x

Berkat Arkhan Kaka, Media Vietnam Akui Indonesia Bukan Tim Receh di Piala Dunia U-17

Selasa, 14 November 2023 12:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Arkhan Kaka ditempel ketat pemain Pamana U-17 Eric Diaz pada laga Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (13/11/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM – Striker Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka, disanjung setinggi langit oleh media Vietnam usai mencetak sejarah di Piala Dunia U-17 2023.

Media Vietnam bernama Soha penampilan Arkhan Kaka di Piala Dunia U-17 membuat Timnas Indonesia U-17 dianggap bukan lagi tim kaleng-kaleng.

“Kaka Bersinar, Indonesia bikin kejutan di Piala Dunia,” tulis Soha.

Baca Juga

Pasalnya, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Ekuador dan Panama, yang merupakan tim kuat di benua Amerika.

Ekuador merupakan runner-up Copa Amerika U-17 2023, sedangkan Panama juara ketiga CONCACAF U-17 2023.

Alih-alih mengkritik, Soha menyampaikan rasa bangga kepada Timnas Indonesia karena bisa mewakili Asia Tenggara dengan sangat baik di Piala Dunia U-17.

“Maka fakta bahwa Indonesia U17 berturut-turut bermain imbang dengan dua musuh besarnya bukanlah sebuah kejutan kecil di Piala Dunia U17 2023,” tulis Soha.

Baca Juga

“Ini juga menjadi sebuah kebanggaan, patut dipuji dan dijadikan pembelajaran bagi sepak bola pemuda Asia Tenggara!” lanjut media tersebut.

Ada pun Arkhan Kaka menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang menorehkan gol di Piala Dunia U-17 berkat dua gol dalam dua pertandingan pertama.

Dia mencetak gol pertama saat Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Ekuador pada matchday pertama Grup A pekan lalu.

Kemudian gol kedua dicetak Arkhan Kaka dalam laga imbang 1-1 Timnas Indonesia U-17 vs Panama pada Senin (13/11/23) kemarin.

Baca Juga

1. Arkhan Kaka Membuat Kejutan di Piala Dunia U-17 2023

Skuat Timnas Indonesia U-17 vs Panama (Foto: LOC WCU17/FAL)

Soha pun menganalisis jalannya pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 vs Panama. Di atas kertas, Panama memiliki kekuatan lebih unggul dari Indonesia.

“Pada menit-menit pertama pertandingan, sebagian besar bola bergulir di lapangan wakil Asia Tenggara Indonesia). Indonesia harus bertahan dari lawan namun hanya mampu bertahan hingga menit 45+3,” tulis Soha.

Baca Juga

Soha awalnya memprediksi, gol Panama yang dicetak oleh Oldemar Castillo ini bakal melemahkan mental bertanding para pemain Timnas Indonesia U-17.

Namun yang terjadi justru sebaliknya, Timnas Indonesia mampu bermain penuh determinasi di babak kedua sampai akhirnya Arkhan Kaka mencetak gol.

“Mereka (Timnas Indonesia U-17) menyamakan kedudukan pada menit 54. Usai tendangan bebas rekan setimnya, Kaka memilih posisi yang bagus dan menyundul bola ke gawang lawan,” tulis Soha.

Soha mengklaim gol yang dicetak Arkhan Kaka ini membangkitkan lagi semangat Timnas Indonesia U-17 melawan Panama.

Baca Juga

Beberapa peluang juga mampu dihasilkan pasukan Bima Sakti meski masih meleset dari sasaran. Laga pun berakhir imbang 1-1.

Dua kali hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat ketiga pada klasemen sementara Grup A Piala Dunia U-17 2023.

Timnas Indonesia U-17 memiliki peluang lolos ke babak 16 besar jika berhasil mengalahkan Maroko pada matchday ketiga yang akan digelar 16 November 2023.

Marokoa sendiri saat ini berada di peringkat kedua pada klasesemen, berkat raihan hasil 1 kali kemenangan atas Panama 2-0 tetapi kalah dari Ekuador dengan skor identik.

Baca Juga
EkuadorVietnamPanamaPiala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17Arkhan Kaka

Berita Terkini