x

AC Milan Masih Bisa Lolos 16 Besar Liga Champions Meski Dibantai Dortmund

Rabu, 29 November 2023 12:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Ekspresi sedih pemain AC Milan Olivier Giroud saat kalah (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

INDOSPORT.COM – Meski baru telan kekalahan telak 1-3 kontra Borussia Dortmund, namun AC Milan masih punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions 23/24.

Dalam lanjutan matchday kelima penyisihan grup Liga Champions 23/24, AC Milan sebagai tuan rumah gagal raih poin saat menjamu Dortmund di San Siro, Rabu (29/11/2023) dini hari WIB.

Baca Juga

Pada laga tersebut, AC Milan harus akui keunggulan Dortmund dan telan kekalahan telak 1-3. AC Milan bahkan kebobolan lebih dulu lewat penalti Marco Reus pada menit ke-10’.

Beruntung pasukan Stefano Pioli bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-37’ lewat Samuel Chukwueze.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga jeda turun minum. Memasuki babak kedua, AC Milan punya banyak peluang buat memimpin, sayang Rossoneri gagal memaksimalkannya.

Justru Dortmund lewat skema serangan baliknya berhasil menambah dua gol lagi lewat aksi Jamie Bynoe-Gittens (59’) dan Karim Adeyemi (69’).

Baca Juga

Kekalahan ini membuat AC Milan turun ke posisi juru kunci klasemen Grup F Liga Champions 2023-2024 dengan koleksi lima poin.

Sedangkan Borussia Dortmund kokoh di posisi puncak klasemen Grup F Liga Champions 2023-2024 dengan torehan 10 poin.

Meski gagal menambah poin dan kini berada di dasar klasemen, namun secara matematis AC Milan masih punya peluang buat lolos ke fase 16 besar Liga Champions.

Hal ini tak lepas dari hasil pertandingan Newcastle United kontra PSG yang berakhir imbang beberapa waktu lalu. Lantas seperti apa peluang AC Milan bisa melangkah ke babak knock out tersebut? Berikut INDOSPORT mengulas:

Baca Juga

1. AC Milan Wajib Menang

Pemain Udinese Lazar Samardzic berebut bola dengan pemain AC Milan Rade Krunic pada laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

Lewat koleksi lima poin saat ini, satu-satunya cara agar AC Milan lolos 16 besar adalah dengan mengalahkan Newcastle United di matchday terakhir tanggal 14 Desember 2023 mendatang.

Andai imbang atau kalah saat bertandang ke markas Newcastle United, bisa dipastikan mimpi AC Milan untuk angkat trofi Si Kuping Besar bakal pupus.

Baca Juga

Bahkan jika gagal raih poin di St James' Park, skuat arahan Stefano Pioli tersebut tak hanya tersingkir dari Liga Champions melainkan juga gagal tampil di kasta kedua Eropa yakni Liga Europa.

Namun kemenangan saja tak cukup buat memastikan langkah AC Milan, lantaran mereka juga masih berharap dengan hasil di pertandingan lain.

Tepatnya pada laga Dortmund vs PSG yang juga dimainkan tanggal 14 Desember 2023 di Signal Iduna Park.

Di laga ini, AC Milan dan para pendukungnya harus berharap Dortmund bisa mengalahkan PSG demi membuka asa Rossoneri amankan spot runner up.

Baca Juga

Jika PSG kalah kontra Dortmund dan diwaktu bersamaan AC Milan mampu amankan poin penuh di kandang Newcastle, maka perubahan besar bakal terjadi di papan klasemen.

Tambahan tiga angka membuat AC Milan total mengoleksi 8 angka. Jumlah tersebut akan melewati poin yang diraih PSG (7) andai di matchday terakhir Les Parisiens kalah.

Dengan kondisi tersebut, AC Milan pun bakal menemani Dortmund sebagai pemuncak Grup F untuk tampil ke babak 16 besar Liga Champions.

Akan tetapi jika PSG menang, maka pupus sudah peluang AC Milan untuk lolos apapun hasil yang akan mereka dapatkan kontra Newcastle.

Baca Juga

2. Nasib AC Milan di Tangan PSG

Pelatih Stefano AC Milan, Pioli dan penyerang Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca/Daniele Mascolo)

Sebab dengan tambahan tiga poin yang didapat PSG, anak asuh Luis Enrique tersebut bisa menyamai poin Dortmund (10) di posisi puncak.

Poun tersebut pun dipastikan tak bisa dikejar AC Milan, meski di laga terakhir kontra Newcastle mereka bisa pesta gol.

Sebab walaupun AC Milan menang, poin maksimal yang mereka dapatkan hanya delapan, masih kalah dua poin dari PSG dan Dortmund.

Andaikata PSG alami nasib buruk dan hanya bisa imbang lawan Dortmund, sementara di laga lain AC Milan berhasil menang lawan Newcastle, maka penentuan lolos 16 besar akan cukup menarik.

Dengan perolehan poin sama besar (8), membuat AC Milan (jika berhasil menang lawan Newcastle) dan PSG (jika imbang kontra Dortmund) harus harap-harap cemas dengan jumlah gol mereka.

Sebab dari rekor head to head, kedua tim ini pernah saling mengalahkan di matchday sebelumnya, sehingga penentuan penentuan runner up bakal ditentukan lewat produktivitas gol.

Jika melihat dari kondisi saat ini, PSG lebih diunggulkan lantaran punya surplus satu gol sedangkan AC Milan minus empat.

Liga ChampionsAC MilanBorussia Dortmund

Berita Terkini