x

Irak Kena Musibah Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia Full Senyum

Kamis, 16 November 2023 17:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Selebrasi Timnas Irak. Skuat besutan Jesus Casas akan hadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (16/11/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Timnas Irak terkena musibah jelang menghadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F, lantaran ada pro-kontra terkait pemanggilan pemain.

Irak sudah mengumumkan daftar 25 pemain untuk melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan lawan pertama mereka adalah Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Baca Juga

Namun, di antara 25 nama yang sudah dirilis, ada beberapa nama pemain unggulan yang tidak masuk skuat, seakan ada sentimen pribadi dari pelatih Jesus Casas.

Salah satu pemain unggulan yang tidak masuk ke skuat adalah Mohanad Abdul-Rahim. Maka dari itu, absennya sang pemain menuai kontroversi di internal Irak sendiri.

Mohanad Abdul Rahim adalah pemain pilar Timnas Irak dalam beberapa tahun terakhir. Tapi sejak kepelatihan diambil alih Casas, ia tidak pernah memanggil sang striker.

Keputusan ini membuat eks pelatih Irak U-23, Hassan Kamal berang pada Jesus Casas. Sebab, striker yang dipanggil justru tidak lebih baik dari Mohanad Abdul-Rahim.

Baca Juga

"Daftar ini mencakup pemain yang tidak pantas berada di sana," blak-blakan Hassan Kamal kepada media Winwin.

"Ada banyak pemain yang telah diberikan banyak peluang di tim Irak, tetapi mereka belum memberikan kontribusi apa pun."

"Saya tidak mengerti mengapa nama-nama ini terus dipercaya. Itu tidak baik untuk Irak. Jesus Casas telah memanggil sejumlah pemain yang tidak memenuhi syarat untuk mewakili Timnas."

"Saya tidak mengerti mengapa dia terus mengabaikan Mohanad Abdul-Rahim. Dia memiliki level yang lebih unggul jika dibandingkan dengan banyak pemain di tim Irak," imbuhnya.

Baca Juga

1. Jesus Casas Sindir Timnas Indonesia

Timnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Irak dengan pelatih Shin Tae-yong, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org)

Selain Mohanad Abdul-Rahim, lima pemain langganan Timnas Irak juga tak dipanggil pelatih Jesus Casas di Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Timnas Indonesia.

Dilansir dari Winwin, mereka yang harus absen adalah Zidane Iqbal, Hammoud Mashaan, Ahmed Farhan, Mohamed Hameed, serta Andre Alsanati yang kehilangan tempat di tim.

Baca Juga

Bahkan, media Irak sempat mengkhawatirkan kekuatan mereka jelang laga melawan Timnas Indonesia dan Vietnam, meskipun berstatus sebagai tuan rumah.

Jika melihat ranking FIFA, Irak memang lebih unggul di peringkat 68, Vietnam di peringkat 94, lalu Filipina di peringkat 138, dan Timnas Indonesia di peringkat 145 dunia.

Namun, jelang laga melawan Timnas Indonesia pada Kamis (16/11/23) malam, Jesus Casas sesumbar jika mereka akan melucuti skuat Garuda yang dipimpin Shin Tae-yong.

Pelatih asal Spanyol itu juga menyindir Timnas Indonesia yang dianggap terlalu bergantung pada pemain keturunan.

Baca Juga

"Irak dan Indonesia mempunyai karakteristik yang serupa. Yang paling menonjol adalah mereka mempunyai pemain di Eropa, dan performa mereka meningkat belakangan ini."

"Saya tidak menjanjikan apa-apa karena masalahnya tidak berhenti di saya. Kecuali dengan kerja keras. Kami kerja keras untuk mencapai target kami," ucap Jesus Casas.

"Indonesia mengalami ketergantungan pada pemain yang berkarier di Eropa dan luar negeri, untuk memberi dampak positif dalam permainan," imbuhnya.

Menarik untuk menantikan laga Irak vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (16/11/23). Apakah Jesus Casas mampu menaklukkan Garuda meski tanpa pemain bintangnya?

Baca Juga
IrakTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini