yang terkenal di Eropa kami memiliki lulusan seperti Jordi," ujar eks pemain Espanyol itu.


1. Statistik Jordi Amat

Jordi Amat dan Para Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Burundi

Jordi Amat dianggap seperti ikon bagi Espanyol di Indonesia. Sebab, klub ini juga merupakan pencetus berdirinya LaLiga pada 1929 dan pernah mencicipi gelar juara.

Seperti diketahui, Jordi Amat adalah pemain naturalisasi asal Spanyol. Ia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada November 2022. 

Baca Juga

Pemain berdarah Makassar, Sulawesi Selatan, ini kemudian melakoni debut bersama Timnas Indonesia satu bulan kemudian saat mengalahkan Kamboja 2-1 di Piala AFF 2022, Desember 2022.

Sejauh ini, bek pemain 31 tahun itu sudah tampil dalam delapan pertandingan bersama Skuad Garuda. Dia mencatatkan satu gol saat uji coba internasional lawan Burundi pada Maret lalu.

Baca Juga
Timnas IndonesiaPiala AsiaJordi AmatKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini