x

Endrick Bisa Lewati Ronaldo, 5 Pemain Termuda yang Bermain untuk Timnas Brasil

Kamis, 9 November 2023 04:29 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Melihat 5 pemain termuda yang pernah bermain untuk Timnas Brasil seiring pemanggilan penyerang Real Madrid, Endrick, ke tim senior.

INDOSPORT.COM – Melihat 5 pemain termuda yang pernah bermain untuk Timnas Brasil seiring pemanggilan penyerang Real Madrid, Endrick, ke tim senior.

Pemain berusia 17 tahun memang menggemparkan jagat sepak bola jelang jeda internasional usai dipanggil oleh Fernando Diniz ke Timnas Brasil.

Baca Juga

Diniz memanggil Endrick usai Brasil akan melakoni dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL melawan Kolombia dan Argentina.

Pemanggilan tersebut pun terbilang mengejutkan. Pasalnya masih banyak penyerang top Brasil yang bisa saja dipanggil ketimbang Endrick yang baru berusia 17 tahun 3 Bulan 17 hari.

Tapi, Diniz sendiri memutuskan memanggilnya karena tengah moncer usai mencetak total 9 gol dari total 30 pertandingan di tahun 2023 ini.

Jika Endrick dimainkan oleh Diniz, ia pun berpotensi menjadi pemain ke-4 termuda yang bermain bagi Brasil. Lalu, siapa saja 5 pemain termuda yang pernah bermain untUK Selecao?

Baca Juga

5. Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario menjadi pemain termuda terakhir yang dipanggil ke Timnas Brasil sebelum Endrick dipanggil oleh Fernando Diniz pada 2023 ini.

Mantan penyerang Real Madrid ini dipanggil ke Timnas Brasil pada usia 17 tahun 6 bulan 2 hari pada 23 Maret 1994 saat menghadapi Argentina.

Jika Endrick berhasil melakoni debut di laga Kolombia atau Argentina nanti, Ronaldo Nazario harus menerima posisinya tergusur dari 5 besar pemain termuda yang membela Brasil.

4. Walter Rodrigues

Walter merupakan pesepak bola legendaris Brasil yang lahir pada tahun 1914 silam. Ia telah membela negaranya sejak 1931 pada usia 17 tahun 4 Bulan 14 hari.

Sejak debutnya di tahun 1931 itu, pemain yang bermain sebagai gelandang bertahan itu telah tampil bagi Brasil di laga-laga internasional.

Jika Endrick bermain nanti, maka Walter pun harus tergusur ke posisi ke-5 dalam daftar pemain termuda yang membela Brasil.

Baca Juga

1. 3. Coutinho

Legenda Brasil, Pele. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo)

Coutinho dalam daftar ini bukanlah Coutinho yang membela Liverpool dan Barcelona, melainkan Antonio Wilson Vieira Honorio yang dipanggil Coutinho.

Ia sendiri merupakan penggawa Timnas Brasil di era 60 an. Debutnya sendiri terjadi pada 9 Juli 1960 di usia yang baru 17 tahun 28 hari.

Kiprahnya sebagai penyerang bersama Brasil pun cukup apik. Salah satunya adalah saat menggondol gelar juara Piala Dunia 1962.

Baca Juga

2. Edu

Edu dalam daftar ini juga bukanlah Edu yang jadi Direktur Arsenal, melainkan Jonas Eduardo Americo. Ia adalah penggawa Timnas Brasil di era 60 an.

Edu yang bermain sebagai winger kini pertama kali debut bagi Timnas Brasil di usia 16 tahun 9 bulan 30 hari, yakni pada laga persahabatan kontra Polandia pada 5 Juni 1966 silam.

1. Pele

Pemain termuda yang pernah membela Timnas Brasil tak lain dan tak bukan adalah Pele. Ia debut dan bermain bagi Selecao sejak usia 16 tahun 8 bulan 14 hari.

Pele melakoni debutnya pada 7 Juli 1957 di laga persahabatan melawan Argentina. Setahun kemudian, ia dibawa ke Piala Dunia 1958.

Di Piala Dunia itu, ia mencetak total 6 gol dan meraih gelar juara. Tercatat selama 92 kali membela Brasil, Pele mampu mencetak 77 gol dan meraih 3 gelar Piala Dunia.

Baca Juga
BrasilPeleRonaldoIn Depth SportsEndrick FelipeIndepth

Berita Terkini