x

Kualitas Robin Le Normand: Bek Spanyol yang Jadi Rebutan Liverpool dan Man United

Jumat, 27 Oktober 2023 05:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Dua raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool dan Manchester United, saling sikut demi mendapatkan jasa bek asal Spanyol, Robin Le Normand.

INDOSPORT.COM - Dua raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool dan Manchester United, saling sikut demi mendapatkan jasa bek asal Spanyol, Robin Le Normand.

Bek milik Real Sociedad itu menjadi target Liverpool dan Manchester United usai tampil mengesankan di Liga Spanyol dan Liga Champions musim ini.

Baca Juga

Robin Le Normand dijadikan target oleh Liverpool dan Manchester United karena kebutuhannya akan bek baru untuk menggantikan para bek di skuad utamanya.

Liverpool butuh bek baru seiring menuanya Virgil Van Dijk. Belum lagi dengan kerap cederanya Joel Matip dan kontraknya yang bakal habis.

Hal serupa juga dialami Man United yang bakal melepas Harry Maguire. Selain itu, rentan cederanya Raphael Varane membuat bek baru menjadi target teratas di Januari 2023.

Tak ayal nama Le Normand pun menjadi target karena dirasa kualitasnya yang mumpuni serta kapasitasnya musim ini bersama Real Sociedad.

Baca Juga

Profil Robin Le Normand

Robin Le Normand adalah pesepak bola berpaspor Spanyol yang lahir di Prancis, tepatnya di Pabu pada 11 November 1996 atau kini berusia 26 tahun.

Lahir di Prancis, karier Le Normand bermula di Brest sejak kecil. Pada 2013, atau saat usianya 17 tahun di mana ia debut di tim Reverse atau tim cadangan yang bermain di kasta kelima.

Tak butuh waktu lama, Le Normand berhasil bermain di tim utama Brest yang waktu itu bermain di Ligue 2 atau kasta kedua. Performanya itu pun kemudian menarik atensi Real Sociedad.

Pada 2016, Sociedad meminangnya. Tapi di awal kepindahannya, ia bermain di tim B selama dua tahun untuk beradaptasi.

Barulah pada 2018 Le Normand masuk tim utama dan bertahan hingga saat ini. Total 187 penampilan telah dibuatnya bersama Sociedad.

Lalu, bagaimana kualitas Normand saat bermain sebagai bek? Apakah kualitasnya cocok dengan gaya bermain Liverpool maupun Manchester United?

Baca Juga

1. Bek Bertipe Ball Playing Defender

Robin Le Normand (kiri) berduel dengan Roko Simic di laga RB Salzburg vs Real Sociedad. (Foto: REUTERS/Leonhard Foeger)

Baik Liverpool dan Manchester United membutuhkan sosok Robin Le Normand yang ternyata bertipe Ball Playing Defender.

Hal ini terlihat dari kebutuhannya untuk menggantikan peran Virgil van Dijk dan Raphael Varane yang sama-sama bertipe Ball Playing Defender.

Baca Juga

Sebagai Ball Playing Defender, Le Normand punya catatan apik dengan melepaskan rata-rata 58,48 operan per 90 menit yang punya akurasi 88,1 persen.

Dari jumlah operan dan akurasinya itu, rata-rata Normand melepaskan 4,15 operan progresif atau operan ke area lawan.

Soal bertahan, Le Normand punya kualitas di atas rata-rata. Kemampuannya sebagai Ball Playing Defender membuatnya andal dalam membaca permainan.

Ia mampu membuat rata-rata 1,75 intersep per 90 menit dari kemampuannya membaca arah bola dan mampu memenangkan 3,69 duel udara per 90 menit.

Baca Juga

Le Normand pun bukanlah tipikal bek agresif. Hal ini terbukti dari rataan tekelnya yang minim yakni hanya 1,07 tekel per 90 menit.

Dengan kata lain, Le Normand bisa saja menjadi pengisi peran Ball Playing Defender bersama satu bek yang agresif dalam bertahan dalam skema empat bek.

Jika bergabung Liverpool, ia akan membentuk duet dengan Ibrahima Konate yang agresif. Sedangkan di Man United, Le Normand akan menjadi teman sepadan Lisandro Martinez.

Dengan harga 50 juta euro saja atau setara Rp838 miliar, Le Normand bisa saja menjadi pembelian cerdas. Terlebih usianya sudah cukup matang dan kenyang pengalaman di level teratas.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedLiverpoolIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainIndepth

Berita Terkini