x

3 Fakta Jan-Carlo Simic, Bek Muda yang Disulap untuk Solusi Darurat Lini Belakang AC Milan

Jumat, 1 Desember 2023 06:17 WIB
Editor: Juni Adi
Bek muda AC Milan, Jan Carlo Simic. (Foto: Instagram@jancarlo.simic)

INDOSPORT.COM - Klub Liga ItaliaAC Milan tengah mengalami krisis bek setelah banyak para pemain cedera, sehingga pelatih Stefano Pioli memilih untuk menggaet para pemain mudanya dari tim Primavera.

Sebagaimana diketahui, AC Milan baru saja mempromosikan Francesco Camarda ke tim senior. Striker berusia 15 tahun itu menjalani debutnya saat melawan Fiorentina (25/11/23).

Baca Juga

Francesco Camarda dipercaya untuk masuk pada menit 83, menggantikan Luka Jovic. Meski ia tidak bisa memberikan banyak kontribusi, Rossoneri bisa pertahankan keunggulan 1-0.

Francesco Camarda telah mengukir rekor fantastis sebagai pemain paling muda yang menjalani debut di Liga Italia sepanjang masa, tepat ketika ia baru berusia 15 tahun 260 hari.

Harus diakui, Camarda adalah pemain muda paling menonjol di Italia. Ia mencetak 7 gol dari 13 laga untuk skuad Milan Primavera musim ini, termasuk 3 gol di UEFA Youth League.

Badai cedera yang menimpa AC Milan belakangan ini, membuat Stefano Pioli kembali melirik pemain Primavera untuk diorbitkan ke tim senior di Liga Italia.

Baca Juga

Setelah Camarda, AC Milan berencana untuk menarik Jan-Carlo Simic dari tim Primavera, untuk menambal posisi yang ditinggalkan Malick Thiaw yang mengalami cedera.

Malick Thiaw dikonfirmasi akan absen dalam waktu lama. Milan merilis bahwa ia mengalami robekan otot paha belakang saat menghadapi Borussia Dortmund di ajang Liga Champions.

Malick Thiaw mengalami cedera pada awal babak kedua, lalu ia digantikan Rade Krunic, tetapi pertahanan Rossoneri semakin rapuh dan akhirnya harus mengakui kekalahan 1-3.

Trauma dengan Rade Krunic yang tampil buruk di sektor pertahanan, AC Milan kini makin serius untuk mempromosikan Jan-Carlo Simic ke tim utama.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Jan-Carlo Simic yang berpotensi lakoni debut di tim utama AC Milan:

Baca Juga

1. Bek Modern

Bek muda AC Milan, Jan Carlo Simic. (Foto: Instagram@jancarlo.simic)

Keberadaan Jan-Carlo Simic di daftar pemain Stefano Pioli suatu hari nanti akan menjadi warna tersendiri bagi AC Milan.

Jan-Carlo Simic merupakan sosok bek modern idaman, yang tidak hanya unggul secara fisik tetapi juga  terampil dalam membangun serangan.

Baca Juga

Di AC Milan Primavera sendiri, posisi Jan-Carlo Simic bisa dibilang sulit tergantikan oleh pemain lain.

Ia turut membantu timnya meraih hasil positif selama musim 2023/2024 bergulir sejauh ini.

Anak-anak asuh Ignazio Abate sekarang menduduki peringkat 2 klasemen sementara Liga Primavera dengan 23 poin.

Mereka bahkan bersaing ketat dengan pemuncak klasemen sementara Inter, yang mengoleksi jumlah selisih dua angka yaitu 25 poin.

Baca Juga

Sosok Penting

Selama membela AC Milan Primavera, Jan-Carlo Simic telah mencatatkan 37 penampilan di seluruh kompetisi dengan 5.000 lebih menit bermain.

Dari keseluruhan penampilan tersebut, ia pun selalu dimainkan sebagai bek tengah maupun kanan.

Peran Jan-Carlo Simic yang sulit tergantikan pun dapat dibuktikan kembali musim ini. Ia telah bermain di 14 pertandingan AC Milan Primavera pada 2023/2024.

Dari 14 pertandingan tersebut, ia sering dimainkan sejak menit pertama hingga peluit panjang wasit berbunyi.

Selebihnya, ia ‘hanya’ sempat digantikan di laga kontra Newcastle United pada September lalu dan bermain selama 45 menit.

Kini membidik satu tempat di tim utama, Jan-Carlo Simic merupakan ancaman bagi sejumlah bek AC Milan saat ini.

Rekam Jejak

Jan-Carlo Simic merupakan pemain berdarah Serbia yang lahir di Kota Nurtingen, Jerman pada 2 Mei 2005 silam (usia 18 tahun). Meski lahir di Jerman, ia memilih menjadi warga negara Serbia.

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, ia mengenyam pendidikan di Stuttgarter Kickers Youth atau salah satu akademi sepak bola di Jerman.

Pada usia 10 tahun, Jan-Carlo Simic sempat meraih penghargaan sebagai pemain paling menjanjikan dalam turnamen di Kirchheim.

Baca Juga

Pada Juli 2018 lalu, Jan-Carlo Simic hengkang ke VfB Stuttgart Youth, atau tim junior dari klub Liga Jerman (Bundesliga), VfB Stuttgart.

Setahun kemudian, seiring bertambahnya usia sang bek kemudian dipromosikan ke VfB Stuttgart U-16. Kemudian naik lagi ke skuad U-17 pada 2020 hingga 2022.

Di VfB Stuttgart U-17, ia sempat ditunjuk sebagai kapten tim. Namun namanya mulai dilirik oleh sejumlah pemandu bakat saat penampilan solid sebagai bek di Piala Eropa U-17 bersama Serbia.

Pada bursa transfer musim panas 2022 lalu, AC Milan membelinya dengan mahar 1 juta Euro atau sekitar Rp16 miliar saja.

Di AC Milan, Jan-Carlo Simic tidak langsung dimasukan ke tim utama. Dirinya masuk ke AC Milan U-19 yang bermain di kompetisi Primavera.

AC MilanLiga Italia

Berita Terkini