x

Bedah Formasi Mengerikan Liverpool Usai Kedatangan Ezequiel Fernandez: Auto Juara Liga Inggris?

Jumat, 3 November 2023 17:00 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, disebut akan memiliki formasi mengerikan jika mendatangkan Ezequiel Fernandez. (Foto: REUTERS/Cristina Sille)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, disebut akan memiliki formasi mengerikan jika mendatangkan Ezequiel Fernandez pada bursa transfer.

Pencarian sosok gelandang bertahan andalan belum berakhir bagi Liverpool. Kendati telah mendatangkan empat pemain sekaligus, belum ada yang selevel dengan Fabinho, yang hengkang pada bursa transfer musim panas lalu.

Baca Juga

Beberapa nama sempat dimunculkan sebagai alternatif. Salah satu yang paling santer dikaitkan adalah Ezequiel Fernandez, gelandang Boca Juniors.

Bahkan, menurut Alexis Mac Allister, gelandang Liverpool, kompatriotnya tersebut lebih cocok diboyong ke Anfield ketimbang Andre Trindade, yang juga ramai disebut bakal ke Liverpool.

"Kalau Anda bertanya mengenai gaya bermain, ada satu pemain yang sangat saya sukai, dan dia adalah Ezequiel Fernandez," ujar Alexis Mac Allister dikutip dari Liverpool Echo.

"Dia adalah pemain yang memiliki segala sesuatunya untuk menaklukkan Eropa. Saya harap, dia dapat mewujudkan hal tersebut," katanya menambahkan. 

Baca Juga

Sebagai pemain gelandang bertahan, Ezequiel Fernandez dikenal sebagai sosok pengatur permainan yang ulung. Ia juga menjadi pemain pertama yang menahan serangan lawan.

Oleh karenanya, meski catatan gol dan assist sang pemain tak terlalu impresif, dirinya masih menarik minat klub-klub Eropa. Hal ini dikarenakan gelandang bertahan menjadi salah satu posisi paling krusial dalam sepak bola modern.

Alih-alih dilihat dari gol dan assist, para pemain gelandang bertahan dilihat dari kemampuan mereka melepas umpan. Khusus untuk Ezequiel Fernandez, catatannya cukup impresif dengan mencatatkan 802 operan di Liga Argentina musim ini dengan akurasi 86,5 persen.

Melihat statistik tersebut, menarik untuk membedah formasi Liverpool dengan kedatangan Ezequiel Fernandez. Akankah The Reds bisa menjuarai Liga Inggris?

Baca Juga

1. Bedah Formasi Liverpool

Darwin Nunez merayakan golnya dengan Alexis Mac Allister di laga Liverpool vs West Ham (24/09/23). (Foto: REUTERS/Peter Powell)

Tak dapat dimungkiri, gelandang bertahan mumpuni adalah kepingan puzzle yang hilang dari skuat Liverpool saat ini. The Reds sejauh ini telah memiliki pemain bertahan yang cukup solid dan penyerang yang lumayan gacor.

Jika datang ke Liverpool, Ezequiel Fernandez kemungkinan akan bermain sebagai pemain nomor 6 dalam skema 4-3-3 Jurgen Klopp, menggeser Alexis Mac Allister yang selama ini menempati posisi tersebut.

Baca Juga

Dengan demikian, Ezequiel Fernandez akan diposisikan tepat di depan duet Virgil van Dijk dan Ibrahima Konate. Posisi ini ideal sebagai pengatur serangan sekaligus krusial dalam transisi.

Menariknya, dengan terisinya slot gelandang bertahan oleh Ezequiel Fernandez, maka dua gelandang lainnya akan fokus menyerang. Di sini, Dominik Szoboszlai dan Alexis Mac Allister bisa benar-benar mengeluarkan potensi terbaik mereka.

Dominik Szoboszlai selama ini memang telah biasa diturunkan sebagai gelandang menyerang. Kontribusinya pun signifikan, dengan mencetak 2 gol dan 2 assist dalam 14 penampilannya di semua kompetisi.

Sementara, Alexis Mac Allister dapat bermain di posisi favoritnya saat di Timnas Argentina, di mana dirinya dapat leluasa mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Baca Juga

Trio Ezequiel Fernandez-Dominik Szoboszlai-Alexis Mac Allister diyakini akan membuat lini tengah Liverpool kian solid, baik dalam menyerang maupun bertahan.

Bahkan, kini, dengan "formasi dadakan", Liverpool bisa bertengger di peringkat ke-4 Liga Inggris dan menyapu bersih 3 kemenangan dari 3 pertandingan di Liga Europa. Bisa jadi, bukan cuma gelar juara Liga Inggris yang berhasil didapatkan Liverpool dengan "formasi impian" mereka jika berhasil mendatangkan Ezequiel Fernandez.

Satu-satunya kesulitan yang akan dialami Liverpool adalah jika Ezequiel Fernandez tak bisa diturunkan, entah karena cedera maupun akumulasi kartu. Pasalnya, The Reds tak punya pelapis sepadan di posisi gelandang bertahan.

Namun, Jurgen Klopp sejatinya tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, mereka selama ini telah melatih kondisi tersebut, dan hasilnya cukup memuaskan. 

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolLiga InggrisBerita TransferAlexis Mac Allister

Berita Terkini