x

Profil Tim Piala Dunia U-17 2023: Brasil, Ambisi Juara Bertahan

Jumat, 3 November 2023 12:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut profil tim Piala Dunia U-17 yang akan menyajikan kontestan salah satu tim Amerika Selatan, Brasil.

INDOSPORT.COM - Berikut profil tim Piala Dunia U-17 yang akan menyajikan kontestan salah satu tim Amerika Selatan, Brasil.

Sejumlah negara Amerika Selatan, yakni Argentina, Brasil, Ekuador, dan Venezuele diketahui berpartisipasi di Piala Dunia U-17 Indonesia yang akan mulai bergulir pada 10 November - 2 Desember.

Baca Juga

Kali ini, mari membahas salah satu tim Amerika Serikat yang berhasil lolos ke Piala Dunia U-17 2023, yakni Brasil yang merupakan tim unggulan pertama di ajang ini.

Timnas Brasil U-17 atau dikenal dengan julukan Selecao Sub-17 merupakan juara bertahan. Mereka memenangkan Piala Dunia U-17 saat mereka jadi tuan rumah pada 2019 silam.

Kala itu, Brasil sukses menggulung Meksiko dengan skor tipis 2-1 di babak final untuk merengkuh gelar juara keempat dalam sejarah.

Ya. Brasil bisa dikatakan telah berhasil memenangkan empat trofi Piala Dunia U-17, terbanyak kedua dalam sejarah di belakang Nigeria yang sudah mengantongi lima trofi.

Baca Juga

Selain menjadi juara pada edisi 2019 silam, Brasil U-17 juga pernah merengkuh gelar juara Piala Dunia U-17 pada tahun 1997, 1999, dan 2003.

Adapun, Brasil memastikan tiket Piala Dunia U-17 edisi Indonesia tahun ini setelah berhasil menyegel gelar juara kompetisi CONMEBOL U-17 2023 kemarin.

Di Piala Dunia U-17 2023, Timnas Brasil U-17 akan tergabung di Grup C. Mereka akan bersaing dengan Iran, Kaledonia Baru, dan Inggris.

Menilik dari sejarahnya, Brasil menjadi tim paling diunggulkan dalam grup ini. Jadi, mampukah pasukan besutan Phelipe Leal memperpanjang koleksi trofi Piala Dunia U-17 di Indonesia kali ini?

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Logo Piala Dunia U-17. (Foto: FIFA)

Melansir dari CNN Brasil, pelatih Timnas Brasil U-17, Phelipe Leal, sudah resmi memanggil sejumlah pemain untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023 pada 11 Oktober 2023 lalu.

Sayang sekali, Phelipe Leal tidak bisa menyertakan striker muda Endrick dari Palmeiras di dalam skuad Timnas Brasil U-17 untuk turnamen ini.

Baca Juga

Pasalnya, Endrick merupakan pemain penting bagi pelatih Abel Ferreira sehingga dirinya dibutuhkan tenaganya untuk putaran terakhir Kejuaraan Brasil.

Meski demikian, Palmeiras, selaku klub induk Endrick, tetap menyumbang pemain terbanyak untuk Piala Dunia U-17, yakni sebanyak lima pemain.

Palmeiras menjadi tim dengan pemain Brasil terbanyak untuk Piala Dunia U-17, disusul oleh Corinthians, dengan tiga pemain. Lantas bagaimana dengan perkiraan formasi Starting XI:

Untuk posisi kiper, Brasil masih akan mengandalkan pemain Vasco Gabriel. Pemain berusia 17 tahun ini ikut membantu Brasil saat mengalahkan Argentina 3-2 di ajang Kejuaraan Amerika Selatan U-17 pada April lalu.

Baca Juga

Dengan Phelipe Leal mungkin mengandalkan formasi 4-2-3-1, maka posisi bek akan dihuni empat pemain seperti Souza, Da Mata, Vitor Reis dan Vitor Gabriel Gabriel.

Sosok Vitor Reis diyakini akan tetap dipercaya mengenakan ban kapten. Pemain 17 tahun ini juga menjadi andalan di timnya di Palmeiras.

Untuk posisi lini tengah atau gelandang, Brasil U-17 akan mengandalkan formasi dua pemain yakni Lucas Camilo dan Bahia.

Sementara lini depan akan diperkuat empat pemain, mulai dari Riquelme, Dudu, Rayan, dan Lorran. Dengan Endrick absen, maka Rayan akan diplot sebagai striker utama untuk Brasil U-17.

