x

Kali Terakhir Kali Man City Degradasi di Liga Inggris: Setan Merah Masih Berjaya

Minggu, 19 November 2023 05:48 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne, Jack Grealish dan Erling Haaland terlihat sedih saat timnya kalah dengan adu penalti di laga Community Shield Manchester City vs Arsenal (06/08/23). (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

INDOSPORT.COM - Intip kembali momen yang terjadi di sejumlah kompetisi Eropa saat Manchester City terakhir kali terdegradasi dari kasta teratas Liga Inggris.

Dilansir sejumlah media Inggris, dalam beberapa waktu terakhir isu soal degradasinya Manchester City dari Liga Inggris memang sedang santer terdengar.

Baca Juga

Menurut laporan The Times, Manchester City berpotensi mendapat hukuman pengurangan 30 poin hingga turun ke kasta kedua Liga Inggris akibat melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP).

Sebelum Manchester City, klub Liga Inggris lain yakni Everton sudah lebih dulu mendapatkan sanksi pengurangan 10 poin akibat pelanggaran FFP.

Sanksi yang dijatuhkan ke Everton adalah untuk satu kali pelanggaran peraturan Liga Inggris, sementara Manchester City telah didakwa dengan 115 dugaan pelanggaran.

Jika Everton saja mendapat sanksi berat berupa pengurangan 10 poin, maka Man City mungkin saja akan kehilangan 30 poin, atau bahkan langsung degradasi ke kasta kedua.

Baca Juga

Daily Mail mengunggah cuitan seorang pengacara yang juga pernah jadi penasihat keuangan Manchester City, Stefan Bourson, soal kemungkinan The Citizens akan terdegradasi.

"Tanpa melihat pengurangan 10 poin untuk Everton, bagi saya hukuman itu terasa berat," ungkap Stefan Borson.

"Tetapi sanksi terhadap Man City (jika terbukti) akan berpotensi menyebabkan tim degradasi," tambahnya.

Dalam sejarahnya, Manchester City bukan tak pernah turun ke kasta kedua Liga Inggris. Tercatat, terakhir kali tim yang bermarkas di Etihad Stadium ini degradasi terjadi pada tahun 2000 silam.

Pada momen Manchester City terdegradasi tersebut, cukup banyak kejadian unik dan menarik yang terjadi di sepanjang kompetisi top Eropa.

Baca Juga

1. Manchester United Juara

Manchester United juara Liga Primer Inggris musim 2002/03

Momen pertama adalah gelar juara yang diraih Manchester United. Pada tahun 2000-an lalu, kekuatan The Red Devils memang jauh lebih superior ketimbang Manchester City.

Bahkan saat Manchester City terdegradasi usai finish di peringkat 18, sang rival sekota justru berhasil meraih gelar juara Liga Inggris ke-14 atau trofi Premier League ke-7 dalam sejarah.

Baca Juga

Di musim 00/01 tersebut, Manchester City hanya bisa raih 8 kemenangan dan menelan 20 kekalahan dari total 38 laga.

Pada musim tersebut juga, Manchester City sempat rasakan enam kekalahan beruntun di Premier League termasuk saat bertemu Ipswich Town, tim yang sekarang diperkuat Elkan Baggott.

Menariknya lagi, saat terakhir kali Manchester City terdegradasi, dua nama bintang yang sekarang jadi kiblat pesepakbola dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sama-sama belum jalani debut.

Cristiano Ronaldo bahkan belum direkrut Manchester United dan masih bermain di tim akademi Sporting Lisbon. Sedangkan Lionel Messi masih menimba ilmu di akademi La Masia.

Baca Juga

Selain di Liga Inggris, momen menarik saat Manchester City terdegradasi juga terjadi di sejumlah kompetisi top Eropa.

Seperti di Liga Spanyol, pada saat itu La Liga dibuat heboh dengan saga transfer fenomenal saat Real Madrid memboyong Luis Figo dari Barcelona.

Barcelona di masa itu juga masih diperkuat sejumlah bintang, seperti Patrick Kluivert, Rivaldo, Luis Enrique bahkan pelatih Manchester City sekarang, Pep Guardiola yang menjabat sebagai kapten.

Sayangnya meski punya banyak bintang, Barcelona hanya bisa finish di peringkat empat klasemen dan kalah saing dari Deportivo La Coruna dan Mallorca.

Baca Juga
Manchester CityFinancial Fair PlayLiga Inggris

Berita Terkini