x

Bedah Formasi Manchester United Bersama Luka Modric: Tiru Era Emas Real Madrid?

Jumat, 17 November 2023 05:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Luka Modric dari Kroasia melambaikan tangan kepada para suporter usai pertandingan saat Kroasia tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Intip potensi formasi yang bakal dipakai Manchester United andai resmi mendatangkan Luka Modric pada bursa transfer mendatang. Bisa tembus papan atas Liga Inggris?

Saat dibukanya bursa transfer musim dingin Januari nanti, Manchester United diprediksi bakal cukup sibuk dengan coba mendatangkan beberapa pemain baru.

Baca Juga

Berkaca dari performa sepanjang paruh pertama musim ini, Manchester United memang butuh beberapa amunisi tambahan untuk memperbaiki penampilan mereka.

Melansir dari laporan Fichajes, kabarnya Manchester United sedang mencari opsi untuk mendatangkan gelandang veteran milik Real Madrid kebangsaan Kroasia, Luka Modric.

Meski sudah berusia 38 tahun, namun pengalaman serta jiwa kepemimpinan Luka Modric diprediksi bisa membuat ruang ganti Setan Merah lebih bergairah.

Apalagi Luka Modric pernah rasakan kerasnya kompetisi Liga Inggris bersama Tottenham, sehingga tak perlu waktu lama buat sang gelandang untuk beradaptasi.

Baca Juga

Peluang Manchester United mendapatkan tanda tangan Luka Modric terbilang cukup besar, lantaran musim ini ia sudah jarang diturunkan Carlo Ancelotti.

Total hingga pekan ke-13 Liga Spanyol, jebolan Dinamo Zagreb tersebut hanya empat kali starting dan catatkan durasi main selama 435 menit.

Andai berhasil memboyong Luka Modric, maka Manchester United bisa membuat miniatur skuat Real Madrid musim ini.

Pasalnya, sebelum Modric sudah ada beberapa eks Los Blancos yang lebih dulu didatangkan The Red Devils ke Liga Inggris.

Lantas jika benar sukses merekrut Luka Modric, bakal seperti apakah formasi yang diterapkan Manchester United? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT mengulas:

Baca Juga

1. Manchester United Rasa Real Madrid

Aksi Casemiro di laga Manchester United v Galatasaray. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Jika melihat dari beberapa laga terakhir yang dijalani Manchester United musim ini, pelatih Erik ten Hag lebih sering menggunakan taktik 4-2-3-1 yang berbeda dengan 4-3-3 milik Real Madrid.

Meski begitu, peran lini tengah Manchester United ala Erik ten Hag dan Real Madrid milik Ancelotti tidak terlalu beda jauh.

Baca Juga

Kedua taktik ini sama-sama menggunakan sosok regista atau deep-lying playmaker, plus ditopang gelandang serang sebagai penyambung lini tengah dan lini serang.

Dalam formasi 4-2-3-1 ala Erik ten Hag nanti, kuartet pertahanan Manchester United bakal cocok jika diisi Luke Shaw, Lisandro Martinez, Raphael Varane dan Aaron Wan-Bissaka.

Lisandro Martinez dan eks Real Madrid, Raphael Varane akan jadi tembok kokoh di posisi central defender. Sedangkan Luke Shaw dan Wan-Bissaka beroperasi sebagai bek sayap.

Keempat bek tersebut akan membantu tugas Andre Onana sebagai orang terakhir di pertahanan Manchester United alias penjaga gawang.

Baca Juga

Kemudian di lini tengah, cita rasa Real Madrid akan kental terasa di mana Casemiro bakal jadi tandem eks partnernya di Santiago Bernabeu, Luka Modric.

Sama-sama berposisi sebagai regista, dua gelandang berpengalaman tersebut berfungsi sebagai metronom serta penyeimbang permainan.

Dengan ketambahan Luka Modric yang punya akurasi umpan mumpuni dan visi bermain baik, alur bola Manchester United ke lini depan nanti dipastikan bakal sangat lancar.

Sebagai pelengkap adan Bruno Fernandes yang menempati posisi gelandang serang atau trequartista di belakang striker utama.

Baca Juga

2. Bruno Fernandes Bakal Bersinar

Bruno Fernandes memprotes wasit Marco Guida usai Scott McTominay mendapat kartu kuning pada laga Liga Champions. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Di posisi tersebut, Bruno Fernandes diprediksi kembali bersinar lantaran lebih sering memegang bola dan melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan.

Untuk membantu penyerangan, ada dua winger yang bisa beroperasi di sisi lapangan dan lepaskan crossing buat goal getter.

Pada posisi ini, duet Marcus Rashford di sebelah kiri serta Antony yang berada di sisi kanan bakal jadi duet sempurna.

Dengan suplai bola dari Luka Modric, maka Marcus Rashford berpotensi mengulang statistik apiknya musim lalu dan jadi lumbung gol Manchester United.

Terakhir untuk melengkapi trio lini depan, ada Rasmus Hoglund yang akan ditempatkan sebagai target man atau finisher kotak 16 lawan.

Berbekal crossing-crossing dari sisi sayap plus through pass second line, membuat Rasmus Hoglund berpotensi besar jadi monster gol buat Manchester United.

Perkiraan Formasi Manchester United Bersama Luka Modric
Man United XI (4-2-3-1):
Andre Onana; Luke Shaw, Lisandro Martinez, Raphael Varane, Aaron Wan-Bissaka; Casemiro, Luka Modric; Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Antony; Rasmus Hojlund.

Bursa TransferManchester UnitedLuka ModricLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini