x

Hasrat Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Lolos Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2026

Rabu, 8 November 2023 12:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Shin Tae-yong memendam hasrat membawa Timnas Indonesia lolos ke Olimpiade 2024 Paris dan Piala Dunia 2026. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong memendam hasrat membawa Timnas Indonesia lolos ke Olimpiade 2024 Paris dan Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong memiliki agenda penting sebagai pelatih untuk Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-23 dalam beberapa waktu terdekat.

Baca Juga

Diketahui, Timnas U-23 memastikan lolos ke Piala Asia U-23 2024. Turnamen ini menjadi gerbang mereka bisa menembus Olimpiade Paris tahun depan.

Skuat Garuda senior mengamankan tiket ke Piala Asia 2023. Pada medio November ini, mereka juga tampil di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong yang diwawancarai oleh media Korea Selatan, Best Eleven, mengatakan dirinya sangat percaya diri bahwa Timnas Indonesia bisa mewujudkan hasratnya tersebut.

"Sekarang saya memiliki kepercayaan diri untuk mencoba lolos ke Olimpiade Paris 2024 dan Piala Dunia 2026 di Amerika Utara dan Tengah,” ujar Shin tae-yong.

Baca Juga

“Bagi saya, ini adalah endorfin dan kekuatan pendorong yang menciptakan energi. Saya sangat bahagia," jelasnya.

Bagi Timnas Indonesia U-23, untuk bisa lolos ke Olimpiade 2024 harus menjadi salah satu dari tiga tim teratas Piala Asia U-23 2024.

Sementara itu, tiket Piala Dunia 2026 hanya bisa digenggam jika Indonesia mampu bersaing di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun pertama-tama, Asnawi Mangkualam dan kawankawan harus menembus babak ketiga kualifikasi atau paling tidak menduduki posisi dua teratas grup.

Baca Juga

1. Shin Tae-yong Prediksi Peluang Timnas Indonesia Lolos

Pelatih Shin Tae-yong sebelum Timnas Indonesia menggelar official training jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23).

“Harapan saya, kami bisa melaju ke babak final kualifikasi (Piala Dunia 206). Kami percaya bahwa sekitar 70 hingga 80% itu kemungkinan lolos. Saya kira kami punya peluang 5-5 untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia,” tambah Shin Tae-yong.

Keyakinan Shin Tae-yong di dalam mewujudkan hasratnya itu bukanlah tanpa sebab. Dia sudah membangun tim dengan baik, mulai dari menguatkan aspek pemain lokal dan pemain naturalisasi.

Baca Juga

“Kami membangun tim dengan baik seperti yang kami harapkan. Untuk kualifikasi Piala Dunia, tim telah melewati babak playoff dan kini melaju ke babak kedua kualifikasi,” sambung Shin Tae-yong.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia akan bertemu dengan Irak, Vietnam dan Filipina. Sejauh ini, hanya Irak dan Vietnam yang menjadi rival terberat Skuat Garuda.

Ada pun di Piala Asia Qatar 2023, Timnas Indonesia akan  bertemu dengan Jepang, Irak, dan Vietnam. Namun Timnas Indonesia akan berstatus kuda hitam karena posisi mereka di ranking FIFA (peringkat 45 dunia).

Sementara di Piala Asia U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 yang akan menjalani debutnya masih diketahui lawan-lawan yang akan dihadapi.

Baca Juga

“Akan ada banyak bagian yang sulit, tapi tujuan kami adalah melaju ke babak 16 besar (Piala Asia, Piala Asia U-23 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026),” tambahnya.

Sebelum perhelatan tersebut, skuad asuhan Shin Tae-yong ini pun dikabarkan sudah merencanakan beberapa agenda persiapan untuk tampil di ajang ini.

Bahkan beredar kabar bahwa skuad Garuda bakal melakukan laga uji coba melawan Iran, sebagaimana diberitakan media Sarpoosh.

Selain informasi mengenai laga uji coba melawan Iran, nantinya Timnas Indonesia juga melakukan pemusatan latihan di Turki dan diagendakan beberapa laga uji coba.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaPiala Dunia 2026Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini