x

Bedah Kualitas Raphinha, Bisakah Gantikan Peran Mo Salah di Liverpool?

Senin, 20 November 2023 13:18 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, meneruskan pencariannya untuk mendapat pengganti Mohamed Salah dengan menyasar nama Raphinha.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, meneruskan pencariannya untuk mendapat pengganti Mohamed Salah dengan menyasar nama Raphinha.

Winger milik Barcelona itu menjadi target terbaru Liverpool menyusul adanya potensi Mo Salah angkat kaki di akhir musim ini.

Baca Juga

Sebagai informasi, Mo Salah menjadi target klub Arab Saudi. Sehingga, Raphinha dinilai bisa menjadi salah satu opsi untuk menggantikannya.

Kemungkinan Mo Salah hijrah ke Arab Saudi pun terbuka lebar di akhir musim nanti, mengingat kontraknya hanya akan menyisakan satu tahun saja.

Dengan kontrak tersisa setahun, Liverpool jelas tak ingin berjudi dan siap melepas penyerang asal Mesir itu jika ada tawaran masif dari Arab Saudi.

Alhasil untuk berjaga-jaga, klub berjuluk The Reds itu pun mulai mencari pengganti sepadan bagi Mo Salah di Januari 2024 mendatang.

Baca Juga

Alasan untuk mencarinya di Januari 2024 pun tak lepas dari ketakutan Liverpool jika nantinya setiap klub meminta mahar besar untuk pemainnya.

Jika Liverpool memilih mencari pengganti Mo Salah di akhir musim, maka semua klub akan mengetahui The Reds punya uang besar dari hasil penjualannya.

Karenanya, Liverpool akan mencari pengganti di Januari yang punya harga lebih miring. Sehingga nama Raphinha menjadi salah satu nama yang dibidik.

Apalagi winger berusia 26 tahun itu tengah mendapati ketidakjelasan di Barcelona usai namanya mulai tersisih dari Starting Line Up.

Bahkan beredar kabar Barcelona ingin melepasnya dengan harga yang sama saat memboyongnya dari Leeds United, yakni sekitar 65 juta euro.

Tapi apakah Raphinha akan jadi pilihan tepat bagi Liverpool untuk menjadi pengganti Mohamed Salah musim depan?

Baca Juga

1. Cocok dengan Gegenpressing

Pemain Barcelona, Raphinha lakukan aksi terbang hindari bentrok dengan pemain Real Sociedad, Alex Remiro. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Jika mencari pengganti Mo Salah, maka Liverpool membutuhkan pemain yang bisa menjadi penyumbang gol dan juga assist bagi timnya.

Banyak yang mengira Raphinha tak bisa melakukan itu. Tapi faktanya, winger Barcelona itu punya catatan yang hampir identik dengan Mo Salah, dan bahkan lebih unggul.

Baca Juga

Soal gol, Raphinha rata-rata mampu membuat 0,35 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dari total 3,45 tembakan yang dbuatnya.

Lalu soal assist, ia mampu membuat 0,31 assist per 90 menit dan rata-rata membuat 4,41 Shot-Creating Actions (SCA) yang jadi bukti kreativitasnya di atas lapangan bagi rekan-rekannya.

Raphinha pun terbilang aktif terlibat dalam permainan dnegan rataan 52,23 operan per 90 menit dan akurasi 72,3 persen.

Bahkan layaknya winger lainnya, Raphinha gemar melakukan dribel dengan rataan 3,54 dribel per 90 menit dan kemampuan melewati lawan sebanyak 2,27 kali per 90 menit.

Baca Juga

Keunggulan Raphinha atas Mo Salah adalah kemauannya turun untuk bertahan. Tercatat, winger asal Brasil itu rata-rata melakukan 1,22 tekel dan 0,61 intersep per 90 menit.

Kemampuan ini membuatnya cocok dengan sistem Gegenpressing yang sudah jadi Trademark Liverpool di bawah arahan Jurgen Klopp.

Tapi jika untuk menjadi tumpuan dalam mencetak gol, Raphinha tampak butuh waktu karena dalam beberapa tahun terakhir dirinya menjadi penyuplai ketimbang pencetak gol.

Hal ini diyakini bisa diatasi seiring makin nyetelnya Darwin Nunez dan juga masih banyaknya penyerang atau winger tajam di Liverpool seperti Diogo Jota, Luis Diaz, dan Cody Gakpo.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainRaphinhaIndepth

Berita Terkini