x

Malo Gusto: Pelapis yang Bisa Ancam Posisi Reece James di Chelsea

Sabtu, 28 Oktober 2023 07:26 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Posisi Reece James sebagai bek kanan yang tak tergantikan di klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, bisa saja terancam seiring kehadiran Malo Gusto.

INDOSPORT.COM – Posisi Reece James sebagai bek kanan yang tak tergantikan di klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, bisa saja terancam seiring kehadiran Malo Gusto.

Pemain asal Prancis itu perlahan mulai mengancam posisi Reece James seiring penampilan apiknya bersama Chelsea di musim 2023/2024 ini.

Baca Juga

Penampilan apik Malo Gusto itu juga tak lepas dari absennya Reece James akibat cedera yang ia dapatkan sejak laga pembuka klub berjuluk The Blues itu.

Cederanya jebolan akademi Chelsea itu membuat Malo Gusto pun seakan mendapat berkah untuk menunjukkan pamornya.

Tercatat ia telah tampil sebanyak delapan kali musim ini dengan menyumbangkan dua assist yang ia cetak seluruhnya di Liga Inggris 2023/2024.

Dengan performa itu, bisa saja Reece James harus menerima posisinya di bek kanan digusur Malo Gusto jika terus menerus dihantam cedera.

Baca Juga

Profil Malo Gusto

Malo Gusto merupakan pesepak bola asal Prancis yang lahir di Desines-Charpieu, Lyon, pada 19 Mei 2003 atau saat ini baru berusia 20 tahun.

Lahir dan besar di Lyon, Malo Gusto kemudian bergabung akademi Olympique Lyon pada 2016. Sejak saat itu, dirinya perlahan terasah dan berhasil menembus tim utama.

Malo Gusto berhasil menembus tim utama pada Januari 2021 lalu. Sejak debutnya itu, ia menjadi pemain tak tergantikan di pos bek kanan.

Tercatat Malo Gusto mampu tampil sebanyak 61 kali bagi Lyon. Penampilannya membuat Chelsea menebusnya pada Januari 2023 lalu dengan harga 26 juta poundsterling.

Usai ditebus, Malo Gusto dipinjamkan selama setengah musim di Lyon dan baru bergabung Chelsea pada Juli 2023 atau bersamaan dengan Mauricio Pochettino.

Sejak kedatangannya, Malo Gusto tampil solid di bek kanan Chelsea. Lalu bagaimana kualitasnya jika dilihat dari kacamata statistik?

Baca Juga

1. Kualitas Malo Gusto

Pemain Chelsea, Malo Gusto, mendapat tekel dari pemain Aston Villa di Liga Inggris.

Saat pertama kali tiba di Chelsea, banyak yang menyayangkan keputusan Malo Gusto merapat ke Stamford Bridge karena ia harus bersaing dengan pemain sekelas Reece James.

Reece James sendiri disebut sebagai salah satu bek kanan terbaik di dunia. Tapi, Malo Gusto tak gentar dengan status itu dan tetap bergabung Chelsea.

Baca Juga

Beruntung baginya, ketakutan bahwa dirinya tak mendapat jatah bermain justru tak tercipta karena rentan cederanya Reece James.

Meski menguntungkan bagi Chelsea, Reece James justru wajib waspada. Pasalnya Malo Gusto tampil solid saat menggantikan dirinya di bek kanan.

Dari kacamata statistik, Malo Gusto andal dalam menyerang dan bertahan. Ia tercatat mampu memberikan dua assist dari tujuh pertandingan di Liga Inggris 2023/2024.

Dalam permainan, Malo Gusto tercatat punya rataan operan sebanyak 79,37 kali per 90 menit dan akurasi operan sebanyak 82,3 persen.

Baca Juga

Sebagai bek kanan, ia juga aktif menyerang dengan dribelnya yakni sebanyak 3,83 kali per 90 menit dan disertai kesuksesan melewati lawan sebanyak 1,17 kali per 90 menit.

Meski rajin menyerang, Malo Gusto juga aktif dalam bertahan dengan rataan 2,74 tekel sukses per 90 menit serta 1,02 intersep per 90 menit.

Kemampuan ini membuat Flank kanan Chelsea terasa aman dengan penampilannya yang apik dalam menyerang dan bertahan.

Dengan performa dan konsistensinya ini, Malo Gusto bisa saja benar-benar menggusur Reece James andai kapten Chelsea itu tak kunjung memperbaiki fisiknya yang rentan cedera.

Baca Juga
ChelseaIn Depth SportsLiga InggrisReece JamesMalo GustoIndepth

Berita Terkini