Baca Juga

Daftar Pemain Timnas Brasil U-17:

Kiper: Matheus Corrêa (Corinthians), Pedro Cobra (Atlético), Phillipe Gabriel (Vasco)

Bek: Pedro Lima (Sport), Vitor Gabriel (Atlético), Left Wing (Fluminense), Souza (Santos), Da Mata (Grêmio), João Souza (Flamengo), Vitor Reis (Palmeiras)

Gelandang: Camilo (Grêmio), Dudu (Atlético-PR), Figueiredo (Palmeiras), Lorran (Flamengo), Luiz Gustavo (Corinthians)

Striker: Estevão (Palmeiras), Kauã Elias (Fluminense), Luighi (Palmeiras), Pedrinho (Corinthians), Rayan (Vasco), Riquelme (Palmeiras).

Starting XI: Gabriel; Souza, Da Mata, Vitor Reis, Vitor Gabriel; Lucas Camilo, Bahia; Riquelme, Dudu, Lorran; Rayan.


2. Player to Watch Brasil U-17

Logo Piala Dunia U-17. (Foto: FIFA)

Rayan Vitor Simplício Rocha  atau Rayan merupakan striker andalan Timnas Brasil U-17 yang juga memperkuat Clube de Regatas Vasco da Gama.

Dirinya merupakan putra dari legenda Vasco de Gama, Valkmar, yang pernah menjadi bek terhebat untuk klub asal Brasil tersebut antara 1995 hingga 2000.

Baca Juga

Namun lain dengan sang ayah, Rayan bermain lebih ke depan untuk Vasco da Gama. Dia tipikal serba bisa baik sebagai gelandang serang, striker maupun winger kanan.

Sejauh ini, Rayan yang sempat membuat Barcelona kepincut sudah mengemas 2 gol dan 2 assist dalam 12 penampilan di semua kompetisi untuk Vasco da Gama.

Sementara bersama La Selecao U-17, Rayan lebih sering diturunkan oleh Phelipe Leal sebagai striker.  Dia pun mampu mengemas 5 gol dan 3 assist dari 9 penampilan di Kejuaraan Amerika Selatan U-17 2023.

Rayan sendiri tidak diikutsertakan saat Brasil U-17 menjalani laga persahabatan melawan Meksiko U-17 pada Juni lalu. Namun hal ini tak lantas membuatnya kehilangan tempat untuk Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Selain Rayan, Brasil juga akan mengandalkan striker lain yakni Kaua Elias milik Fluminense. Penyerang ini mengakhiri Kejuaraan Amerika Serikat sebagai pencetak gol terbanyak dengan lima golnya.

Elias memiliki postur tinggi dan kuat. Dia kerap disebut sebagai titisan legenda Brasil Ronaldo da Lima. Sang pemain sempat tampil di beberapa turnamen U-16 bersama O tricolor di Eropa tahun lalu dan mencetak 16 gol di banyak pertandingan.

Prediksi di Piala Dunia U-17 2023

Sudah tidak diragukan lagi, Brasil U-17 bertekad mengincar gelar juara di Piala Dunia U-17 Indonesia, yang akan jadi trofi kelima dalam sejarah mereka.

Berstatus sebagai unggulan pertama, Brasil tentunya tidak akan kesulitan melibas lawan-lawan yang notabene berstatus kuda hitam di ajang ini.

Menengok performa sepanjang tahun ini, Brasil mencatat rekor 7 kemenangan dan 2 kali imbang dalam perjalanan menuju gelar Kejuaraan Amerika Selatan di Ekuador pada April lalu.

Baca Juga

Bukan hanya itu, para pemain Brasil memiliki serangan dan pertahanan terbaik di ajang tersebut, dengan mereka mencetak 11 gol dan hanya kebobolan 3 kali.

Brasil menjalani empat pertandingan persahabatan jelang Piala Dunia U-17 2023 dengan catatan 3 kali menang dan 1 kali imbang melawan Kanada dan Amerika Serikat.

Di Grup C Piala Dunia U-17, mungkin hanya Inggris yang akan menjadi lawan terberat Brasil. Hal ini dikarenakan, Inggris termasuk tim unggulan dalam sejarah turnamen.

Inggris pernah merengkuh gelar juara di Piala Dunia U-17 2017 silam, setelah dua kali mencapai perempat final dan terhenti di fase grup dalam tiga edisi sebelumnya.

Adapun Iran, sejauh ini baru sekali mencapai babak perempat final pada edisi 2017, sementara Kaledonia Baru hanya sampai di fase grup pada edisi yang sama.

Baca Juga
BrasilPiala DuniaPiala Dunia U-17

Berita Terkini