x

Mimpi Bocah Ajaib Afrika Bawa Burkina Faso Cetak Sejarah di Piala Dunia U-17

Jumat, 27 Oktober 2023 20:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Souleymane Alio, Pemain Muda Burkina Faso di Piala Dunia U-17

INDOSPORT.COM – Bintang muda potensial milik Burkina Faso, Souleymane Alio tak sabar tampil pada gelaran Piala Dunia U-17 dan cetak sejarah buat negaranya di Indonesia.

Tergabung di Grup E, Burkina Faso harus bersaing dengan sejumlah tim berat sekelas Prancis, Korea Selatan dan Amerika Serikat pada babak penyisihan Piala Dunia U-17.

Baca Juga

Jelang hadapi pertandingan pertama melawan Prancis pada 12 November 2023 mendatang, optimisme tinggi ditunjukkan para penggawa Burkina Faso.

Salah satunya datang dari Souleymane Alio, ujung tombak Burkina Faso yang berhasrat ciptakan sejarah di Piala Dunia U-17 Indonesia.

Meski bukan tim yang dijagokan untuk lolos dari penyisihan grup, hal tersebut tak membuat Souleymane Alio gentar.

Malah dirinya bakal membuktikan kualitas asli dari Burkina Faso, apalagi mereka sempat raih peringkat tiga di Piala Dunia U-17 2001 lalu.

Baca Juga

Berbekal sejarah emas tersebut, Souleymane Alio bertekad untuk membawa Burkina Faso kembali mengulanginya.

“Kami mengambil banyak pelajaran usai kekalahan di semifinal Piala Afrika U-17 beberapa waktu lalu,” ucap Souleymane Alio dilansir dari laman resmi FIFA.

“Di Indonesia nanti, kami akan menunjukkan sisi lain dari diri kami dan bakal lebih dominan. Kami akan membuat sejarah dalam kompetisi ini. Sebuah prestasi yang pantas untuk generasi kami,” tutupnya.

Di level timnas, Souleymane Alio sejatinya bukan pemain muda biasa. Dirinya dianggap bocah ajaib milik Burkina Faso yang punya segudang talenta.

Baca Juga

1. Pujian Buat Kualitas Souleymane Alio

Souleymane Alio, Pemain Burkina Faso di Piala Dunia U-17

Bukan tanpa sebab mengapa Souleymane Alio jadi sorotan di Burkina Faso. Pasalnya, pemain berusia 16 tahun ini punya kualitas dribbling serta positioning yang apik.

Tak heran pada dirinya berhasil terpilih sebagai MVP di Piala Afrika U-17 2023. Meski gagal membawa Burkina Faso juara, namun peran sentral Souleymane di lini depan membuat negaranya sukses mendapat satu tiket ke Piala Dunia U-17 Indonesia.

Baca Juga

Chabane Camara sebagai kapten Burkina Faso U17, tak sungkan untuk lempar pujian kepada Souleymane Alio yang ia anggap punya visi permainan luar biasa.

“Souleymane Alio adalah penyerang yang tidak egois dengan visi yang luar biasa,” ucapnya dari laman FIFA.

“Segala sesuatu berjalan lebih lancar ketika dia bermain, karena ia punya kualitas sebagai pesepakbola dan sifat rendah hati. Semua orang sejalan dengannya,"

Selain dari sesama pemain, pujian juga dilayangkan presiden federasi Burkina Faso serta pelatih kepala skuat U-17.

Baca Juga

“Ini bukan sesuatu yang baru. Dari kategori usia termuda hingga saat ini, Alio telah menjadi talenta yang menonjol,” ucap Lazare Bansse, presiden Federasi Sepak Bola Burkina Faso.

Sementara sang pelatih, Brahima Traore, secara gamblang memuji kualitas Souleymane Alio yang punya pemahaman luar biasa dalam hal teknik dan taktik.

"Dia luar biasa dalam segala hal, secara teknik, taktik, dan komitmennya. Dia sangat cepat dengan kedua kakinya dan mampu bermain lama,”

“Dari segi teknik, taktik, kemampuan fisik dan bahkan mentalitas, semuanya ada di sana. Dia tidak pernah menyerah. Dia luar biasa,” tegas Brahima Traore.

Berbekal kualitas mumpuni miliknya tersebut, mampukah Souleymane Alio membawa Burkina Faso melangkah jauh di Piala Dunia U-17 Indonesia? Menarik dinantikan.

Baca Juga
Piala Dunia U-17Bola InternasionalBurkina Faso

Berita Terkini