x

Profil Tim Piala Dunia U-17 2023: Argentina, Si Tango Siap 'Pecah Telur' di Indonesia

Sabtu, 4 November 2023 22:03 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Profil lengkap Timnas Argentina yang berambisi besar untuk 'pecah telur' di Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 beserta seluk-beluknya.

INDOSPORT.COM - Profil lengkap Timnas Argentina yang berambisi besar untuk 'pecah telur' di Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 beserta seluk-beluknya.

Argentina turut hadir memeriahkan Piala Dunia U-17 di Indonesia yang akan dimulai pada 10 November 2023 mendatang.

Baca Juga

Ini akan menjadi momen yang sangat tepat bagi skuad Tango itu untuk menjuarai Piala Dunia U-17 kali ini.

Hal ini disebabkan mereka memang belum pernah sekalipun menjuarainya. Hasil terbaik yang pernah mereka terima hanya peringkat tiga di tahun 1991, 1995, dan 2003.

Dengan performa yang kurang memuaskan di ajang Piala Dunia U-17, maka tidak salah kalau publik meyakini bahwa Argentina bakal tampil mati-matian di Indonesia.

Namun, meski Argentina kurang gemilang di kancah Piala Dunia, tapi mereka berhasil menunjukkan dominasinya di kancah Kejuaraan Amerika Selatan U-17.

Baca Juga

Di kompetisi tersebut, tim Tango berhasil menjadi juara empat kali, yakni pada tahun 1985, 2003, 2013, dan 2019. Mereka juga berhasil jadi runner up enam kali pada  1988, 1995, 1997, 2001, 2009, dan 2015.

Artinya, mereka tetap punya kans besar untuk mencetak sejarah pribadi, yakni menjuarai Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Argentina masuk ke dalam Grup D bersama dengan tim kuat lainnya seperti Jepang U-17, Polandia U-17, dan Senegal U-17.

Kalau melihat dari lawan-lawan segrup, rasanya langkah Argentina bakal mulus untuk bisa tembus ke babak gugur. Namun di babak tersebut, mereka berpotensi menghadapi Prancis, Spanyol, dan lain-lain.

Baca Juga

1. Prakiraan Formasi dan Starting XI

Jersey Timnas Argentina

Setiap tim yang ikut ke Piala Dunia U-17 Indonesia sudah merilis daftar lengkap pemain resmi yang akan mereka bawa.

Argentina sudah mengumumkan 21 pemain muda nan bertalenta yang mereka siapkan. Kebanyakan berasal dari klub-klub di Liga Argentina.

Rivel Plate menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk kompetisi ini dengan lima pemain. Kemudian, Atletico Lanus menempati posisi dua dengan sumbangan tiga pemain.

Baca Juga

Sementara itu, Atletico Union menjadi yang paling sedikit dalam menyumbang pemain, yakni dengan kontribusi satu pemain saja.

Dari 21 nama yang dibawa oleh sang pelatih, yakni Diego Placente, ada beberapa sosok yang bakal menjadi momok bagi tim lain.

Salah satu yang paling mengerikan adalah Claudio Echeverri, seorang gelandang serang dari River Plate yang sudah mengoleksi lima gol di semua kompetisi yang ia ikuti pada musim 2022/23.

Baca Juga

Berikut Daftar Pemain Timnas Argentina untuk Piala Dunia U-17 2023:

Kiper: Froilan Diaz (Atletico Union U-20), Franco Villalba (Velez Sarsfield U-20), Jeremias Florentin (Atletico Talleres U-20)

Bak: Dylan Gorosito (Boca Juniors II), Ulises Gimenez (River Plate II), Tobias Palacio (Argentinos Juniors U-20), Juan Gimenez (Rosario Central U-20), Valente Pierani (Estudiantes de la Plata U-20), Juan Manuel Vilalba (Velez Sarsfield U-20), Octavio Ontivero (Atletico Lanus U-20)

Gelandang: Tiago Laplace (Atletico Lanus U-20), Mariano Gerez (Atletico Lanus U-20), Gustavo Albarracin (Atletico Talleres U-20), Valentino Acuna (Newell's Old Boys) Kevin Gutierrez (Rosario Central U-20), Franco Mastantuono (River Plate U-20), Claudio Echeverri (River Plate)

Penyerang: Maher Carrizo (Velez Sarsfield U-20), Agustin Ruberto (River Plate II), Santiago Lopez (Atletico Independiente U-20), Ian Subriabre (River Plate U-20).

Perkiraan Starting (4-2-3-1): Froilan Diaz; Juan Manuel Vilalba, Juan Gimenez, Tobias Palacio, Ulises Gimenez; Mariano Gerez, Kevin Gutieres; Santiago Lopez, Claudio Echeverri, Ian Subiabre; Agustin Ruberto

*daftar pemain masih sementara dan bisa berubah sampai rilis skuad berikutnya

Baca Juga

2. Player to Watch

Jersey Timnas Argentina

Claudio Echeverri

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, Timnas Argentina bakal diperkuat oleh gelandang serang River Plate yang bernama Claudio Echeverri.

Bersama Timnas Argentina U-17 tahun lalu, Echeverri berhasil mencetak lima gol dan menyumbang empat assist dari sembilan penampilannya.

Baca Juga

Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau sang pemain memiliki harga pasar mencapai 4 juta euro berdasarkan Transfermarkt meski baru 17 tahun.

Ketajamannya di lini tengah ini membuat Echeverri mendapat julukan El Diablito (Setan Kecil) dan El Diablo (Sang Iblis).

Claudio Echeverri juga menempatkan Lionel Messi dan Juan Fernando Quintero sebagai idolanya. Sementara untuk permainannya, Echevveri terinspirasi oleh Matías Suárez.

Prediksi Piala Dunia U-17

Argentina tergabung ke dalam Grup D bersama Timnas Jepang, Polandia, dan Senegal. Untuk fase grup, rasanya skuad Tango bakal lolos ke babak gugur.

Baca Juga

Meski demikian, mereka juga tetap harus waspada agar tidak mengulangi lagi peristiwa di mana mereka pernah tiga kali terhenti di babak grup, yakni di Piala Dunia U-17 tahun 1985, 1993, dan 2015.

Kalau berhasil lolos sebagai pemuncak Grup D, mereka akan menghadapi salah satu tim penghuni posisi tiga dari Grup B, E, dan F.

Kalau hanya menempati posisi dua Grup D, mereka bakal menghadapi pemuncak Grup E yang diisi oleh Burkina Faso, Prancis, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Baca Juga
ArgentinaIndonesiaPiala Dunia U-17Bola Internasional

Berita Terkini