x

4 Fakta Ajak Riak, Penyerang Baru PSS Sleman yang Pernah Hadapi Sadio Mane

Senin, 27 November 2023 13:50 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Duel bek Barito Putera, Buyung Ismu, dengan penyerang jangkung PSS Sleman, Ajak Riak, dalam laga pekan ke-20 Liga 1 2023-2024 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (26/11/23). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Ada empat fakta menarik tentang Ajak Chol Riak yang resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSS Sleman di Liga 1 2023-2024. Pemain yang lama berkarier di Australia ini pernah menghadapi Senegal bersama Sadio Mane.

Ajak Riak diperkenalkan PSS Sleman pada Minggu (26/11/23). Ia diplot sebagai pengganti Yevhen Bokhashvili yang resmi menjadi bagian Sriwijaya FC di Liga 2 2023-2024.

Baca Juga

Tak butuh waktu lama bagi Ajak Riak untuk merasakan momen pertama merumput di Stadion Maguwoharjo Sleman. Ajak Riak dimainkan menit ke-69 pada laga melawan Barito Putera, Minggu (26/11/23).

Dalam laga ini, Ajak Riak nyaris membuka penampilan dengan mencetak gol. Sayangnya, sepakan keras pemain 22 tahun ini bisa ditepis kiper Barito putera, Ega Rizky, dan bola hanya membentur tiang kiri.

INDOSPORT.COM merangkum empat fakta menarik tentang Ajak Riak. Idola baru publik Sleman ini merupakan sosok penting di negaranya. Simak ulasan berikut ini!

1. Merintis Karier di Australia

Ajak Riak merupakan salah satu perantau sejati. Ia sudah membela banyak tim Australia meski kini usianya baru 22 tahun. Dari catatan Soccerway, Ajak Riak terakhir kali membela tim South Melbourne FC.

Baca Juga

Tim yang bermarkas di Lakeside Stadium itu mengikuti kompetisi NPL Victoria. Kompetisi di Victoria ini berstatus semi profesional dan berada di kasta kedua sepak bola Australia.

Ajak Riak tampil bagus bersama South Melbourne FC. Ia mencetak 10 gol dari 23 penampilan dalam kompetisi musim 2023 yang berakhir pada September lalu.

Catatan itu lebih banyak ketimbang saat Ajak Riak membela tim Bentleigh Greens FC. Pada musim 2022, Ajak Riak mencetak 7 gol dari 20 penampilan.

Progres yang ditunjukkan Ajak Riak membuatnya dilirik PSS Sleman sebagai pengganti Yevhen Bokhashvili. Ajak Riak memiliki kecepatan, body balance bagus dan tinggi lebih dari 190 sentimeter.

Baca Juga

1. 2. Pemain Timnas Sudan Selatan

Penyerang baru PSS Sleman, Ajak Riak, saat berpose dengan Wahyudi Hamisi, setelah pertandingan pekan ke-20 Liga 1 2023-2024 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (26/11/23). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Ajak Riak merupakan salah satu pemain Sudan Selatan yang berkarier di luar negeri. Makanya, Ajak Riak mendapat slot di tim nasional meski usianya masih tergolong muda.

Ajak Riak sudah tampil delapan kali pada tahun ini. Dia ditampilkan dalam uji coba melawan Kenya dan Mesir. Kemudian, Ajak Riak tampil di kualifikasi Piala Afrika 2023 melawan Kongo, Mali dan Gambia.

Baca Juga

Pada FIFA Match Day bulan November, Ajak Riak dipanggil untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Afrika. Pada momen ini, Ajak Riak bisa berhadapan dengan eks Liverpool, Sadio Mane, yang memperkuat Senegal.

Senegal juga diperkuat dua mantan pemain Chelsea, Edouard Mendy dan Kalidou Koulibaly. Hasilnya, Sudan Selatan dihajar 0-4 dengan Sadio Mane mencetak brace.

Dalam laga ini, Ajak Riak tampil sebagai starter. Ia bermain 73 menit sebelum digantikan Jimmy Michael. Sementara satu laga lain melawan Mauritania, Ajak Riak main 91 menit. Laga berakhir imbang 0-0.

3. Nomor Punggung Keramat

Ajak Riak dengan berani memakai nomor punggung keramat di PSS Sleman. Ya, dia menggunakan nomor punggung 10 yang sebelumnya menjadi milik Yevhen Bokhashvili.

Baca Juga

Bagi Ajak Riak, nomor punggung ini terbilang baru. Di Timnas Sudan Selatan, Ajak Riak menggunakan nomor punggung 15. Sementara nomor punggung 10 menjadi milik seniornya, Peter Daniel Chol.

Lalu di South Melbourne FC, Ajak Riak menggunakan nomor punggung 9. Sementara nomor punggung 10 digunakan pemain senior, Marcus Schroen.

Sebelum itu, ketika Ajak Riak menjadi bagian tim Bentleigh Greens FC, Ajak Riak menggunakan nomor punggung 7. Menjadi tantangan besar bagi Ajak Riak untuk bisa menjawab kepercayaan sebagai pemilik nomor 10 di PSS Sleman.

4. Kejar Performa Puncak

Ajak Riak datang dengan ekspektasi tinggi dari publik Sleman. Dia diharapkan bisa mendulang banyak gol dan membuat PSS Sleman bangkit lagi di Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

Dalam performa melawan Barito Putera, Ajak Riak cukup menjanjikan. Ia membuat repot pertahanan Barito Putera yang dikomandoi Carli de Murga.

Namun, performa itu belum 100 persen. Ternyata, Ajak Riak belum lama berada di Sleman yang membuatnya baru main menit ke-69. Ia menjalani debut bersama pemain baru lain, Elvis Kamsoba, yang berasal dari Burundi.

"Mereka baru tiba di Indonesia, mungkin mereka masih jetlag. Tapi menurut saya mereka bermain sesuai (dengan kondisi mereka). Mereka masuk, kita butuh berpikir apa yang bisa mereka lakukan," kata pelatih PSS, Risto Vidakovic usai laga.

"Keduanya memiliki skill yang bagus, cepat, dan membantu tim banyak. Ini adalah pertandingan pertama mereka. Kita harus berpikir, mereka terbang selama 15 jam dan itu pasti cukup sulit bagi mereka," sambungnya.

Ajak Riak berpotensi main dari menit pertama saat melawan PSIS Semarang di Stadion Jatidiri Semarang, 3 Desember 2023. Ia berpotensi diduetkan dengan Hokky Caraka.

Baca Juga
Barito PuteraPSS SlemanLiga 1Berita Liga 1Ajak Chol Riak

Berita Terkini