x

5 Pelatih Top Nganggur yang Bisa Direkrut AC Milan Ketimbang Vincenzo Italiano

Selasa, 21 November 2023 21:37 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih AC Milan Stefano Pioli dan pelatih Napoli Rudi Garcia di laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

INDOSPORT.COM - Ketimbang merekrut Vincenzo Italiano, manajemen AC Milan bisa melirik para pelatih top berstatus pengangguran berikut sebagai pengganti Stefano Pioli. Siapa saja mereka?

AC Milan memang sudah santer dirumorkan bakal mendepak pelatih mereka, Stefano Pioli. Hal tersebut disebabkan menurunnya performa rival sekota Inter Milan tersebut.

Baca Juga

AC Milan sebenarnya masih ingin memberi kesempatan bagi Pioli dengan deadline 30 hari. Artinya, sang pelatih wajib mengembalikan performa Milan dalam rentang waktu tersebut.

Meski masih butuh proses, AC Milan ternyata sudah melirik pelatih Fiorentina, Vincenzo Italiano, sebagai kandidat pengganti Pioli jika gagal membawa Milan bersaing di tangga juara.

Hal ini disampaikan oleh jurnalis, Michele Criscitiello, untuk Sport Italia. Ia menyebut bahwa AC Milan menjadi salah satu pihak pengagum Vincenzo Italiano.

Namun peluang AC Milan mendapatkan tanda tangan Vincenzo Italiano terbilang berat, lantaran cukup banyak tim-tim Italia lain yang juga kepincut dengan kualitas sang pelatih.

Baca Juga

Tercatat, nama-nama seperti AS Roma, Juventus hingga Napoli bakal jadi batu sandungan AC Milan buat mendaratkan Vincenzo Italiano.

Di tengah persaingan ketat tersebut, AC Milan mungkin bisa alihkan pilihan ke sejumlah pelatih top Eropa yang masih menganggur berikut sebagai opsi cadangan.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas:

Antonio Conte
Nama pertama adalah Antonio Conte. Pelatih asal Italia tersebut belum lagi memiliki klub baru setelah didepak Tottenham pada 26 Maret 2023 silam.

Dari statistik kepelatihannya, Antonio Conte punya rapor prestasi yang sangat mengesankan dan bisa membuat AC Milan kembali rasakan era emas di Liga Italia.

Kecuali Tottenham, sejumlah tim top Eropa yang rasakan tangan dinginnya selalu berhasil memenangkan gelar juara.

Mulai dari Juventus dan Inter Milan yang memenangkan Serie A, serta Chelsea yang merajai Liga Inggris musim 2016/17.

Baca Juga

1. Rudi Garcia

Pelatih Napoli Rudi Garcia memberikan instruksi kepada pemainnya di pinggir lapangan pada laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

Berikutnya ada Rudi Garcia. Walau berstatus pecatan dari Napoli, namun allenatore asal Prancis ini punya rekam jejak cukup apik di Liga Italia.

Sebelum dilepas Napoli, pelatih 59 tahun ini lebih dulu bersinar kala menukangi AS Roma dan membuat Serigala Ibukota jadi penantang Scudetto sepanjang 2013 hingga 2016.

Baca Juga

Selain bersama AS Roma, prestasi Rudi Garcia di Prancis juga terbilang apik yakni membawa Lille juara Ligue 1 dan Coupe de France serta menyabet gelar pelatih terbaik Prancis.

Hansi Flick
Masih menganggur setelah dipecat Timnas Jerman, kualitas Hansi Flick sebagai juru taktik sejatinya sudah tidak perlu diragukan.

Terlepas dari penampilan buruknya dalam membesut Jerman, Hansi Flick merupakan salah satu pelatih jenius yang sukses membawa Bayern Munchen rajai kompetisi Eropa.

Hanya dua tahun melatih Bayern Munchen, sang pelatih sukses memberikan trofi Bundesliga, DFB-Pokal, DFL-Supercup, UEFA Champions League, UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup.

Baca Juga

Dengan rapor apik tersebut, jelas Hansi Flick bisa jadi opsi menjanjikan untuk mengembalikan taji AC Milan di kancah Eropa.

Igor Tudor
Secara prestasi, nama Igor Tudor memang tidak terlalu mentereng bahkan belum pernah raih gelar juara di lima liga teratas Eropa.

Akan tetapi dari segi taktikal, Igor Tudor dianggap sebagai pelatih cerdas yang mampu meramu skuat semenjana jadi salah satu penantang gelar juara.

Seperti yang ia lakukan saat membesut Hellas Verona tahun musi 21/22 lalu. Meski tak punya materi pemain berkualitas, namun Igor Tudor sukses membawa Verona finish di urutan 9.

Di musim itu juga, Verona arahan Igor Tudor mampu mengalahkan tim-tim besar Italia seperti Lazio, AS Roma hingga Juventus.

Baca Juga

2. Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy, pelatih PSV Eindhoven. Foto: REUTERS/Matthew Childs

Terakhir ada Ruud van Nistelrooy. Setelah mundur dari kursi kepelatihan PSV bulan Mei kemarin, sampai saat ini sang mantan bomber Manchester United tersebut belum lagi dapat klub baru.

Padahal dari segi rapor penampilan, Nistelrooy punya statistik yang apik yakni 34 kemenangan dan hanya 8 kali kalah dari 50 pertandingan.

Ruud van Nistelrooy juga sukses membawa PSV memenangkan gelar KNVB Cup serta Johan Cruyff Shield tahun lalu.

Berbekal statistik tersebut, Ruud van Nistelrooy layak jadi opsi AC Milan untuk mengisi posisi Stefano Pioli jika resmi didepak dari San Siro.

Bursa TransferAC MilanStefano PioliLiga ItaliaBerita TransferVincenzo Italiano

Berita Terkini