x

Timnas Myanmar Siap-siap Dibantai Mitoma Cs Awal Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 9 November 2023 17:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Skuat Timnas Jepang sebelum pertandingan laga persahabatan. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM - Timnas Jepang tampil dengan skuad berkuatan penuh memulai laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Myanmar dan Suriah. Dua bintang Timnas Jepang yang sedang naik daun,  Kaoru Mitoma milik Brighton dan Takefusa Kubo dari Real Sociedad bakal masuk skuad yang akan bertanding pada pertengahan bulan depan.  

Tim berjuluk Samurai Biru ini terakhir tampil di Piala Dunia tahun lalu usai kalah dari Krosia pada babak 16 Besar di Qatar. Jelang hadapi Myanmar dan Suriah, pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu mempersiapkan tim dengan kekuatan penuh dengan 26 orang pemain andalan mereka.  

Baca Juga

Beberapa nama bintang masuk skuad antara lain bek Arsenal Takehiro Tomiyasu, gelandang Liverpool Wataru Endo, dua bintang Celtic, Kyogo Furuhashi dan Daizen Maeda. Ada juga Daichi Kamada milik Lazio yang kembali bergabung setelah absen usai laga persahabatan lawan Kanada dan Tunisia pada Oktober kemarin.

Tentunya dua bintang lincah mereka Kaoru Mitoma yang sedang bersinar di Liga Inggris bersama Brighton dan Takefusa Kubo yang selalu menjadi starter di Liga Spanyol bersama Real Sociedad juga masuk dalam skuad maut ini.

Baca Juga

Dari 26 pemain yang bakal diboyong hanya ada 3 pemain yang berlaga di liga lokal J-League, yaitu bek Gamba Osaka, Seiya Maikuma, serta dua kiper Daiya Maekawa (Vissel Kobe), Keisuke Osako (Sanfrecce Hiroshima). Sisanya adalah para pemain yang merumput di liga-liga top Eropa.

“Ada kemungkinan beberapa pemain akan mengalami cedera usai dua laga awal (kualifikasi Piala Dunia 2026) nanti. Untuk itu kami membawa utuh 26 pemain untuk antisipasi di laga setelahnya,” ujar sang pelatih Hajime Moriyasu. Selain satu tim dengan Suriah dan Myanmar, Jepang juga satu grup dengan Korea Utara di Grup B.

Baca Juga

Dengan 26 pemain ini, lanjut Moriyasu, ada kemungkinan dirinya akan membagi menjadi dua tim. Hal ini untuk mengantisipasi kelelahan dan cedera. “Dengan melihat materi pemain, maka ada potensi membaginnya jadi dua tim. Kelompok pertama main di laga awal dan kelompok kedua di laga setelahnya,” ujar dia.
 
Timnas Jepang sendiri sedang dalam performa terbaiknya sejak Piala Dunia Qatar kemarin dengan memenangkan enam pertandingan terakhir sekaligus mencetak 24 gol ke gawang lawan serta hanya kebobolan lima kali.

Baca Juga

Rekor tersebut termasuk kemenangan tandang yang meyakinkan atas Turki dan Jerman. Kemanangan 4-1 atas Jerman bahkan memakan korban yaitu pelatih Jerman kala itu  Hansi Flick langsung dipecat dari posisinya usai kalah dari Jepang. 

Moriyasu bertekad meraih 6 poin penuh di dua laga awal kualifikasi Piala Dunia ini. “Kami ingin meraih enam poin dari dua pertandingan ini dan kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin,” ucapnya. 

Baca Juga

1. Skuad Jepang Lawan Myanmar

Ekspesi kecewa para pemain Timnas Jepang usai kalah dari Kroasia dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Timnas Jepang akan melawan Myanmar pada 16 November 2023 mendatang dengan bermain kandang di Stadion Panasonic Suita, serta laga tandang melawan Suriah 5 hari setelahnya atau 21 November 2023 di Stadion Prince Abdullah al-Faisal Stadium Jeddah.

Skuad Jepang:

Kiper: Daiya Maekawa (Vissel Kobe), Keisuke Osako (Sanfrecce Hiroshima), Zion Suzuki (Sint-Truidense)

Bek: Shogo Taniguchi (Al-Rayyan), Yuta Nakayama (Huddersfield), Koki Machida (Union SG), Seiya Maikuma (Gamba Osaka), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Hiroki Ito (Stuttgart), Yukinari Sugawara (AZ).

Gelandang/penyerang: Wataru Endo (Liverpool), Junya Ito (Reims), Takuma Asano (Bochum), Takumi Minamino (Monaco), Kyogo Furuhashi (Celtic), Hidemasa Morita (Sporting), Hayao Kawabe (Standard Liege), Daichi Kamada (Lazio), Yuki Soma (Casa Pia), Kaoru Mitoma (Brighton), Daizen Maeda (Celtic), Ritsu Doan (Freiburg), Atsuki Ito (Urawa Reds), Ayase Ueda (Feyenoord), Ao Tanaka (Dusseldorf), Takefusa Kubo (Sociedad).
 

JepangMyanmarBola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini