x

4 Fakta Elvis Kamsoba, Winger Baru PSS Sleman Pernah Permalukan Bali United

Rabu, 22 November 2023 18:36 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Winger PSS Sleman, Elvis Kamsoba. (Foto: MO PSS Sleman)

INDOSPORT.COM - Berikut ini empat fakta tentang winger baru milik PSS Sleman, Elvis Kamsoba. Pengganti Kei Sano di Liga 1 2023-2024 ini merupakan penggawa Timnas Burundi dan pernah mempermalukan Bali United.

Elvis Kamsoba menjadi pemain anyar yang didatangkan PSS Sleman pada putaran kedua Liga 1 2023-2024. Elvis didatangkan sebagai pengganti Kei Sano yang merapat ke Sada Sumut FC.

Baca Juga

Elvis datang dengan track record luar biasa. Ia sukses besar di Liga Australia bersama Melbourne Victory dan Sydney FC sebelum kemudian ditebus klub Iran, Sepahan.

INDOSPORT.com merangkum empat fakta tentang Elvis Kamsoba. Perekrutan winger 27 tahun ini menjadi kunci kebangkitan PSS yang terseok-seok dalam 10 partai terakhir.

Baca Juga

1. Pemain Ternama di Burundi

Elvis Kamsoba bukan pemain biasa-biasa saja. Ia merupakan salah satu pemain ternama di Burundi. Buktinya, Elvis Kamsoba sudah rutin dipanggil Timnas Burundi sejak 2019 lalu.

Elvis mencatatkan momen pertama membela Timnas Burundi pada pertandingan melawan Tunisia pada 2019 lalu. Ia juga dimainkan saat Burundi melawan Nigeria pada 23 Juni 2019.

Baca Juga

Kala itu, Elvis tampil melawan Nigeria yang diperkuat John Obi Mikel (eks Chelsea), Alex Iwobi (eks Arsenal) hingga bintang mahal Napoli, Victor Osimhen.

Elvis juga tampil saat Burundi melawan Indonesia dalam dua pertemuan pada Maret 2023 lalu. Ia tampil satu babak pada pertemuan pertama dan tampil 17 menit pada pertemuan kedua.

Baca Juga

2. Pernah Permalukan Bali United

Elvis Kamsoba merupakan pemain yang besar bersama sepak bola Australia. Ia membela klub-klub semi profesional sebelum kemudian mendapat tempat di tim besar Australia, Melbourne Victory mulai tahun 2018.

Di Melbourne Victory, Elvis Kamsoba tumbuh menjadi pemain luar biasa. Dia menjadi pemain sayap yang diandalkan, terutama dari sektor kiri.

Baca Juga

Masa kejayaan itu juga pernah membuat Bali United malu di Australia. Momen itu terjadi pada ajang kualifikasi Liga Champions Asia 2020-2021.

Melbourne Victory menghancurkan Bali United 5-0 di AAMI Park, Melbourne, 21 Januari 2020. Elvis Kamsoba tampil penuh dengan mencetak gol kelima untuk Melbourne Victory.

3. Tiga Peran Berbeda

Elvis Kamsoba merupakan pemain yang serba bisa. Ia tak sekadar bisa bermain sebagai gelandang sayap kiri, namun juga gelandang sayap kanan dan gelandang serang.

Kemampuan lengkap itulah yang membuat klub raksasa Iran, Sepahan, merekrutnya. Bahkan, Transfermarkt menyebut Sepahan mengeluarkan dana Rp3,4 Miliar untuk mendapatkan Elvis dari Sydney FC.

Keunggulan ini bisa dimanfaatkan PSS Sleman pada kompetisi Liga 1 2023-2024. Sebagai pengganti Kei Sano, tentu saja Elvis akan bermain di sayap kiri. Namun bukan tidak mungkin Elvis juga bisa main di tengah atau kanan.

4. Lama Tak Bermain

Hanya saja, Elvis Kamsoba sempat lama tak bermain sebelum diumumkan sebagai bagian PSS Sleman. Tidak ada keterangan khusus mengapa Elvis terakhir bermain pada Maret 2023 lalu.

Lamanya Elvis menanti momen kembali bermain di pertandingan kompetitif bisa menjadi kendala bagi PSS Sleman. Elvis perlu kerja keras untuk mencapai level terbaiknya di Australia atau Iran.

Hanya ada tiga sesi latihan tersisa sebelum PSS Sleman melakoni laga pekan ke-20 Liga 1 2023-2024 melawan Barito Putera di Stadion Maguwoharjo Sleman. Elvis mengaku siap berjuang agar mengangkat tim PSS.

"Target saya untuk tim ini (karena kita) tidak memulai dengan baik, jadi saya di sini untuk membantu. Mudah-mudahan, PSS bisa naik di klasemen dan berada di dua dan tiga besar," jelas Elvis Kamsoba.

"Itu adalah target saya dengan memaksimalkan peluang apapun. Saya akan melakukan apa pun yang saya bisa lakukan. Saya berharap para pemain dan saya dapat menjadi pemain yang dapat membantu PSS berada di atas sana," lanjut Elvis Komsaba.

PSS SlemanLiga 1Elvis Kamsoba

Berita Terkini