x

Sudah Dipaksa Nombok Glazer, Kehadiran Ratcliffe di Man United Masih Tak Jelas

Sabtu, 18 November 2023 12:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sir Jim Ratcliffe dianggap masih mengecewakan penggemar klub Liga Inggris, Manchester United, menyusul biaya akuisisi terbaru yang disepakati dengan Glazer. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

INDOSPORT.COM – Sir Jim Ratcliffe dianggap masih mengecewakan penggemar klub Liga Inggris, Manchester United, menyusul biaya akuisisi terbaru yang disepakati dengan Keluarga Glazer.

Kepastian Sir Jim Ratcliffe membeli 25 persen saham klub Liga Inggris Manchester United semakin dekat, dengan bos INEOS itu menyetujui harga saham yang harus dibayar.

Baca Juga

Menurut Mark Kleinman dari Sky News, bos INEOS itu bersedia membayar senilai 33 dolar per saham dengan total Rp1,3 miliar pounds kepada Keluarga Glazer.

Kesepakatan ini dicapai setelah melalui negosiasi selama berbulan-bulan antara pihak INEOS dan Raine Bank yang ditunjuk Keluarga Glazer mengurusi akuisisi klub.

Harga 33 dolar per saham tersebut termasuk Sir Jim Racliffe terpaksa nombok alias dirinya harus membayar premi 75 persen terhadap harga penutupan Bursa Efek New York.

Dipahami, per Kamis (16/11/23), Bursa Efek New York membanderol harga saham Manchester United sebesar 18,43 dolar per saham dan memberikan klub kapitalisasi pasar senilai 3,04 miliar dolar.

Baca Juga

Menurut salah satu sumber kepada Kleinman, kesepakatan tersebut akan diumumkan secepatnya pada hari Senin, tetapi juga bisa ditunda beberapa hari lagi.

Meski demikian, ratifikasi dari pihak Premier League bisa memakan waktu antara enam hingga delapan pekan setelah kesepakatan terjadi.

Dengan kesepakatan ini, Sir Jim Ratcliffe dianggap hanya salah satu pemegang saham minoritas Manchester United. Hal ini jelas sebuah fakta mengecewakan bagi penggemar.

Sebab, Keluarga Glazer kemungkinan akan tetap bertahan, bahkan jika Ratcliffe mendapatkan hak kendali atas operasional sepak bola klub.

Baca Juga

1. Sir Jim Ratcliffe Rogoh Dana Renovasi Old Trafford

Sir Jim Ratcliffe saat menghadiri laga OGC Nice vs FC Basel (21/04/23). (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

Padahal penggemar berharap terhadap calon pemilik baru bisa mengusir Keluarga Glazer dari Man United dan dilakukan perombakan klub besar-besaran.

Selain berinvestasi 1,3 miliar pounds, Sir Jim Ratcliffe juga menjanjikan tambahan biaya 245 juta pounds dari kantongnya sendiri untuk Manchester United.

Baca Juga

Dana tersebut akan digunakan untuk peningkatan infrastruktur di Old Trafford dan tempat latihan klub di Carrington, tapi tidak termasuk peningkatan skuad tim utama.

Tanda lain dari kedatangan investor baru bernama Sir Jim Ratcliffe dibuktikan dengan laporan Richard Arnold resmi meninggalkan jabatan sebagai CEO klub.

Arnold untuk sementara digantikan oleh Patrick Stewart, dengan Jean-Claude Blanc termasuk di antara nama kandidat yang akan mengisi peran itu secara permanen.

Sebelum Sir Jim Ratcliffe sepakat membela 25 persen saham Manchester United, klub Liga Inggris itu malah mendapat investor baru.

Baca Juga

Sosok yang dimaksudkan mendahului dirinya adalah mantan manajer Hedge Fund, Leon Cooperman.

Dilansir dari Forbes, Leon Cooperman telah membeli 'secuil' saham Manchester United dengan nilai jutaan dolar.

Kisaran nilai yang dikeluarkan Leon Cooperman untuk membeli saham Manchester United adalah sekitar 17,5 juta dolar AS.

Mahar yang ditaksir setara Rp271,3 miliar tersebut telah disetujui sebelum penjualan sebagian saham Manchester United ditutup pada Selasa (14/11/23).

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisSir Jim RatcliffeKeluarga Glazer

Berita Terkini