x

Jaga Asa Lolos, 5 Bintang AC Milan Wajib Starter Lawan Dortmund di Liga Champions

Selasa, 28 November 2023 08:56 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Olivier Giroud berselebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Napoli bersama rekan tim Rafael Leao dan Theo Hernandez pada laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

INDOSPORT.COM – Tengah incar kemenangan demi permudah langkah ke 16 besar Liga Champions, pelatih Stefano Pioli wajib memainkan para bintang AC Milan berikut saat hadapi Dortmund.

AC Milan akan menjamu Borussia Dortmund dalam big match pekan ke-5 Liga Champions 2023/24 di Stadion San Siro pada Rabu (29/11/23) pukul 03.00 WIB.

Baca Juga

Jelang laga ini, AC Milan berada di posisi yang kurang menguntungkan lantaran masih bertengger di peringkat tiga Grup F dengan lima poin.

Berbanding terbalik dengan Dortmund yang kokoh posisi puncak lewat raihan tujuh poin, hasil dua kali menang, sekali seri dan satu kali kalah.

Laga ini merupakan salah satu momen penentu nasib Stefano Pioli sebagai pelatih tim Merah-Hitam. Sebab kalau kalah, mereka berpotensi gagal lolos ke babak 16 besar dan terlempar ke Liga Europa.

Sayangnya, ada delapan pemain yang kemungkinan tidak bisa tampil, seperti Noah Okafor, Simon Kjaer, Marco Pellegrino, Rafael Leao akibat cedera.

Baca Juga

Di tengah badai cedera tersebut, Pioli harus memutar otak agar AC Milan bisa berikan perlawanan dan raih poin penuh dini hari nanti.

Dari keterbatasan skuat saat ini, ada beberapa nama yang wajib dimainkan Pioli sejak awal laga agar AC Milan mampu menjaga asa lolos ke 16 besar.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkum:

Mike Maignan
Nama pertama adalah Mike Maignan. Kiper asal Prancis ini merupakan tembok utama di lini pertahanan AC Milan sejak dua musim terakhir.

Berbekal kualitasnya dalam menahan gempuran lawan, sepertinya sudah tidak ada alasan buat Pioli mendatangkan Mike Maignan

Apalagi saat hadapi Dortmund yang punya kemampuan menyerang agresif, ketenangan Mike Maignan bakal jadi peredam serangan-serangan lawan.

Baca Juga

1. Theo Hernandez

Selebrasi pemain AC Milan, Theo Hernandez bersama rekan setimnya usai mencetak gol ketiga ke gawang Torino pada laga Liga Italia di Stadion Giuseppe Meazza (Milano). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Berikutnya ada Theo Hernandez. Kehadiran eks bintang Real Madrid ini tak hanya membuat pertahanan AC Milan kian kokoh, namun juga bisa jadi pelecut semangat para bintang Rossoneri lainnya.

Seperti diketahui, Theo Hernandez beberapa kali mampu membuat motivasi pemain AC Milan meningkat dengan aksi-aksi spartannya di lapangan.

Baca Juga

Sementara dari sisi kualitas, Theo Hernandez yang agresif saat melakukan overlap bakal jadi senjata rahasia AC Milan saat melakukan serangan balik.

Tijjani Reijnders
Dari lini tengah, ada Tijjani Reijnders yang wajib dimainkan lantaran performa bintang keturunan Indonesia ini cukup vital sejak awal musim.

Meski belum mencetak gol di Liga Champions, namun ketangguhan Tijjani Reijnders saat menempati posisi regista sukses membantu AC Milan kalahkan PSG di pekan sebelumnya.

Oleh sebab itu, Pioli wajib kembali memainkan Tijjani Reijnders sebagai gelandang bertahan agar serangan Dortmund bisa terhenti sebelum memasuki area kotak penalti.

Baca Juga

Christian Pulisic
Dengan absennya Rafael Leao akibat cedera, maka Christian Pulisic bakal jadi pilihan utama untuk mengisi posisi sayap kiri.

Sepanjang musim ini, Christian Pulisic memang lebih sering bermain sebagai winger kanan buat AC Milan, namun Pulisic juga bisa tampil tajam ketika bermain di sebelah kiri.

Terbukti saat memperkuat Timnas Amerika Serikat di tahun 2023 ini, Christian Pulisic mampu cetak tiga gol dan satu assists dari empat laga sebagai winger kiri.

Berkaca dari statistik tersebut, tak heran jika eks Chelsea tersebut akan jadi pemain pertama yang bakal menggantikan peran Leao saat AC Milan hadapi Dortmund nanti.

Baca Juga

2. Olivier Giroud

Pelatih Stefano AC Milan, Pioli dan penyerang Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca/Daniele Mascolo)

Terakhir adalah Olivier Giroud. Meski ada opsi lain buat lini depan, namun Pioli wajib memainkan Giroud sejak awal.

Dengan pengalaman dan insting gol miliknya, Olivier Giroud bisa jadi sosok penentu kemenangan AC Milan di pertandingan nanti.

Apalagi kondisi sang striker sedang bugar usai mendapat rehat pekan lalu di Liga Italia, sehingga Giroud bisa tampil habis-habisan untuk menggempur pertahanan lawan.

Andai para sayap AC Milan bisa berikan umpan manis ke kotak penalti Dortmund, bukan tak mungkin Giroud akan sering catatkan nama di papan skor.

Liga ChampionsAC MilanBorussia Dortmund

Berita Terkini