x

Siapa Yanis Issoufou? Biang Kerok Prancis U-17 Terancam Dicoret dari Piala Dunia U-17 2023

Kamis, 23 November 2023 15:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Yanis Issoufou, pemain Timnas Prancis U-17 yang diduga pemain ilegal karena pernah bela Niger U-17. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM – Sosok Yanis Issoufou menjadi sorotan usai disebut jadi biang kerok Timnas Prancis U-17 terancam dicoret dari Piala Dunia U-17 2023, siapakah dia?

Timnas Prancis U-17 baru saja memastikan tiket ke perempat final Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Senegal U-17 lewat adu penalti, Rabu (22/11/23).

Baca Juga

Bermain di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Prancis bersusah payah saat menghadapi Senegal di fase 16 besar. Hingga waktu 90 menit, kedua tim tidak ada yang bisa mencetak gol.

Alhasil pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak adu penalti, Prancis akhirnya menang atas Senegal dengan skor 5-3.

Dengan kemenangan ini Prancis akan menghadapi Uzbekistan di fase perempat final. Laga ini akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (25 November) mendatang.

Akan tetapi, kemenangan skuad besutan Jean Luc Vannuchi ini diwarnai skandal adanya pemain ilegal yang bisa membuat Prancis U-17 dicoret dari Piala Dunia U-17 2023.

Pemain yang dimaksud adalah Yanis Issoufou. Dirinya dianggap pemain ilegal lantaran tercatat pernah bermain untuk tim lain yang juga lolos ke Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Diwartakan oleh Sports News Africa, Yanis Issoufou diketahui pernah membela Timnas Niger U-17 di ajang UFOA B dan Piala Afrika U-17 yang jadi jalan kelolosan ke Piala Dunia U-17.

"Yanis Issoufou pernah bermain untuk tim nasional U-17 Niger beberapa bulan sebelumnya," tulis Sport News Africa.

Menurut media tersebut, FIFA tidak diberitahu soal perubahan kewarganegaraan Yanis Issoufou, dan bahkan beberapa staf pelatih Prancis tidak tahu menahu latar belakang pemainnya ini.

Namun FA Senegal baru-baru ini mengirimkan surat protes kepada FIFA untuk mengusut soal status kewarganegaraan Yanis Issoufou.

Konon jika FIFA mencoret Prancis U-17 karena skandal ini, maka jatah di perempat final kompetisi Piala Dunia U-17 akan diberikan kepada tim lain, dalam hal ini Senegal.

Lantas siapa sebenarnya Yanis Issoufou, dan mengapa dirinya bisa membela dua negara dalam kurun waktu berdekatan?

Baca Juga

1. Profil Yanis Issoufou, Pemain yang Berpaspor Niger dan Prancis

Yanis Issoufou, pemain Timnas Prancis U-17 yang diduga pemain ilegal karena pernah bela Niger U-17. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Yanis Issoufou merupakan pemain sepak bola kelahiran Nimes, Prancis, pada 28 Oktober 2006 silam.

Dirinya bermain sebagai pemain depan dan menjalani karier di negara tersebut sejak 2013.

Baca Juga

Issoufou mengawali kariernya bersama AC Pissevin Valdegour. Setelah itu, pemain berusia 17 tahun itu memutuskan hijrah ke Nimes Olympique pada 2014 hingga 2022.

Selanjutnya, Yanis Issoufou mengambil kesempatan untuk pindah ke klub Prancis lainnya, yakni Montpellier dengan gabung skuad U-19 dengan torehan 1 gol.

Meski baru berusia 17 tahun, Issoufou sudah mendapat kepercayaan promosi ke tim cadangan Montpellier.

Bukan hanya itu, dia diberi kesempatan oleh pelatih Montpellier, Michel Der Zakarian, untuk berlaga di Ligue 1.

Baca Juga

Diketahui, Michel Der Zakarian memainkan Issoufou di laga menghadapi Nantes pada 22 Oktober lalu. Issoufou bermain 12 menit sebagai pemain pengganti.

Selain tampil di Ligue 1, Issoufou juga tampil bersama tim muda Montpellier di ajang ajang Championnat National atau divisi 3 liga sepak bola Prancis.

Kiprah Yanis Issoufou di Timnas Prancis U-17

Melansir dari Transfermarkt, Yanis Issoufou memiliki dua kewarganegaraan yakni Prancis dan Niger. Artinya, dirinya berhak memilih bergabung di salah satu timnas negara itu.

Namun Issoufou sempat memperkuat Timnas Niger U-17 pada Kualifikasi Piala Afrika U-17 2022, di mana ajang ini merupakan bagian dari rangkaian awal Piala Dunia U-17 2023.

Hal inilah yang lantas menjadi masalah. Sebab, di Piala Dunia U-17, Yanis Issoufou tidak membela Niger U-17 melainkan Prancis U-17.

Padahal, Yanis Issoufou bukanlah pemain yang asing bagi Timnas Prancis U-17. Sebelumnya, dia sudah 14 kali tampil untuk Prancis U-17 dan mencetak 3 gol.

Menurut data Transfermarkt, Yanis Issoufou juga tercatat bermain di tim Prancis U-18 dengan sumbangan satu gol dari empat laga.

Baca Juga
PrancisPiala Dunia U-17Tim Nasional Prancis

Berita Terkini