x

Bedah Formasi Mengerikan Manchester United Usai Kedatangan Jean-Clair Todibo

Selasa, 31 Oktober 2023 13:25 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, diprediksi akan memiliki formasi mengerikan usai kedatangan Jean-Clair Todibo.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, diprediksi akan memiliki formasi mengerikan usai kedatangan Jean-Clair Todibo.

Manchester United selangkah lagi mengamankan pemain OGC Nice, Jean-Clair Todibo. Pemain yang berposisi sebagai bek tersebut digadang-gadang akan berlabuh di Old Trafford pada bursa transfer Januari mendatang.

Baca Juga

Upaya Man United mendatangkan Jean-Clair Todibo ke Man United turut dipermulus dengan hampir rampungnya akuisisi Setan Merah oleh pemilik INEOS, Sir Jim Ratcliffe.

Seperti diketahui, Sir Jim Ratcliffe juga merupakan pemilik klub OGC Nice. Dengan demikian, salah satu orang terkaya Inggris tersebut bisa melakukan "nepotisme" dengan mengangkut Jean-Clair Todibo ke Old Trafford.

Salah satunya adalah dengan meminta harga masuk akal dari OGC Nice, mengingat kebanyakan klub akan menaikkan harga pemain mereka jika diincar klub sekelas Man United.

Jean-Clair Todibo sendiri nantinya diplot memperkuat lini belakang Man United setelah beberapa pemain andalan, termasuk Raphael Varane dan Lisandro Martinez, terkena cedera. 

Baca Juga

"Jean-Clair Todibo menjalani musim yang luar biasa di Nice dan sudah dilabeli sangat mahal pada musim panas lalu setelah (Manchester) United menjajaki kemungkinan merekrutnya," ungkap Fabrizio Romano melalui Caught Offside.

"Pada titik itu, Nice ingin 40/45 juta euro. Jadi, bayangkan saja sekarang, dengan klub yang bertengger di puncak klasemen Liga Prancis, (harga) Todibo akan menjadi sangat mahal, tetapi Man United menyukainya," ujarnya.

Kedatangan Jean-Clair Todibo sendiri diprediksi akan membuat lini belakang Man United kian mengerikan dan sulit ditembus pemain lawan.

Lantas, akan seperti apa formasi Man United dengan kehadiran Jean-Clair Todibo di jantung pertahanan?

Baca Juga

1. Bedah Formasi Man United dengan Jean-Clair Todibo

Sir Jim Ratcliffe saat menghadiri laga OGC Nice vs FC Basel (21/04/23). (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

Posisi utama Jean-Clair Todibo adalah bek tengah. Dengan demikian, kemungkinan besar ia akan dipasang oleh Erik ten Hag sebagai tandem Raphael Varane.

Dengan formasi 4-2-3-1 yang menjadi andalan Man United selama ini, Jean-Clair Todibo bisa dimainkan tepat di depan Andre Onana untuk dijadikan palang pintu terakhir.

Baca Juga

Namun ada satu catatan, yakni Raphael Varane berada dalam kondisi fit. Jika eks pemain Real Madrid tersebut belum pulih, seperti saat ini, maka Jean-Clair Todibo bisa diduetkan dengan Harry Maguire.

Di sisi lain, jika Raphael Varane sedang dalam kondisi fit, posisi Harry Maguire akan kian tersingkir. Tentu, di atas kertas, duet Raphael Varane-Jean-Clair Todibo jelas lebih bisa diandalkan ketimbang Harry Maguire-Jean-Clair Todibo.

Bek tengah bukan satu-satunya posisi yang berpeluang dimainkan oleh Jean-Clair Todibo. Mengingat sang pemain memiliki kaki dominan kanan, ada kans jika dirinya dipasang sebagai bek kanan, meski kecil.

Jika opsi ini diambil Erik ten Hag, maka bek tengah akan diisi oleh Harry Maguire-Rapahel Varane, sedangkan Jean-Clair Todibo menggantikan posisi Diogo Dalot maupun Aaron Wan-Bissaka.

Baca Juga

Jean-Clair Todibo sendiri tampil luar biasa pada musim ini dan membantu Nice menduduki posisi puncak klasemen sementara. Penampilan apiknya sebagai jenderal lini belakang membuat Nice sejauh ini baru kebobolan 4 gol.

Tak hanya itu, Jean-Clair Todibo juga menjadi pilihan utama Francesco Farioli dengan tampil penuh dalam 9 pertandingan musim ini. Sebanyak 7 dari 9 pertandingan tersebut berakhir dengan clean sheet alias tak kebobolan.

Pemain berusia 23 tahun tersebut sejatinya sempat dikabarkan akan berlabuh ke Man United pada bursa transfer musim panas lalu. Namun, kala itu Man United lebih memilih berfokus mendatangkan Sofyan Amrabat.

Jean-Clair Todibo bukan satu-satunya pemain OGC Nice yang berpeluang datang ke Old Trafford. Setan Merah dikabarkan juga tengah mengincar sederet nama lain, seperti Marcin Bulka, Khephren Thuram, Terem Moffi, dan Jeremie Boga. 

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedLiga InggrisOGC NiceJean-Clair TodiboBerita TransferSir Jim Ratcliffe

Berita Terkini