x

Bedah Kualitas Artem Dovbyk, Monster Gol Ukraina yang Bakal Dibeli Inter Milan

Jumat, 17 November 2023 10:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Artem Dovbyk, pemain Girona FC. (Foto: gironafc)

INDOSPORT.COM - Melihat potensi dan kualitas dari Artem Dovbyk, penerus Shevchenko dan monster gol asal Ukraina yang bakal didatangkan Inter Milan pada bursa transfer Liga Italia mendatang.

Melansir dari laman FC Inter News, nama penyerang milik Girona itu menarik atensi Inter Milan seiring penampilan apiknya musim ini.

Baca Juga

Sejak bergabung klub berjuluk Gironistes itu pada musim panas 2023 kemarin, Artem Dovbyk mampu mencetak total 7 gol dari 13 pertandingan.

Berkat sumbangsihnya itu, Girona berhasil menjadi menduduki puncak klasemen Liga Spanyol 2023/2024 mengangkangi Real Madrid dan Barcelona.

Performanya yang gemilang berhasil menarik atensi Intern yang membutuhkan suntikan tambahan untuk lini serangnya di sisa musim ini.

Tim berjuluk Nerazzurri itu membutuhkan penyerang baru meski telah memiliki Marcus Thuram dan Lautaro Martinez yang tengah moncer.

Baca Juga

Nantinya, Dovbyk diproyeksikan untuk menggantikan Marko Arnautovic yang justru lebih banyak dibekap cedera sejak bergabung pada musim panas 2023 kemarin.

Andai Dovbyk bergabung, maka Inter kabarnya akan mengembalikan Arnautovic ke Bologna mengingat statusnya sebagai pemain pinjaman.

Selama paruh musim Liga Italia musim ini, Marko Arnautovic memang minim kontribusi bahkan lebih sering absen akibat cedera.

Tak heran jika kehadiran Artem Dovbyk bakal jadi angin segar buat lini depan Inter Milan. Jelang resmi bergabung, lantas seperti apakah kualitas dan rekam jejak Artem Dovbyk tersebut? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT mengulas:

Baca Juga

1. Profil Artem Dovbyk

Artem Dovbyk, pemain Girona FC. (Foto: gironafc)

Artem Dovbyk merupakan pesepak bola asal Ukraina yang lahir di kota Cherkasy pada tanggal 21 Juni tahun 1997 silam.

Sebelum bersinar bersama Girona, karier Artem Dovbyk lebih dulu dihabiskan bersama sejumlah tim lokal Ukraina.

Baca Juga

Tercatat sejak debut di tim senior pada tahun 2014 silam, Artem Dovbyk langsung menjelma sebagai predator mematikan di kotak penalti lawan pada gelaran Ukrainian Premier League.

Ketika usianya masih 19 tahun, Artem Dovbyk sukses cetak 6 gol dari total 23 pertandingan buat Dnipro. Statistik tersebut membuatnya dilirik raksasa Liga Denmark, Midtjylland dan resmi med rekrut nye musik 17/18.

Akan tetapi, debut Artem Dovbyk di luar Ukraina tak berjalan mulus dan hanya bisa cetak satu gol dari total 22 pertandingan selama tiga musim bersama Midtjylland.

Pada musim 20/21, Artem Dovbyk kembali ke negara asalnya dan memperkuat Dnipro-1. Bersama klub ini, akhirnya potensi Dovbyk terasah lagi dan terus membuka kran golnya.

Baca Juga

Di musim debutnya saat comeback ke Ukraina, catatan gol Dovbyk terbilang apik yakni 10 gol dari total 27 pertandingan di semua ajang.

Statistik tersebut semakin berkembang tiap musim. Di tahun berikutnya, Artem Dovbyk ian menggila dengan 14 gol dan menyabet gelar top skor Liga Ukraina.

Kemudian di musim 22/23, Artem Dovbyk sukses lesakkan 29 gol dari total 39 pertandingan di semua ajang buat Dnipro-1.

Pencapaian apik itu akhirnya membuat Girona kepincut mendatangkannya dan rela membayar 7 juta euro buat membawa Artem Dovbyk dari Dnipro-1.

Baca Juga

2. Statistik Artem Dovbyk Bersama Girona

Selebrasi Lautaro Martinez bersama Marcus Thuram dan Alessandro Bastoni di laga Inter Milan vs Fiorentina (03/09/23). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Melansir dari data Sofascore, diketahui bahwa Artem Dovbyk merupakan tipikal striker yang bertipe finisher terutama saat menyambar umpan-umpan lambung.

Meski posturnya hanya 189 cm, namun Artem Dovbyk punya duel udara yang baik dan dibuktikan dengan torehan tiga gol via header musim ini.

Selain itu, Artem Dovbyk juga striker oportunis yang sering memaksimalkan peluang sekecil apapun untuk menjadi gol.

Tercatat sepanjang musim 23/24, Artem Dovbyk punya rataan shots per game sebanyak 2.7. Hanya beda tipis dari top skor Inter Milan, Lautaro Martinez sebesar 3.3.

Tak cuma sisi menyerang, Artem Dovbyk juga punya kemampuan passing serta visi bermain tinggi yang sangat sesuai dengan skema permainan Inzaghi.

Dibalik torehan 7 gol miliknya musim ini, ternyata Artem Dovbyk juga mampu menyumbang 4 assist buat Girona di La Liga. 

Jumlah tersebut jauh lebih baik ketimbang Lautaro Martinez yang baru berikan satu assists buat Inter Milan di Serie A.

Berbekal catatan tersebut, Artem Dovbyk bakal sangat cocok sebagai pelapis atau tandem dari Lautaro Martinez buat mempertajam lini depan Inter Milan.

Bursa TransferInter MilanLiga ItaliaBerita TransferArtem Dovbyk

Berita Terkini