x

Pilu Timnas Palestina Persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Tengah Perang

Minggu, 12 November 2023 14:11 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Akibat agresi militer Israel ke jalur Gaza, tim nasional sepak bola Palestina dalam kondisi miris jelang persiapannya menuju kualifikasi Piala Dunia 2026.

INDOSPORT.COM – Akibat agresi militer Israel ke jalur Gaza, tim nasional sepak bola Palestina dalam kondisi miris jelang persiapannya menuju kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebagaimana diketahui, Palestina tergabung di Grup I bersama Australia, Lebanon, dan Bangladesh dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga

Ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 ini sendiri sudah dibuka FIFA sejak 7 September 2023 silam dengan tiga pertandingan zona CONMEBOL yang dimainkan pada hari itu.

Perjuangan timnas Palestina akan dimulai pada Kamis (16/11/23) dengan menghadapi Lebanon di Stadion Khalid Bin Mohammed (Sharjah), Uni Emirat Arab.

Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan menghadapi Australia pada Selasa (21/11/23) di Jaber Al Ahmad International Stadium, Kuwait.

Penampilan timnas Palestina di kualifikasi Piala Dunia 2026 ini pun sebenarnya cukup dinantikan mengingat mereka juga berpeluang lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga

Apalagi menilik pencapaian luar biasa timnas Palestina yang pernah menapaki ranking 73 FIFA pada 2018, tampil di Piala Asia pada 2018 dan 2019, hingga lolos turnamen kontinental 2023.

Sayangnya, guncangan melanda timnas Palestina jelang persiapannya di kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Lebanon dan Australia.Tak lain karena adanya agresi militer Israel yang memporak-porandakan Gaza sejak Oktober 2023.

Sebagaimana diutarakan pelatih timnas Palestina, Makram Daboub, serangan militer Israel tersebut berpengaruh pada psikologis atletnya, terutama yang tinggal di Gaza seperti Ibrahim Abuimeir, Khaled Al-Nabris, Ahmed Al-Kayed.

“Situasinya sulit. Mereka baik-baik saja, namun banyak kerabat mereka yang meninggal karena pengeboman (militer Israel),” ucap pelatih timnas Palestina, Makram Daboub melansir AP News.

Baca Juga

1. Kondisi Miris Timnas Palestina

Kondisi Miris Timnas Palestina Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Kontra Lebanon.

Masih dilansir dari AP News, pelatih timnas Palestina Makram Daboub saat ini masih berusaha untuk mengumpulkan skuadnya di kamp pelatihan di Yordania.

Hanya saja Makram Daboub juga memahami bahwa semuanya akan rumit dengan situasi mencekam di Palestina, utamanya di jalur Gaza.

Baca Juga

“Dengan kematian dan kehancuran di Gaza, para pemain berada dalam kondisi psikologi yang tidak baik-baik saja tentu saja,” ujar Makram Daboub.

Sementara presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina, Susan Shalabi, berujar jika para pemain dan masyarakat menginginkan pertandingan melawan Lebanon dan Australia tetap dilanjutkan.

“Mereka adalah orang-orang yang ingin didengar dan dilihat oleh seluruh dunia, ingin hidup normal seperti yang lain, sehingga orang-orang peduli dengan tim nasionalnya,” ujar Susan Shalabi.

“Ini mewakili kerinduan (Palestina) untuk diakui sebagai negara yang bebas dan berdaulat,” sambung Susan Shalabi.

Baca Juga

Sebelum kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, sejumlah agenda timnas Palestina memang sudah terganggu karena tragedi pengeboman di jalur Gaza.

Seperti kala timnas Palestina harus menarik diri kala dijadwalkan bersua dengan Tajikistan di semifinal Piala Merdeka 2023.

Seandainya timnas Palestina jadi bertanding menghadapi Lebanon di  kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang, tentu laga ini menjadi sebuah cara warga mereka untuk berbicara kepada dunia di tengah situasi kalut Tanah Air mereka.

Baca Juga
Piala DuniaPalestinaBola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini