x

Profil Tim Piala Dunia U-17 2023: Spanyol, Si La Rojita yang Siap Cetak Sejarah

Jumat, 3 November 2023 19:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Skuat Timnas Spanyol U-17 di Piala Dunia U-17

INDOSPORT.COM – Timnas Spanyol U-17 jadi salah satu negara yang diprediksi bisa buat kejutan bahkan raih gelar juara di ajang Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

Tergabung di Grup B, skuat La Rojita alias Si Kecil Merah akan menghadapi Kanada, Mali serta Uzbekistan pada babak penyisihan grup Piala Dunia U-17.

Baca Juga

Timnas Spanyol memastikan tiket ke Piala Dunia U-17 setelah mencapai babak semifinal Piala Eropa U-17 bulan Mei lalu.

Di ajang tersebut, Timnas Spanyol tersingkir dari Prancis yang pada akhir kompetisi keluar sebagai runner up.

Sepanjang gelaran Piala Eropa U-17 kemarin, ada beberapa pemain Spanyol yang tampil apik dan diprediksi bakal jadi bintang di Piala Dunia U-17.

Dua diantaranya adalah Marc Guiu dan Lamine Yamal. Kedua pemain tersebut jadi top skor Piala Eropa U-17 dengan torehan 4 gol.

Baca Juga

Dalam sejarahnya, Timnas Spanyol U-17 belum pernah sekalipun memenangkan Piala Dunia U-17 bahkan mereka sempat absen pada edisi 2011, 2013 dan 2015.

Pencapaian terbaik mereka di Piala Dunia U-17 adalah tiga kali menjadi runner up pada tahun 1991, 2003 dan 2007.

Sementara pada Piala Dunia U-17 tahun 2019 atau edisi sebelum di Indonesia, skuat Spanyol hanya bisa melangkah hingga perempat final.

Kini dengan materi pemain yang sebagian besar berasal dari akademi Barcelona dan Real Madrid, membuat Timnas Spanyol U-17 berpotensi cetak sejarah dengan raih gelar juara Piala Dunia U-17 untuk kali pertama dalam sejarah.

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Selebrasi Pemain Timnas Spanyol U-17

Melansir dari laman resmi federasi sepak bola Spanyol, diketahui bahwa pelatih Jose Lana telah memanggil 21 pemain yang dibawa ke Indonesia.

Dari daftar pemain tersebut, sebanyak delapan bintang berasal dari klub Barcelona. Kemudian Real Madrid menyumbang empat pemain.

Baca Juga

Melihat dari gaya main Jose Lana yang kerap menggunakan formasi 4-3-3, sepertinya Spanyol U-17 akan menerapkan skema tiki-taka yang telah jadi khas Timnas Matador.

Untuk perkiraan starter, posisi paling belakang alias penjaga gawang tampaknya bakal ditempati Raul Jimenez yang punya cukup banyak caps di Timnas U-17.

Kemudian di sisi pertahanan, akan ada kuartet Jon Martin, Pau Cubarsi, Hector Fort serta Daniel Munoz Navas.

Jon Martin dan Pau Cubarsi bakal jadi center back, sementara Hector Fort dan Daniel Munoz Navas akan menempati posisi wing back.

Baca Juga

Di sektor gelandang, trio Pau Prim, Roberto Martin dan Javier Fernandez akan jadi motor serangan serta penyimbang klub saat terjadi serangan balik.

Terakhir di lini depan, para pemain haus gol seperti Paulo Iago, Marc Guiu dan Pelo Huestamendia akan membantu Spanyol U-17 amankan poin di tiap pertandingan.

Daftar Pemain Timnas Spanyol di Piala Dunia U-17:
Kiper
: Raul Jimenez Latorre, Francisco Pedro Arbol Cordoba, Marcos Gonzalez Maestu.

Bek: Oscar Mesa Perez, Daniel Munoz Navas, Hector Fort Garcia, Andres Cuenca Cejudo, Izan Merino Rodriguez, Pau Cubarsi Paredes, Jon Martin Vicente.

Gelanang: Quim Junyent Casanova, Pau Prim Coma, Roberto Martin Uruel, Marc Bernal Casas, Juan Hernandez Torres.

Striker: Peio Huestamendia Agirreburualde, Pablo Lopez Gomez, Marc Guiu Paz, Igor Venancio Oyono Oyana, Daniel Yanez Barla, Paulo Iago Alvarez Moron.

Baca Juga

2. Player to Watch

Selebrasi Marc Guiu usai mencetak gol di laga Barcelona vs Athletic Bilbao. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Marc Guiu
Dari sekian banyak nama yang dibawa pelatih Jose Lana, sosok Marc Guiu diprediksi bakal jadi pembeda serta kunci buat Spanyol U-17 raih kemenangan di Piala Dunia.

Secara statistik, Marc Guiu yang masih berusia 17 tahun tersebut berhasil menembus tim utama Barcelona musim ini.

Dirinya bahkan berhasil mencetak gol buat Barcelona saat jalani debut pada 22 Oktober lalu ke gawang Athletic Bilbao.

Gol tersebut membuat Marc Guiu sukses pecahkan rekor sebagai pemain termuda dan tercepat dalam sejarah Barcelona yang bisa cetak gol di Liga Spanyol.

Sementara di level timnas, dirinya telah catatkan 12 penampilan buat Timnas Spanyol U-17 dan mencetak delapan gol di semua kompetisi.

Prediksi di Piala Dunia U-17
Melihat dari peta persaingan di penyisihan grup Piala Dunia U-17 kali ini, Spanyol diprediksi bakal muda lolos ke fase knock out.

Hadangan terberat Spanyol mungkin terjadi babak 16 besar. Jika mereka bertemu perwakilan dari peringkat tiga terbaik Grup D, maka La Rojita berpotensi menghadapi Jepang, Polandia, Argentina atau Senegal.

Jika berkaca pada komposisi skuat yang dibawa saat ini, Spanyol sepertinya bisa melangkah hingga perempat final atau semifinal Piala Dunia U-17.

SpanyolPiala Dunia U-17Tim Nasional Spanyol

Berita Terkini