x

Gelandang Kolombia Tertantang Selamatkan Arema FC dari Jurang Degradasi Liga 1

Sabtu, 18 November 2023 13:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Julian Guevara debut dalam uji coba Arema FC melawan Persema. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Julian Guevara langsung mengutarakan tekadnya selepas diperkenalkan sebagai pemain baru Arema FC pada bursa transfer Liga 1 Indonesia periode kedua November 2023.

Gelandang berkebangsaan Kolombia ini tampak paham betul maksud tim berjulukan Singo Edan saat memboyongnnya dari kompetisi Amerika Selatan.

Baca Juga

Pasalnya, Arema FC tengah berupaya keras untuk lolos dari jeratan degradasi lantaran masih terbenam di urutan ke-16 klasemen Liga 1 2023/24 dengan perolehan 18 poin.

Masih ada 15 laga putaran kedua yang bisa diperjuangkan untuk menggeser Persita Tangerang (19 poin), PSS Sleman (20), hingga Persebaya Surabaya (22).

"Sebisa mungkin saya akan beri kemampuan terbaik untuk klub, kota dan suporter," ucap pemilik nama lengkap Sneyder Julian Guevara Munoz itu, Kamis (16/11/23).

Baginya, berkiprah di kompetisi Indonesia adalah pertama kali dalam kariernya. Pengalaman ini juga pertama kalinya dia menjajal sepak bola Asia.

Baca Juga

Karier Guevara memang banyak berkutat di Kolombia. Sebelum ke Arema FC, dia membela Jaguares De Cordoba dengan mencatat 38 caps sepanjang 2023.

Sebelumnya, Julian Guevara memperkuat America de Cali (2019), Deportivo Pasto (2020), Delfin (2021), dan Alianza Petrolera (2022).

Namun, dia juga sempat mengenyam pengalaman bagus di Eropa, khususnya Liga Finlandia. Guevara pernah bermain untuk PS Kemi Kings (2017) dan Inter Turku (2018).

"Sangat senang berada di klub ini. Inilah kesempatan dan pengalaman pertama bagi saya (berkarier di sepak bola Asia dan Indonesia)," tutur Guevara.

Baca Juga

Langsung Debut

Julian Guevara pun langsung mendapatkan kesempatan untuk menjalani debut mengenakan jersey Arema FC dalam program uji coba pekan ini.

Dia diturunkan Fernando Valente pada 45 menit kedua, dalam kemenangan telak 7-0 atas tim kontestan Liga 3, Persema Malang, Jumat (17/11/23).

Dalam laga itu, Valente tampak langsung menjajal kualitas Guevara sebagai gelandang bertahan. Sementara Charles Raphael ditarik lebih ke belakang sebagai bek.

"Ada banyak opsi (pemain asing). Bisa satu di tengah dan belakang, atau bahkan dua-duanya di belakang," kata pelatih Arema FC asal Portugal tersebut.

Baca Juga

Muhammad Rafli memborong tiga dari tujuh gol kemenangan Arema FC sore kemarin, sedangkan empat gol lain dibagi rata oleh pemain berbeda.

Flabio Soares mengawali pesta gol ke gawang Persema, disusul lesakan Charles Lokoli Ngoy, Dedik Setiawan dan Ariel Lucero.

Laga uji coba itu sekaligus menjadi simulasi bagaimana Arema FC akan menjalani jadwal penting saat menjamu Persik Kediri dalam Derby Jawa Timur.

Kedua tim akan bertemu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (27/11/23). Julian Guevara pun direncanakan debut pada laga itu.

Baca Juga
KolombiaPersema MalangArema FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini