x

3 Alasan Liverpool Tak Perlu Datangkan Gelandang Bertahan Anyar

Minggu, 12 November 2023 07:17 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Setidaknya, ada tiga alasan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool tak perlu mendatangkan gelandang bertahan anyar pada bursa transfer mendatang. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs.

INDOSPORT.COM - Setidaknya, ada tiga alasan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool tak perlu mendatangkan gelandang bertahan anyar pada bursa transfer mendatang.

Liverpool tengah dilanda dilema. Klub berjuluk The Reds tersebut galau, apakah akan mendatangkan gelandang bertahan anyar pada bursa transfer mendatang atau tidak.

Baca Juga

Sejauh ini, beberapa nama memang sempat dikaitkan. Mulai dari gelandang Fluminense, Andre Trindade, hingga pemain buangan Manchester City, Kalvin Phillips.

Meski demikian, hingga saat ini belum cukup jelas siapa target utama yang ingin didatangkan oleh Merseyside Merah. Di sisi lain, muncul pula anggapan jika Liverpool tak perlu mendatangkan gelandang bertahan anyar.

Adapun alternatif kedua tersebut dinilai lebih masuk akal demi efektivitas dana maupun pemain. The Kop pun bisa mengalihkan fokus pada target lain.

Lantas apa saja alasan Liverpool tidak perlu mendatangkan gelandang bertahan anyar pada bursa transfer mendatang? Berikut ulasan INDOSPORT.COM.

Baca Juga

Alasan pertama adalah Liverpool punya Alexis Mac Allister. Pemain yang didatangkan dari Brighton & Hove Albion tersebut memang sejauh ini kurang maksimal saat dipasang sebagai gelandang bertahan.

Namun, kepercayaan Jurgen Klopp pada sang pemain rupanya tak luntur. Terbukti, hingga pekan ke-11 Liga Inggris 2023/2024, pemain Timnas Argentina tersebut adalah pemain yang paling sering dipasangan sebagai nomor 6.

Memasang terus-menerus Alexis Mac Allister juga menjadi solusi paling murah dan mudah bagi Liverpool. Jurgen Klopp hanya perlu menanti hingga sang pemain nyetel dengan posisi barunya.

Toh, rekor Liverpool sepanjang musim ini yang baru menelan dua kekalahan menunjukkan jika sejatinya tak ada yang perlu dikhawatirkan dari skuat yang kini dimiliki.

Baca Juga

1. Hanya Perlu Sabar dan Adaptasi

Stefan Bajcetic mencetak gol di laga Liga Inggris Aston Villa vs Liverpool (27/12/22). (Foto: Reuters/Paul Childs)

Adapun alasan kedua adalah karena Liverpool tengah mengalami masa transisi. Ya. Merseyside Merah wajar kelimpungan karena baru saja ditinggal beberapa pemain pilar pada bursa transfer musim panas lalu.

Sederet pemain senior, seperti Jordan Henderson, Fabinho, Alex Oxlade-Chamberlain, hingga Roberto Firmino memutuskan meninggalkan Anfield pada musim panas lalu dengan berbagai alasan.

Baca Juga

Di antara pemain-pemain tersebut, Jordan Henderson dan Fabinho layak mendapat sorotan lebih. Hengkangnya dua pemain ini membuat lini tengah Liverpool sempat kehilangan keseimbangan.

Di tengah masa transisi seperti ini, mendatangkan terlalu banyak pemain baru agaknya bukan keputusan yang bijak. Para pemain yang sudah tergabung di skuat tentunya membutuhkan waktu beradaptasi dengan skema dan cara bermain baru selepas kepergian para pilar.

Dengan demikian, upaya mendatangkan pemain anyar, termasuk gelandang bertahan baru, bisa ditunda hingga setidaknya bursa transfer musim panas tahun depan, ketika kondisi skuat sudah lebih mapan.

Alasan terakhir, Liverpool sejatinya sudah memiliki sederet pemain yang bisa dipasang sebagai gelandang bertahan.

Baca Juga

Terlepas dari Alexis Mac Allister yang 'dipaksa' menempati pos gelandang bertahan, Liverpool sebenarnya telah memiliki beberapa pemain yang biasa bermain di posisi tersebut. Sayang, mereka masih berhalangan untuk tampil.

Thiago Alcantara, misalnya. Pemain yang dikenal berkat umpan-umpan akurat tersebut saat ini tengah menepi karena cedera.

Pun demikian dengan wonderkid Spanyol, Stefan Bajcetic, yang juga belum sepenuhnya pulih. Padahal, sang pemain dinilai punya potensi menjadi salah satu gelandang paling berbakat di dunia saat ini.

Liverpool juga memiliki Wataru Endo dan Tyler Morton, yang dipinjamkan ke Hull City. Dengan demikian, jika tidak ada halangan, Liverpool sebenarnya punya stok gelandang bertahan melimpah. 

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolJurgen KloppLiga InggrisIndepth

Berita Terkini