x

Liverpool Diminta Gaet Pemain Brentford untuk Gantikan Mo Salah, Ivan Toney?

Selasa, 31 Oktober 2023 17:15 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
Pemain Liverpool Mohamed Salah mendapat takle keras pemain Chelsea Conor Gallagher pada laga Liga Inggris. (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League) Liverpool, diminta mendatangkan pemain Brentford sebagai ancang-ancang jika Mohamed Salah hengkang.

Sudah menjadi rahasia umum jika mencari pengganti Mohamed Salah adalah fokus Liverpool dalam bursa transfer mendatang. Hal ini dikarenakan sang pemain terus digoda oleh Al Ittihad untuk pindah ke Liga Arab Saudi.

Baca Juga

The Reds pun mulai dikaitkan dengan sederet pemain yang kira-kira bisa didatangkan untuk menggantikan Mohamed Salah. Mulai dari Jamal Musiala, Leroy Sane, Victor Osimhen, hingga Ivan Toney.

Nama yang disebut terakhir memang sejak lama disebut akan pindah dari Brentford. Namun, kasus judi yang menyeret sang pemain membuat klub-klub peminat dipaksa berpikir dua kali untuk mendatangkannya.

Dilansir Liverpool Echo, Ivan Toney bukan satu-satunya pemain Brentford yang bisa diincar Liverpool. Jurnalis The Times, Tony Cascarino, menyebut jika ada pemain lain yang bisa dilirik, yakni Bryan Mbeumo.

"Kalau Mohamed Salah akhirnya meninggalkan Liverpool, klub itu mesti pergi dan membeli Bryan Mbeumo sebagai pengganti," ujar Tony Cascarino.

Baca Juga

"Di usia 24 tahun, dia belum memasuki masa-masa keemasan. Tapi dia memenuhi semua kriteria untuk sukses di klub seperti Liverpool."

"Dia cocok dengan skema Liverpool: serbabisa, tahan lama, dan bisa melakukan serangan balik dengan buas," tuturnya menambahkan.

Lebih lanjut, Tony Cascarino menyebut torehan gol yang dibuat Bryan Mbeumo musim ini jadi bukti sahih betapa mengerikannya sang pemain di lini depan.

"Dia sudah memperbaiki catatan golnya, dari 9 gol di sepanjang musim lalu menjadi 6 gol dalam 10 pertandingan musim ini, termasuk saat membantu Brentford menang 2-0 atas Chelsea," tuturnya.

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Bryan Mbeumo

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, diminta mendatangkan pemain Brentford, Bryan Mbeumo. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs.

Bryan Mbeumo lahir di Avallon, Prancis, pada 7 Agustus 1999. Ia adalah pemain berkebangsaan Kamerun yang mengawali karier profesionalnya dari klub Liga Prancis, Troyes.

Penampilannya yang cemerlang bersama Troyes U-19 dan Troyes B membuatnya dipromosikan ke tim utama pada 1 Juli 2018. Tak butuh waktu lama, ia pun langsung menuai sorotan dari klub divisi 2 Liga Inggris, Brentford.

Baca Juga

Klub berjuluk The Bees tersebut akhirnya mendatangkan Bryan Mbeumo dari Troyes pada 5 Agustus 2019 dengan mahar Rp112 miliar. Sejak saat itu, ia tak tergantikan di lini depan Brentford.

Penampilan cemerlangnya bersama Brentford membuat klub asal London Barat tersebut akhirnya promosi ke Premier League pada 2021/2022. 

Di musim pertamanya di Premier League, Bryan Mbeumo langsung gacor dengan tampil 35 kali dan menyumbang 4 gol serta 7 assist. 

Catatan tersebut diperbaikinya musim lalu. Pada musim keduanya di Premier League, Bryan Mbeumo tampil 38 kali dan mencetak 9 gol serta 8 assist.

Baca Juga

Posisi Bryan Mbeumo sebagai winger memang menjadikannya bukan sumber gol utama bagi Brentford. Namun, hal itu tidak menghalangi produktivitasnya di depan gawang.

Musim ini, sang pemain telah melesakkan 6 gol dan 2 assist hanya dari 10 penampilan di Liga Inggris. Dengan kata lain, ia hanya terpaut 3 gol dari jumlah gol yang dicetaknya sepanjang musim lalu.

Menariknya, peran Bryan Mbeumo sejatinya mirip-mirip dengan Mohamed Salah, yang juga lebih banyak beroperasi di sayap. Hal ini menjadikannya tak perlu banyak beradaptasi jika datang ke Anfield.

Lantas, apakah Liverpool akan mengikuti saran Tony Cascarino dan memboyong Bryan Mbeumo sebagai pengganti Mohamed Salah? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. 

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini