x

Deretan Fakta Spesial Jelang Big Match Liga Inggris Manchester City vs Liverpool

Sabtu, 25 November 2023 07:29 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Prediksi Pertandingan antara Manchester City vs Liverpool (Liga Inggris).

INDOSPORT.COM - Big match Liga Inggris (Premier League) 2023-2024 antara Manchester City vs Liverpool akan menjadi sajian pembuka rangkaian laga pada pekan ke-13.

Liverpool pun berpeluang besar menggulingkan musuh bebuyutannya tersebut dari puncak jika berhasil memenangkan atas Manchester City pada Sabtu (25/11/23) pukul 19.30 WIB.

Baca Juga

Rivalitas Manchester City dan Liverpool memang sudah cukup lama menjadi konsumsi publik Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir.

The Reds yang dulunya bermusuhan habis-habisan dengan Manchester United, kini harus menambahkan The Citizens ke daftar rival abadi mereka.

Usai sikut-sikutan demi mahkota juara liga dari musim ke musim, Liverpool dan Manchester City kembali dihadapkan pada laga krusial pekan ini.

Man City, yang mengoleksi 28 poin dari 12 pertandingan, memimpin di puncak klasemen. Sementara itu, Liverpool mengintai di peringkat kedua dengan hanya terpaut 1 poin.

Laga ini juga diprediksi akan sangat menentukan dalam perburuan gelar juara Liga Inggris musim ini, mengingat kedua klub adalah calon kuat juara.

Namun, kali ini Man City sedikit lebih unggul. Pasalnya, mereka punya rekor mentereng saat bermain di kandang pada tahun ini.

Tercatat, sejak bermain imbang 1-1 dengan Everton di malam Tahun Baru, Man City selalu berhasil memetik kemenangan melawan klub-klub Liga Inggris saat bermain di Etihad Stadium. 

Di sisi lain, kepercayaan diri Liverpool sedang tak berada dalam kondisi terbaik usai gagal menang dalam dua pertandingan tandang terakhir.

Baca Juga

The Reds bermain imbang 1-1 dengan Luton Town, yang kemudian disusul dengan kekalahan 2-3 atas Toulouse di Liga Europa.

Melihat kondisi ini, skuad besutan Jurgen Klopp mesti tampil tanpa cela bahkan untuk bisa setidaknya mencuri 1 poin dari kandang Manchester City.

Selain itu, INDOSPORT telah merangkum adanya beberapa fakta spesial jelang Manchester City vs Liverpool di pekan ke-13 Liga Inggris 2023-2024. Apa saja itu?

Baca Juga

1. Liverpool Unggul Head to Head

Laga big match Liga Inggris pekan ke-13 Manchester City vs Liverpool disiarkan langsung eksklusif melalui layanan OTT Vidio. (Foto: vidio)

Meski dipertemuan terakhir Liverpool sempat kalah 1-4 dari Manchester City, namun The Reds ternyata unggul dalam head to head.

Dalam lima pertemuan terakhir, Liverpool sukses mencatatkan tiga kemenangan. Sisanya Manchester City meraih kemenangan.

Baca Juga

Kemudian dalam sejarah pertemuan di Liga Inggris, Liverpool mencatatkan 21 kemenangan, 19 kali imbang dan 12 kali kalah.

Catatan 5 Pertemuan Terakhir

Pep Guardiola Masih Kalah dari Jurgen Klopp

Pep Guardiola dan Jurgen Klopp tercatat sudah pernah bersua sebanyak 28 kali sejak mereka berdua berkarier di Bundesliga Jerman.

Dari Jerman, Jurgen Klopp kemudian memutuskan hengkang ke Liga Inggris pad 2015 dan diikuti oleh Pep Guardiola. Sejak saat itu mereka terus saling beradu strategi setiap tahunnya hingga sekarang.

Dalam 28 pertemuan, Jurgen Klopp tercatat lebih unggul dengan 12 kali kemenangan. Pep Guardiola mencatat 11 kali menang dan lima sisanya berakhir imbang.

Mohamed Salah Siap Pecahkan Rekor

Laga Manchester City vs Liverpool di pekan ke-13 Liga Inggris 2023-2024 akan membuat Mohamed Salah siap berjuang mati-matian demi mencetak rekor baru.

Mohamed Salah kini tinggal mencetak dua gol lagi untuk membukukan koleksi 200 gol bersama Liverpool. Ia akan menjadi pemain kelima dalam sejarah The Reds yang mengukir catatan fenomenal itu, atau yang ketiga bagi klub setelah era Perang Dunia.

Baca Juga

Legenda Liverpool seperti Kenny Dalglish, Steven Gerrard, Robbie Fowler, Michael Owen, Ian St John, dan Kevin Keegan gagal mencapai 200 gol. 

Pemain terakhir yang menembus 200 gol hanya Ian Rush, yang mencatatkan namanya di papan skor saat menundukkan kiper Queen Park Rangers, David Seaman pada Maret 1987 silam.

Mohamed Salah kini mencatatkan 198 gol dengan satu pertandingan lebih sedikit dibanding legenda The Reds, Welshmann. Sang legenda Liverpool tersebut mencapai 200 gol dalam 321 penampilan.

Baca Juga
LiverpoolManchester CityMohamed SalahJurgen KloppPep GuardiolaLiga InggrisErling Braut Haaland

Berita Terkini