x

Termasuk Zaha Si Mantan Tega, 5 Bintang Galatasaray yang Wajib Man United Waspadai

Rabu, 29 November 2023 15:12 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Selebrasi pemain Galatasaray, Wilfried Zaha usai mencetak gol ke gawang Manchester United di laga Liga Champions 2023. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Dalam misi menjaga asa lolos ke 16 besar Liga Champions 2023/2024, Manchester United dihadapkan dengan rintangan berat dalam wujud Galatasaray.

Pada Kamis (30/11/23) dini hari WIB mendatang, The Red Devils wajib menang dalam lawatan ke Istanbul, Turki, jika tidak mau menjadi juru kunci Grup A.

Baca Juga

Dalam kondisi normal, seharusnya Galatasaray bukan lawan yang harus ditakuti oleh Manchester United namun pertemuan pertama di matchday kedua pada 4 Oktober 2023 silam membuktikan bola itu benar-benar bundar.

Skuad Aslanlar secara mengejutkan bisa mencuri kemenangan 2-3 di Old Trafford dan kini membuka lebar kesempatan untuk melaju ke babak knock out.

Selain faktor head-to-head, Galatasaray juga boleh percaya diri karena mereka bakal bermain di depan publik sendiri yang siap memenuhi 52.000 kapasitas RAMS Park.

Sejak lama fans mereka memang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Eropa bahkan dunia. Tidak heran karena survey pada 2012 silam menunjukkan jika Galatasaray menjadi tim favorit 41,8% pecinta sepakbola Turki.

Baca Juga

Dukungan mereka pun tidak main-main. Bahkan RAMS Park pernah memecahkan rekor suara suporter terkeras di stadion olahraga pada 18 Maret 2011 usai menghasilkan 140.76 dBA.

Manchester United bahkan sudah berulangkali merasakan bagaimana garangnya ultras Galatasaray. Legenda Setan Merah, Ryan Giggs, bahkan menyebut atmosfer yang tercipta di stadion mereka adalah yang paling luar biasa sekaligus mengerikan.

"Saya tidak pernah merasakan pengalaman seperti di Galatasaray. Tiga jam sebelum kick off stadion sudah penuh sesak. Koordinasi yel-yelnya sangat bagus," beber Giggs.

"Para pemain kami awalnya kagum namun setelahnya, tidak sama sekali," tambah mantan winger internasional Wales tersebut.

Baca Juga

Namun bukan hanya faktor fans kandang saja yang harus Manchester United waspadai karena Galatasaray sudah membuktikan diri punya komposisi skuad yang lebih dari sekedar mampu untuk menang.

Berikut ini adalah lima di antaranya yang harus paling diwaspadai jika Bruno Fernandes dan kolega masih berniat untuk bertahan lebih lama di Liga Champions 2023/2024.

1. Wilfried Zaha

Selamanya nama Wilfried Zaha diidentikkan dengan mereka yang sempat memperkuat Manchester United namun gagal sukses di sana. Mungkin itulah kenapa ia selalu terlihat punya motivasi lebih saat berhadapan dengan The Red Devils.

Sepanjang kariernya, Zaha sudah mencetak empat gol dan satu assist dari 16 kali menghadapi sang mantan dan statistik tersebut menjadikan Manchester Merah sebagai salah satu lawan favorit sang winger Pantai Gading.

Dalam kemenangan Galatasaray di Old Trafford, Zaha turut menyumbang satu gol seolah mengingat lagi pada publiknya jika teror belum berakhir hanya karena ia sudah pindah ke Turki.

Baca Juga

1. 2. Mauro Icardi

Pemain Galatasaray, Mauro Icardi gagal mengeksekusi penalti ke gawan Manchester United di laga Liga Champions 2023. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Sebagai top skor Galatasaray dengan 13 gol dan empat assist di semua ajang musim ini praktis Mauro Icardi harus jadi sosok yang Manchester United wajib matikan di RAMS Park dini hari nanti.

Eks Inter Milan dan Paris Saint-Germain itu turut mendulang satu gol di pertemuan pertama via adu penalti dan pastinya ia berniat untuk terus menambah pundi-pundinya.

Baca Juga

Ada peluang Icardi akan kembali ke liga top Eropa andai bisa membawa Galatasaray melaju jauh di Liga Champions. Real Madrid dikabarkan sudah siap memboyong sang bomber 30 tahun Argentina ke Liga Spanyol.

3. Kerem Akturkoglu

Skuad Galatasaray memang dibanjiri bintang-bintang asing namun bukan berarti talenta asli Turki tidak bisa bersinar. Kerem Akturkoglu adalah salah satu yang tetap punya tempat di starting XI.

Gelandang serang berusia 25 tahun tersebut adalah mesin kreativitas timnya dengan sumbangan empat assist plus empat gol sejauh ini dari 15 start selama 2023/2024.

Musim lalu Akturkoglu adalah top assister di Liga Turki dan kini namanya dikaitkan dengan sejumlah klub besar Eropa.

Baca Juga

4. Davinson Sanchez

Di Tottenham Hotspur, Davinson Sanchez dianggap sebagai pemain gagal namun bersama Galatasaray kariernya bangkit kembali dan Manchester United ikut jadi korban.

Dalam kemenangan timnya di Old Trafford, sang bek tengah Kolombia menyumbang dua assist. Dengannya di jantung pertahanan, Galatasaray juga jadi tim dengan rekor kebobolan terbaik usai hanya kemasukan delapan gol dari 13 laha Liga Turki.

5. Angelino

Sebagai eks pemain Manchester City, Angelino tentu sangat menikmati laga melawan Manchester United di Liga Champions dan ia punya statistik yang apik melawan Iblis Merah.

Saat masih membela RB Leipzig di 2020/2021, sang bek kiri sempat melesakkan satu gol dan satu assist untuk mengeliminasi Manchester United di fase grup Liga Champions.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga ChampionsMauro IcardiWilfried ZahaGalatasarayAngelinoDavinson Sanchez

Berita Terkini