x

Adu Statistik Akor Adams vs Jonathan David: Mesin Gol Idaman AC Milan di Bursa Transfer

Senin, 20 November 2023 07:34 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Stefano AC Milan, Pioli dan penyerang Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Intip perbandingan statistik dari Akor Adams dan Jonathan David, para mesin gol di kompetisi Eropa yang jadi incaran serius AC Milan pada bursa transfer Liga Italia mendatang.

AC Milan memang belum lama dikaitkan dengan striker Montpellier, Akor Adams. Padahal, Jonathan David dari Lille lebih dulu masuk ke radar mereka.

Baca Juga

Melansir dari laman Tuttosport, disebutkan bahwa Adams menjadi prioritas utama Milan pada bursa transfer Januari 2024 mendatang.

"Akor Adams menjadi yang terdepan untuk memperkuat serangan. Gimenez dan Guirassy hanya menjadi alternatif," tulis akun X Milan Posts, mengutip Tuttosport.

Lalu, bagaimana dengan Jonathan David? Kabar terbaru dari Sempre Milan menyebutkan bahwa Rossoneri ingin mendatangkannya sebagai pinjaman pada Januari.

Meski demikian, AC Milan dengan pihak Lille belum melakukan diskusi terkait rencana pinjaman tersebut.

Baca Juga

Namun yang pasti, AC Milan bakal mudah mendapatkan Jonathan David kalau mereka telah mendapat lampu hijau buat meminjam sang striker.

Sehingga, bukan tidak mungkin mereka bakal mendatangkan dua striker sekaligus pada Januari 2024, yakni Adams secara permanen dan David secara pinjaman.

Jika melihat dari statistik penampilan kedua striker di atas, baik Akor Adams maupun Jonathan David sama-sama punya kelebihan yang bakal membuat AC Milan bisa merajai Liga Italia.

Lantas jika kedua striker tersebut berhasil didatangkan, manakah yang lebih cocok untuk mengisi barisan lini serang utama AC Milan? Berikut ulasannya:

Baca Juga

1. Beda Tipikal Akor Adams dan Jonathan David

Bomber Montpellier, Akor Adams.

Melansir dari data Sofascore, diketahui bahwa Akor Adams dan Jonathan David sama-sama punya statistik menyerang yang mumpuni.

Sepanjang musim ini, Akor Adams sedikit lebih unggul ketimbang Jonathan David dalam perihal gol di Liga Prancis. Di mana pemain asal Nigeria itu mampu mencetak 7 gol, sementara David cuma dua gol.

Baca Juga

Statistik Sofascore menyebut jika Akor Adams merupakan tipikal striker yang oportunis, alias memaksimalkan sekecil apapun peluang menjadi gol.

Tercatat, sepanjang musim ini Akor Adams mampu lepaskan 2,5 kali shots per game serta ciptakan 1,4 kali shots on target per game.

Angka tersebut mengungguli striker utama AC Milan, Olivier Giroud yang hanya membuat 1,8 shots per game dan 1, 2 shots on target per game. Atau Jonathan David yang catatkan 1,9 shots dan 1,1 shots on target.

Secara rata-rata, Akor Adams punya tingkat goal conversion atau peluang untuk mengkonversi kesempatan menjadi gol sebesar 26%.

Baca Juga

Meski Akor Adams punya kemampuan finishing lebih baik, namun Jonathan David lebih unggul dalam hal penetrasi atau melakukan dribble ke kotak penalti lawan.

Masih dari data Sofascore, diketahui bahwa Jonathan David punya persentase dribble sukses mencapai 62%, serta angka menang duel 1v1 sebesar 46%.

Angka tersebut jauh lebih tinggi ketimbang Akor Adams yang hanya catatkan 37% dribble sukses, atau Olivier Giroud yang cuma 50%.

Berkaca dari statistik di atas, bisa disimpulkan bahwa Jonathan David merupakan tipikal Deep Lying Forward atau striker yang biasa turun ke bawah untuk menjemput bola dan melakukan dribbling ke pertahanan lawan.

Berbanding terbalik dengan Akor Adams yang merupakan finisher dan goal getter sejati. Pergerakannya sedikit minim namun bisa memaksimalkan setiap peluang yang ada.

Baca Juga

2. Striker yang Lebih Cocok Buat AC Milan

Pemain Kanada Jonathan David saat laga melawan Maroko. (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Jika melihat dari gaya bermain Pioli musim ini, sang pelatih lebih suka memainkan striker target man yang bertugas sebagai pemantul agar second line bisa turut berikan tekanan.

Tipikal striker tersebut ada dalam diri Jonathan David yang biasa menahan bola lebih lama dan melakukan dribble dari area half back.

Namun bukan berarti Akor Adams tak cocok buat AC Milan, justru ketajaman dan insting gol sang striker sangat dibutuhkan saat tim sedang dalam kondisi deadlock.

Berbekal kemampuan finishing yang apik, Pioli hanya tinggal menginstruksikan para winger dan gelandang untuk kirimkan umpan ke kotak penalti dan berharap Akor Adams bisa memaksimalkannya menjadi gol.

Oleh sebab itu, baik Akor Adams maupun Jonathan David sama-sama tipikal striker yang cocok buat AC Milan, namun jika harus memilih satu maka Jonathan David sedikit lebih diunggulkan.

Bursa TransferAC MilanLiga ItaliaBerita TransferJonathan DavidAkor Adams

Berita Terkini