x

Bali United Hadapi Situasi Super Sulit Jelang Lawan Madura United di Liga 1

Kamis, 23 November 2023 10:50 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Foto: MO Bali United.

INDOSPORT.COM - Bali United tetap berbicara tiga poin meski dalam situasi super sulit saat melawan Madura United di Liga 1, Kamis (23/11/23).

Tiga pemain asing kemungkinan besar absen dalam laga pekan ke-20 Liga 1 2023-2024.

Bali United harus tampil tanpa beberapa pilar karena jadwal pekan ke-20 hanya selisih dua hari saja dari agenda FIFA Matchday. Alhasil, ada dua nama yang mungkin tak bisa bertanding di Bangkalan.

Kedua nama tersebut adalah Mohammed Rashid dan Elias Dolah. Keduanya membela negaranya dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Rashid membela Palestina dalam pertandingan melawan Australia. Sementara Dolah membela Thailand saat melawan Singapura. Kedua negara baru bertanding pada Selasa (21/11/23) malam.

Selain kedua nama tersebut, Bali United juga tak bisa memainkan Privat Mbarga. Pilar Timnas Kamboja itu masih dalam tahap penyembuhan cedera pada bagian lutut.

Baca Juga

Absennya tiga nama tersebut jelas menjadi masalah serius bagi Bali United. Apalagi beberapa pemain lokal, seperti Sidik Saimima hingga Made Tito Wiratama juga masih cedera.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengatakan raihan tiga poin sangat penting bagi timnya. Klub akan berupaya keras mempertahankan posisi di zona empat besar Liga 1.

"Kita harus kerja keras buat dapat hasil positif di sini karena kita tahu poin di kompetisi sangat ketat. Kita masih ada di posisi empat besar. Kita pasti mau bertahan di posisi itu," kata Teco, Rabu (22/11/23).

Teco menilai pertandingan ini akan berjalan berat. Di tengah gonjang-ganjing situasi yang menimpa Madura United, Teco pilih fokus pada timnya sendiri.

"Kita respect dengan lawan. Kita tahu kualitas pemain dan pelatih dari tim Madura. Kita fokus pada tim sendiri. Kita fokus melakukan perbaikan agar bisa bermain lebih bagus," jelas Teco.

Teco sudah memiliki rencana ketika beberapa nama absen. Waktu dua pekan selama jeda FIFA Matchday memberi tim pelatih waktu untuk melakukan evaluasi.

Tak kalah penting adalah waktu istirahat bagi pemain. Eber Bessa dkk. kerja ekstra keras karena berlaga di Liga 1 dan Piala AFC dengan jadwal yang berdekatan.

"Tim saya sering bermain setiap tiga hari karena kita juga bermain di AFC. Kita ada waktu buat latihan dan memberikan waktu libur untuk pemain," ungkap Teco.

Baca Juga

Belum diketahui siapa sosok yang akan diplot sebagai pengganti Elias Dolah. Satu slot di pos bek tengah sudah pasti menjadi milik I Kadek Arel Priyatna.

Mantan pemain Timnas Indonesia U-19 ini dihadirkan Teco dalam sesi jumpa pers. Sementara untuk posisi Rashid, Bali United berpotensi memberikan menit pertama kepada Luthfi Kamal yang direkrut dari PSIS Semarang.

Kadek Arel dalam sesi jumpa pers mengungkapkan rasa optimisme untuk meraih tiga poin di Madura. Namun, dia meyakini hal ini tak akan mudah.

"Semua pemain dalam kondisi siap. Kita tahu Madura tim kuat. Kita harap bisa mendapatkan tiga poin di sini," ucap Kadek Arel.

Saat ini, Bali United berada di posisi empat klasemen Liga 1 2023-2024 dengan 33 poin. Sementara Madura United ada di peringkat enam dengan 31 poin.

Jika meraih kemenangan, Bali United untuk sementara bisa menggeser Persib Bandung dari posisi runner-up. Namun apabila Madura United menang, mereka bisa naik ke peringkat empat menggeser Bali United.

Baca Juga
Madura United FCBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1

Berita Terkini