x

Garnacho Diselidiki FA Argentina Buntut Dugaan Rasis ke Onana, Respons Sang Kiper Bikin Terkejut

Jumat, 27 Oktober 2023 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Bintang muda Manchester United, Alejandro Garnacho, diselidiki FA Argentina buntut dugaan rasis kepada rekan setimnya, Andre Onana, di ajang Liga Champions. (Foto: REUTERS/Russell Cheyne)

INDOSPORT.COM - Bintang muda Manchester United, Alejandro Garnacho, diselidiki FA Argentina buntut dugaan rasis kepada rekan setimnya, Andre Onana, di ajang Liga Champions.

Hal ini dikonfirmasi oleh pakar bursa transfer asal Italia, Fabrizio Romano, via Instagram bahwa Alejandro Garnacho terancam kena sanksi oleh asosiasi di negara asalnya itu.

Baca Juga

FA Argentina menduga bahwa Alejandro Garnacho menggunakan bahasa rasisme saat memberikan apresiasi kepada Andre Onana yang melakukan penyelamatan penting di laga Liga Champions.

Diketahui, Onana melakukan penyelamatan penting untuk memastikan Manchester United meraih tiga poin dengan mengalahkan FC Copenhagen dengan skor 1-0, Rabu (25/10/23).

Adapun Garnacho pun tampaknya ingin mengabadikan momen dirinya berselebrasi dengan Andre Onana di akhir pertandingan dengan unggahan di akun Titter.

Garnacho memposting foto Onana yang sedang merayakannya. Dia memberi caption pada postingan tersebut dengan dua emoji gorila.

Baca Juga

Menurut The Athletic, FA yang mengetahui postingan Garnacho dan telah meminta penyelidikan terhadap penyerang Argentina tersebut. 

Jika Garnacho terbukti melakukan rasisme terhadap rekan setimnya itu maka sang pemain bisa terkena sanksi atas pelanggaran yang dia lakukan.

Di sisi lain, Andre Onana justru memberikan respons yang tak terduga. Kiper asal Kamerun ini malah membela Garnacho dan meminta masalah ini tidak usah diperpanjang.

“Orang tidak bisa memilih apa yang membuat saya tersinggung. Saya tahu persis apa yang dimaksud Garnacho: kekuasaan dan kekuatan. Masalah ini tidak boleh dilanjutkan,” tulis Onana via Story di Instagram.

Baca Juga

1. Edinson Cavani Pernah Alami Kasus Serupa Garnacho

Andre Onana berselebrasi bersama rekan setimnya Sergio Reguilon usai menyelamatkan penalti yang gagal dilakukan pemain FC Copenhagen Jordan Larsson pada laga Liga Champions. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Masalah yang dihadapi Alejandro Garnacho ini sejatinya juga pernah dihadapi mantan striker Manchester United, Edinson Cavani, pada 2021 silam.

Kala itu, Edinson Cavani mendapatkan sanksi karena menggunakan istilah yang menyinggung rasial dalam Story di Instagram-nya.

Baca Juga

Namun kemudian Cavani meminta maaf atas tindakannya itu. Dia menjelaskan istilah itu hanyalah sapaan akrab kepada temannya yang mengucapkan selamat usai pertandingan.

Namun, Komisi FA Uruguay tidak menganggapnya demikian. Alhasil, FA menjatuhkan larangan tampil sebanyak tiga pertandingan kepada Cavani.

Terlepas dari dugaan hinaan kepada Onana, Alejandro Garnacho juga sempat jadi sorotan karena andilnya sebelum keberhasilan Onana menepis penalti pemain Copenhagen.

Peran tersebut diperlihatkan Garnacho dengan dia menggali titik penalti dengan sepatunya di saat pemain Man United lainnya sibuk protes kepada wasit.

Baca Juga

Karena aksinya itu, Jordan Larsson yang menjadi eksekutor penalti disinyalir jadi kesulitan menendang bola sehingga Andre Onana dengan mudah menepis bola tersebut.

Garnacho pun dikecam oleh sejumlah pihak, termasuk oleh manajer Copenhagen, Jacob Neestrup, yang mengeklaim pemain Man United itu layak di kartu merah.

“Itu tergantung wasit dan asosiasi di dalam membuat aturan, yang seharusnya kalian lakukan memberi kartu merah untuk hal-hal seperti itu, dan orang-orang akan berhenti melakukannya,” ujar Neestrup.

Sementara itu, kemenangan atas Copenhagen membawa Manchester United menjaga asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions sekaligus jadi modal apik sebelum jumpa Manchester City dalam derby Liga Inggris akhir pekan ini.

Baca Juga
Manchester UnitedArgentinaLiga ChampionsRasismeAndre OnanaAlejandro Garnacho Ferreyra

Berita Terkini