x

Persis Solo Resmi Daftarkan Sho Yamamoto, Bisa Debut Lawan Madura United

Rabu, 29 November 2023 08:53 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Nama Sho Yamamoto terpampang dalam daftar pemain Persis Solo di laman LIB. Foto: Fitra Herdian/Indosport.com.

INDOSPORT.COM - Persis Solo resmi mendaftarkan Sho Yamamoto pada putaran kedua Liga 1 2023-2024.

Winger asal Jepang itu bisa menambah daya gedor Laskar Sambernyawa saat melawan Madura United, Selasa (5/12/23) malam.

Rumor tentang Sho Yamamoto sempat tak terendus. Persis Solo lebih sering dikaitkan dengan Francisco Rivera yang berstatus sebagai gelandang serang Madura United.

Barulah dalam tiga hari terakhir perekrutan Sho Yamamoto tercium publik. Ia sudah menjalani tes medis sebelum didaftarkan secara resmi ke PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Nama Sho Yamamoto sudah terpampang dalam daftar pemain Persis Solo yang ada di laman resmi PT LIB, Rabu (29/11/23) pagi. Pemain pinjaman dari Persebaya Surabaya ini akan mengenakan nomor punggung 14.

Sho Yamamoto direkrut karena Persis Solo mengalami masalah pada sektor gelandang sayap kiri. Alfath Fathier butuh waktu untuk kembali ke puncak performa setelah cedera lutut pada musim lalu.

Baca Juga

Sementara Irfan Jauhari sudah dipastikan menepi hingga akhir Liga  2023-2024. Irfan mengalami cedera parah saat membela Timnas Indonesia U-23.

Persis Solo coba mengulang keberhasilan kombinasi Alexis Messidoro dengan Ryo Matsumura. Dari segi cara bermain, Sho Yamamoto sangat identik dengan Ryo Matsumura.

Terbentur Bruno Moreira

Sho Yamamoto sejatinya bukan nama sembarangan. Pada musim lalu, ia tampil mengesankan dengan mencetak 10 gol pada musim 2022-2023.

Catatan itu sejatinya bukan kejutan besar karena Sho Yamamoto datang dari Liga Montenegro. Ia membela tim Iskra FK dalam 27 pertandingan dengan mencetak tiga gol pada musim 2021-2022.

Baca Juga

Hanya saja, situasi musim ini menjadi berbeda. Sho Yamamoto hanya mencetak 2 gol dalam 18 penampilan. Ia juga lebih sering diganti meski selalu masuk starting eleven.

Kontribusinya mengalami penurunan tajam setelah Persebaya Surabaya memulangkan Bruno Moreira. Pemain asal Brasil itu juga memiliki spesialisasi sebagai gelandang sayap kiri.

Alhasil, Sho Yamamoto tak leluasa lagi dalam memanfaatkan bola. Persebaya pada akhirnya pilih meminjamkan dirinya dan merekrut pemain di posisi lain yang tak berbenturan dengan Bruno Moreira.

Debut Lawan Madura United

Sampai dengan pukul 08.30 WIB atau setelah PT LIB mengunggah data Sho Yamamoto, Persis Solo belum mengeluarkan pernyataan apa pun.

Sebelum ini, pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, hanya menyebut bahwa timnya memang butuh tambahan pemain di lini tengah ketimbang merekrut penyerang lagi.

Persis Solo sudah punya Ramadhan Sananta, David Gonzalez dan Arkhan Kaka Putra Purwanto. Kehadiran Sho Yamamoto sesuai dengan rencana Leo Medina.

"Dia ini pemain tengah karena saya tidak ingin mendatangkan seorang penyerang. Kita memiliki penyerang lokal yang bagus, seperti Arkhan dan Sananta,

"Kita juga memiliki pemain muda yang bagus seperti Nadhief dan Wahyu dari U-20. Itulah mengapa kita berpikir di posisi lainnya, yaitu gelandang," jelas Medina sebelum nama Sho Yamamoto terdaftar di PT LIB.

Sho Yamamoto sudah berada di Kota Solo dan mengikuti sesi latihan Persis Solo. Sho berpotensi menjalani debut saat laga melawan Madura United pada Selasa (5/12/23).

Laga ini ternyata akan digelar di Stadion Manahan Solo. Persis Solo sudah menjual tiket khusus yang bekerja sama dengan salah satu sponsornya.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Sho Yamamoto

Berita Terkini