x

Erick Thohir Tengah Upayakan Naturalisasi 2 Pemain Eropa Posisi Gelandang dan Striker

Selasa, 7 November 2023 03:16 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat memberi salam kepada para pemain Timnas Indonesia U-17. (Foto: pssi.org)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dikabarkan terus melakukan upaya membuat Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong bertambah kuat.

Bahkan dikabarkan Erick Thohir kini sedang berupaya untuk melakukan proses naturalisasi untuk pemain berposisi gelandang dan striker.

Baca Juga

Kabar ini pun diutarakan oleh anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga dalam acar diskusi bersama awak media di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta.

Kabar mengenai PSSI tengah melakukan proses naturalisasi untuk dua pemain baru memang belakangan ramai diperbincangkan.
Namun kini kabar tersebut mendapat titik terang setelah Arya Sinulingga memastikan bahwa kabar tersebut sedang dalam tahap proses.
Namun saat disinggung mengenai data-data pemain yang sedang dalam tahap naturalisasi ini, Arya Sinulingga masih enggan menjabarkan secara rinci.

Arya mengatakan semuanya masih dalam proses sehingga belum bisa diungkap siapa sosoknya.”PAsti adalah yang lagi diurus. Omongan Ketum (Erick Thohir) pasti bener lah,” ucap Arya Sinulingga.

“Kalau Ketum bilang itu berarti ya benar,” tegas Arya.

Namun meski tidak memberikan data secara terperinci, Arya sedikit memberikan bocoran asal dua pemain yang sedang dalam tahap naturalisasi ini. Yakni keduanya ini berasal dari Eropa.

“Dari Eropa, macing terus ini kawan-kawan,” ucap Arya seraya tersenyum.

Arya pun mengatakan bahwa proses naturalisasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan dari pelatih Timnas Indoensia, Shin Tae-yong. Baginya semua pemain yang dinaturalisasi berdasarkan rekomendasi dari Shin Tae-yong.

“Engga lah pasti disesuaikan dengan kebutuhan pelatih. Kan kita ini tergantung pelatih ini. Kan kita bukan ada orang Indonesia kita naturalisasi, tapi sesuai kebutuhan.”

“Saya yakin, Shin Tae-yong pasti udah cek juga, kalau udah cukup nggak mungkin nambah-nambah lagi. Kita bergerak berdasarkan kebutuhan pelatih,” beber Arya.

Baca Juga

“Nanti ada misalnya yang bagus, tapi nggak sesuai dengan kebutuhan pelatih, ya nggak dipanggil juga. Bukan setiap ada yang baru langsung dipanggil,” tegas Arya.

PSSI saat ini masih melakukan proses terhadap tiga pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Justin Hubner.

Untuk Justin Hubner tahapannya sudah tinggal menunggu Surat Keputusan Presiden lalu diambil sumbahnya. Ini karena sang pemain sejatinya prosesnya bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick yang sudah terlebih dahulu WNI.

Baca Juga
PSSIErick ThohirNaturalisasiTimnas Indonesia

Berita Terkini