x

4 Pemain Timnas Indonesia U-17 yang Potensi Gegerkan Piala Dunia U-17 dan OTW Eropa

Kamis, 2 November 2023 13:52 WIB
Editor: Juni Adi
Timnas U-17 akan mempelajari 3 calon lawan di Piala Dunia U-17 melalui video yang juga akan dihadiri oleh Dirtek PSSI, Frank Wormuth. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada lima pemain di skuad timnas Indonesia U-17 saat ini yang memiliki potensi gegerkan Piala Dunia U-17 dan bisa lanjutkan karier di Eropa.

Salah satu turnamen sepak bola terbesar untuk level kelompok umur, Piala Dunia U-17 2023 kurang dari beberapa hari lagi akan segera dimulai tepatnya pada Jumat (10/11/23) hingga Sabtu (02/12/23) mendatang.

Baca Juga

Indonesia terpilih oleh FIFA menjadi negara tuan rumah menggantikan Peru yang gagal dalam persiapan hingga tenggat waktu yang ditentukan.

Berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam sejarah, timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko dan Panama.

Pelatih Bima Sakti pun dipercaya oleh PSSI untuk jadi nahkodanya. Ia diharapkan bisa meraih prestasi yang baik di turnamen ini.

Untuk mewujudkannya, Bima Sakti pun memanggil nama-nama terbaik untuk memperkuat timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Total ada 21 pemain yang dipanggil dan baru saja diumumkan oleh PSSI.

Baca Juga

”Saya optimistis skuad pilihan coach Bima, coach Indra Syafri sebagai Direktur Teknik, dan juga coach Frank Wormuth yang jadi konsultan bisa dipertanggungjawabkan prestasinya di Piala Dunia U17 ini,” ujar ketua umum PSSI, Erick Thohir.

"Kami optimistis dengan materi pemain ini, kami dapat meraih hasil terbaik di Piala Dunia U-17 2023," timpal Bima Sakti.

Dari total 21 pemain yang dipanggil oleh Bima Sakti untuk Piala Dunia U-17, terdapat sedikitnya lima pemain dengan potensi bisa bikin geger di ajang ini dan melanjutkan kariernya di Eropa. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Welber Jardim

Welber Jardim, pemain keturunan Timnas Indonesia U-17 saat menjalani latihan di Stadion GBK, Senin (30/10/23).

Nama Welberlieskott de Halim Jardim sendiri sebelumnya memang sempat jadi perbincangan para penggemar sepak bola Indonesia.

Pasalnya, ia sudah beberapa kali sukses meraih gelar juara bersama tim Brazil dalam kompetisi Eropa.

Baca Juga

Teranyar pada 2019 lalu, Welberlieskott de Halim Jardim berhasil meraih treble winner saat menjuarai Gothia Cup di Swedia, Dana Cup 2019 (Denmark) serta Adidas Madewis Cup 2019 (Prancis).

Berkat pencapaian manis tersebut, putra dari pasangan Elisangelo de Jesus Jardim dan Lielyana itu mendapat kontrak junior oleh Sao Paulo FC.

Meski baru memasuki usia 16 tahun, namun potensi gemilang Welber sangat sayang untuk diabaikan, sehingga Bima Sakti menggunakan kekuatan Welber untuk membantu timnas Indonesia tampil di Piala Dunia U-17 2023, dan berpotensi jadi pemain yang menonjol di ajang itu.

Jika tampil impresif di Piala Dunia U-17, bukan tidak mungkin bisa membuka jalan bagi Welber Jardim untuk menuju sepak bola Eropa.

Baca Juga

Iqbal Gwijangge

Kilas balik beberapa waktu lalu, timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Kapten Muhammad Iqbal Gwijangge dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Meski ia gagal membawa timnas Indonesia melaju ke Piala Asia U-17, Iqbal mendapatkan apresiasi berupa beasiswa untuk menimba ilmu sepak bola di Eropa.

"Mungkin dari situ Direktur Teknik PSSI melihatnya, dan saya dikasih beasiswa, diberi kesempatan untuk berlatih di Hungaria," tutur Iqbal kepada INDOSPORT.

"Alhamdulillah selama saya di sana, saya mendapat ilmu yang banyak sekali tentang kultur sepak bola dan cara bermain orang di sana, itu ilmu yang bisa saya bawa seumur hidup."

Baca Juga

Ilmu tersebut bisa jadi modal untuk Iqbal menatap Piala Dunia U-17 2023 yang bakal menghadapi lawan-lawan tangguh.

Potensinya bisa semakin memikat pencari baka dunia jika ia bisa kembali bermain impresif di ajang tersebut, seperti ketika bermain di turnamen AFF kelompok umur.

Arkhan Kaka

Arkhan Kaka bakal kembali jadi pemain kunci untuk timnas Indonesia U-17 setelah beberapa turnamen di level ASEAN sudah ia buktikan.

Potensinya bahkn sampai mendapat sorotan dari FIFA, saat mereka mengulas lima calon bintang dari Asia di Piala Dunia U-17 2023.

Pengalaman bermain di ajang ini bisa membuka pintu kelanjutan karier Kaka untuk naik ke level yang lebih tinggi, yaitu mencicipi sepak bola Eropa.

“Seorang striker yang memiliki naluri dan cerdas dengan kemampuan penyelesaian akhir yang luar biasa, Kaka mencetak tujuh gol pada ajang kualifikasi Piala Asia 2023 U-17,” tulis FIFA dalam laman resminya.

“Selain menjadi sosok kunci di timnas U-17, Arkhan juga pernah bermain untuk tim U-20 negaranya,” lanjut pernyataan tersebut.

Nabil Asyura

Dia merupakan potongan penting dalam skuad yang berhasil menjadi juara pada Piala AFF U-16 2022 lalu.

Selain itu, Nabil Asyura juga merupakan lulusan akademi Garuda Select 5 yang tur ke Eropa. 

Selama mengikuti tur, dia sukses mencatatkan delapan gol dan tiga assist, termasuk mengukir gol ketika mengalahkan tim akademi Arsenal dengan skor 3-0.

Pengalaman menimba ilmu bersama Garud Select bisa menambah motivasi Nabil untuk tampil apik di Piala Dunia U-17, dan melanjutkan karier kembali ke Eropa.

Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini