x

Dendam pada PSG dan Donnarumma Terbalaskan, 5 Pahlawan Penting Kemenangan AC Milan

Rabu, 8 November 2023 15:28 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
AC Milan meraih kemenangan maha penting di matchday keempat Grup F Liga Champions 2023/2024 pada Rabu (08/11/23) atas Paris Saint-Germain (PSG). (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

INDOSPORT.COM - AC Milan meraih kemenangan maha penting di matchday keempat Grup F Liga Champions 2023/2024 pada Rabu (08/11/23) atas Paris Saint-Germain (PSG).

Meski tidak diunggulkan, namun I Rossoneri sukses membayar loyalitas fans mereka yang memadati tribun San Siro dan melumat tamunya 2-1.

Baca Juga

PSG sempat unggul lebih dulu di menit sembilan lewat mantan pemain Inter Milan, Milan Skriniar, namun selebrasi Les Parisiens tidak bertahan lama.

AC Milan bangkit dengan cepat dimulai dari lesakan balasan Rafael Leao di menit ke-12 yang disusul gol penutup oleh Olivier Giuroud hanya lima menit pasca restart babak kedua.

Dengan ini kesempatan AC Milan untuk bisa lolos ke 16 besar Liga Champions kembali terbuka lebar setelah sebelumnya sempat dianggap sudah mati.

Hanya ada dua poin yang memisahkan mereka dengan Borussia Dortmund sebagai pemimpin klasemen sementara Grup F.

Baca Juga

Dengan sisa dua matchday lagi di fase grup, pasukan asuhan Stefano Pioli masih punya peluang besar untuk mengulangi capaian musim lalu dimana semifinal berhasil dipijak.

Semakin manis karena dalam prosesnya tifosi AC Milan juga merayakan balas dendam pada mantan kiper idola mereka, Gianluigi Donnarumma, yang sudah membela PSG sejak 2021 lalu karena menolak perpanjangan kontrak dari manajemen Merah-Hitam.

Di San Siro, Donnarumma sempat dihujani lembaran uang mainan yang melambangkan perasaan fans AC Milan yang kesal karena bintang timnas Italia itu lebih memilih gaji besar di PSG ketimbang terus membela klub yang sudah membesarkannya sejak akademi.

Membobol gawangnya dua kali dalam skenario comeback adalah bentuk pembalasan yang memuaskan dan para fans harus berterimakasih pada lima pemain ini.

Baca Juga

1. 1. Rafael Leao

Theo Hernandez (kanan) dan Rafael Leao.

Setelah sempat dikiritik karena performanya, Rafael Leao justru keluar sebagai pahlawan kemenangan AC Milan atas PSG di Liga Champions. Golnya dengan tekhik akrobatik juga lahir di saat yang tepat karena hanya beberapa menit setelah tim tamu mencuri keunggulan cepat.

Lesakan Leao membuat motivasi Il Diavolo Rosso pulih dalam sekejap sebelum akhirnya menuntaskan comeback brilian sekaligus memutus puasa gol timnya di Eropa yang sudah berlangsung selama lima pertandingan beruntun.

Baca Juga

2. Olivier Giroud

Makin tua makin menjadi pantas menggambarkan performa Olivier Giroud kontra PSG. Bomber 37 tahun itu masih saja menunjukkan clutch gene yang ia pun kala menanduk masuk crossing dalam duel udara melawan Milan Skriniar di menit ke-50.

Opta mencatat jika kini Giroud adalah pencetak gol tertua asal Prancis di Liga Champions mengalahkan Laurent Blanc (36 tahun dan 338 hari).

3. Davide Calabria

Performa yang layak bagi seorang kapten ditunjukkan oleh Davide Calabria. Di saat harus menghadapi sayap-sayap top seperti Kylian Mbappe dan Luvas Hernandez, sang fullback Italia justru menggila.

Statistik WhoScored menunjukkan jika Calabria memimpin dalam perolehan umpan kunci (3) dan juga tekel (5) di San Siro. Andai operan matangnya untuk Yunus Musah di babak pertama berbuah gol, maka pemain 26 tahun itu juga harusnya mengantongi assist.

Baca Juga

4. Ruben Loftus-Cheek

Ruben Loftus-Cheek menunjukkan kenapa kehadirannya di lapangan dirindukan oleh AC Milan saat ia cedera. Dipasang sebagai gelandang serang oleh Stefano Pioli, eks Chelsea tersebut tampil brilian.

Lima dribelnya jadi yang terbanyak bersama Rafael Leao namun dengan efektifitas lebih baik karena dihasilkan dari delapan percobaan saja berbanding sepuluh. Ia juga menyediakan physical presence yang sangat berguna untuk membongkar lini tengah PSG.

5. Theo Hernandez

Theo Hernandez adalah salah satu pemain AC Milan yang membuktikan diri kembali di panggung Liga Champions dini hari tadi setelah rangkaian performa di bawah standar.

Tidak cuma menyediakan assist saja untuk gol kemenangan Olivier Giroud, aspek pertahanan bek kiri tersebut juga patut dipuji dengan tiga kemenangan duel udara, dua tekel, dan tidak sekalipun ia berhasil dilewati oleh dribel pemain Paris Saint-Germain.

Baca Juga
Liga ChampionsAC MilanParis Saint-GermainOlivier GiroudRuben Loftus-CheekTheo HernandezDavide CalabriaRafael LeaoIndepth

Berita Terkini