x

Transformasi Anthony Elanga di Nottingham Forest, Man United Auto Menyesal!

Selasa, 14 November 2023 14:29 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dijamin menyesal setelah melihat kiprah apik mantan pemainnya, Anthony Elanga.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dijamin menyesal setelah melihat kiprah apik mantan pemainnya, Anthony Elanga.

Bersama klub barunya, Nottingham Forest, pemain berpaspor Swedia itu membuat Manchester United menyesal telah melepasnya pada musim panas 2023 kemarin.

Baca Juga

Penyesalan yang dirasakan mantan klubnya itu tak lepas dari penampilan apik Anthony Elanga di Liga Inggris musim 2023/2024 ini.

Total 12 penampilan telah dibuatnya bagi Nottingham di Liga Inggris 2023/2024 dengan menyumbangkan 2 gol dan 3 assist.

Catatan tersebut sejatinya tak apik-apik amat untuk pemain yang berposisi sebagai winger dan kerap menjadi starter bagi Nottingham.

Tapi ironisnya, catatan 2 gol dan 3 assist pemain berusia 21 tahun itu mengungguli seluruh winger yang ada di mantan klubnya, Manchester United.

Baca Juga

Di Liga Inggris musim ini, Elanga mengungguli barisan winger Man United seperti Marcus Rashford, Antony, Alejandro Garnacho, Jadon Sancho, dan Facundo Pellistri dalam hal gol dan assist.

Sebagai informasi kombinasi lima winger Man United itu baru mencetak total 1 gol dan 1 assist saja yang dicetak oleh Marcus Rashford.

Tak ayal, catatan Elanga ini seakan menjadi pembuktian dirinya sejatinya masih layak membela klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Apalagi ia dilepas untuk memberi tempat untuk para winger yang disebut-sebut lebih andal darinya tapi justru melempem di musim ini.

Di samping itu, catatan itu menjadi bukti transformasi Elanga yang sempat disia-siakan Man United dan kini bersinar di klub lainnya.

Lalu seperti apa transformasi yang ditunjukkan seorang Anthony Elanga sehingga diyakini membuat Man United menyesal telah melepasnya?

Baca Juga

1. Berpotensi Jadi Winger Top

Anthony Elanga saat mencetak gol buat Nottingham Forest ke gawang Chelsea REUTERS-Tony Obrien

Saat masih berseragam Manchester United, Anthony Elanga kerap dipasang sebagai winger kanan baik di era Ole Gunnar Solskjaer dan Ralf Rangnick.

Tapi Man United tampak tak bersabar dengannya meski Elanga masih berusia muda dan menggantikannya dengan Antony yang diboyong dengan harga 95 juta euro.

Baca Juga

Kedatangan Antony itu membuat Elanga jarang mendapat kesempatan bermain dari Erik ten Hag, sehingga dirinya dilepas ke Nottingham pada musim panas 2023.

Sejak bergabung Nottingham, Elanga seakan mendapat kesempatan untuk membuktikan kapasitasnya yang telah lama digaung-gaungkan sejak berada di akademi Man United.

Dan sejauh ini, ia berhasil membuktikannya. Hal ini terbukti dari catatan Elanga selama membela Nottingham di Liga Inggris 2023/2024 ini.

Sebagai winger, Elanga punya cattaan 0,23 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dari total 2,81 tembakan yang dibuatnya per 90 menit.

Baca Juga

Selain itu, ia mampu membuat 0,35 assist per 90 menit dengan rataan 3,04 Shot-Creating Actions (SCA) yang membuktikan kapasitasnya sebagai winger kreatif.

Ia pun punya rataan apik yakni 5,03 dribel per 90 menit dengan kesuksesan melewati lawan sebanyak 1,87 kali per 90 menit.

Tak hanya andal menyerang, Elanga juga rajin bertahan dengan rataan 1,29 tekel+intersep, 1,17 blok, dan 0,82 sapuan per 90 menit.

Dengan melempemnya barisan winger di Man United, Elanga seakan membuktikan diri bahwa dirinya sejatinya masih layak dan berhasil membuat sang mantan menyesal.

Baca Juga
Manchester UnitedNottingham ForestIn Depth SportsLiga InggrisAnthony ElangaIndepth

Berita Terkini