x

Prediksi Ranking FIFA Timnas Indonesia Bila Menang atas Irak: Kangkangi 7 Negara?

Senin, 13 November 2023 14:19 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi Jordi Amat usai cetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Burundi

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin tae-yong bakal menghadapi lawan berat yakni Irak di laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Irak menjamu Timnas Indonesia akan tersaji di Basra International Stadium pada Kamis (16/11/23) pukul 21.45 WIB.

Baca Juga

Jelang Irak vs Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah memboyong sebanyak 14 pemain dari Jakarta dan sisanya akan menyusul.

Delapan pemain yang bermain di Eropa dan Asia akan langsung bergabung di Irak. Lalu tiga nama lain akan menyusul dari Jakarta yakni Yakob Sayuri, Adam Alis dan Nadeo Argawinata karena masih membela PSM Makassar dan Borneo FC di Liga 1 2023. 

"Perjalanan kami cukup panjang dan jauh, kondisi pemain baik-baik saja, saat ini tidak semua pemain kumpul, jadi secara detail (bagaimana kondisi semua pemain) saya belum dapat mengatakannya,” kata Shin Tae-yong.

“Dari Jakarta saya membawa 14 pemain, jadi nanti ada tiga hari ke depan, sisanya akan datang di tiga hari itu," ungkapnya.

"Akibat jadwal liga yang berbeda, kami tidak semuanya bisa berangkat bersama-sama. Namun, kita bersyukur karena bisa berangkat lebih awal," sambung juru taktik asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia sudah tiba di Basra, Irak pada Minggu (12/11/23) pagi dan langsung menjalani latihan sore tadi. Shin Te-yong ingin anak asuhnya cepat beradaptasi.

Sementara itu, Mark Klok mengonfirmasi, ia dan rekan setim dalam keadaan baik. Tidak ada yang cedera, hanya sedikit lelah akibat perjalanan jauh, tapi mereka antusias berlatih. 

Baca Juga

“Cukup jauh perjalanan, mungkin total 16 jam, tetapi kami tiba di hotel Basra semuanya makan enak, setelahnya istirahat sejenak, nanti sore ada latihan, bersyukur bisa kembali ke timnas, ada game penting. Kita motivasi tinggi di laga nanti," tuturnya.

Irak bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan oleh Timnas Indonesia. Apalagi Skuat Garuda akan bermain di kandang lawan.

Namun bila Timnas Indonesia bisa menang atas Irak, maka ranking FIFA Skuat Garuda akan mengalami kenaikan yang signifikan. Berikut kami telah merangkum prediksi perhitungannya:

Baca Juga

1. Timnas Indonesia Bisa Kangkangi 7 Negara?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

Irak bukanlah lawan sembarangan bagi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka memiliki ranking FIFA jauh lebih baik dari Garuda.

Negara yang pernah meraih juara Piala Asia 2007 silam tersebut kini berada di pisisi ke-68 dunia Ranking FIFA. Berbeda dengan Indonesia yang masih di pisisi 145.

Baca Juga

Namun bila pasukan Shin Te-yong mampu meraih kemenangan, mereka bisa mendapatkan tambahan 18,59 poin.

Karena mendapat tambahan 18,58 poin, Timnas Indonesia bisa memiliki 1,088.41 poin di ranking FIFA. Bila tim-tim di atas Indonesia mengalami hasil negatif di FIFA Matchday November 2023, Garuda bisa naik tujuh peringkat, tepatnya dari posisi 145 ke 138 dunia.

Sebanyak tujuh negara yang berpotensi digeser Timnas Indonesia yakni Suriname, Ethiopia, Burundi, Turmenistan, Rwanda, Antigua and Barbuda serta Filipina.

Posisi Timnas Indonesia bisa benar-benar naik ke posisi 138 dunia atau lebih baik lagi, bila kembali menang saat bertemu Filipina pada Selasa, 21 November 2023 mendatang.

Shin Tae-yong mengaku sudah melakukan persiapan serius, salah satunya dengan menganalisis peta kekuatan Irak.

Selain itu, Shin Tae-yong sudah menggeber Rizky Ridho dan kolega dengan latihan. Sebab memang pelatih asal Korea Selatan ini ingin meraih angka dalam lawatannya ke markas Irak.

Shin tae-yong pun memiliki rasa optimistis besar bisa merengkuh target tersebut. Terlebih ini adalah laga perdana dan sangat memengaruhi laga selanjutnya bila sudah mengantongi kemenangan.

“Ini adalah pertandingan pertama putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Paling penting adalah mengunci kemenangan di laga melawan Irak,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

“Dengan begitu tentu hasilnya akan baik kedepannya,” tegas pelatih asal Korea Selatan ini.

“Tidak masalah nanti melawan Irak, memang peringkat FIFA mereka lebih baik dari Indonesia dan juga lawan berat bagi kita.”

“Apalagi kita datang sebagai tim tamu tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin dan akan membuat taktik yang bisa meredam mereka,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga
FIFAIrakTimnas IndonesiaPiala Dunia 2026Shin Tae-yong

Berita Terkini