x

Andre Onana Bisa Dilarang Main untuk Manchester United Jika Ogah Tampil di Piala Afrika

Jumat, 1 Desember 2023 19:39 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Andre Onana bisa dilarang main untuk klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, bahkan jika ogah tampil di Piala Afrika 2023 bersama Timnas Kamerun.

INDOSPORT.COM – Andre Onana bisa dilarang main untuk klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, bahkan jika ogah tampil di Piala Afrika 2023 bersama Timnas Kamerun.

Andre Onana diperkirakan akan mendapatkan panggilan skuad Timnas Kamerun utnuk Piala Afrika 2023 di Pantai Gading pada 13 Januari sampai 11 Februari 2024.

Baca Juga

Jika Timnas Kamerun dapat melaju hingga partai puncak Piala Afrika, mantan kiper Inter Milan tersebut akan melewatkan enam laga Setan Merah di Liga Inggris dan Piala FA.

Namun, ada kekhawatiran dalam lubuk hati kiper berusia 27 tahun itu bahwa dia mungkin saja akan kehilangan tempatnya sebagai kiper nomor satu pilihan Erik ten Hag apabila berangkat ke Piala Afrika nanti.

Hal itu juga tidak lepas dari serangkaian blunder yang ditunjukkan Andre Onana, apalagi sang kiper bertanggung jawab atas tiga gol yang bersarang di gawangnya saat Manchester United ditahan imbang Galatasaray 3-3 di Liga Champions.

Akan tetapi, bila Kamerun memanggilnya, Onana dapat dilarang tampil bagi Man United menurut aturan FIFA selama Piala Afrika berlangsung.

Baca Juga

“Pemain yang dipanggil oleh asosiasinya untuk salah satu tim perwakilannya, kecuali disetujui oleh asosiasi terkait, tidak berhak bermain untuk klubnya sendiri selama periode dia sudah dilepas atau seharusnya telah dilepas…,” bunyi aturan FIFA.

Hal ini berarti Timnas Kamerun akan memberikan Man United dan Onana dispensasi untuk bermain jika sang kiper menolak untuk bermain bagi negara yang telah memanggilnya untuk turnamen Piala Afrika.

Menariknya, Joel Matip dan Liverpool ternyata pernah terlibat dalam situasi yang sama ketika bek itu dipanggil Timnas Kamerun di Piala Afrika 2017.

Selain itu, Erik ten Hag juga sudah mengisyaratkan bahwa siap menampilkan Altay Bayindir untuk menjaga gawang Manchester United nanti.

Baca Juga

1. Waktunya Bayindir Bersinar?

Altay Bayindir saat masih membela Fenerbahce. (Foto: fenerbahce.org)

Joel Matip sempat menolak panggilan Timnas Kamerun hingga mengisyaratkan bakal pensiun dari dunia sepak bola internasional ketika masih membela Schalke 04.

Namun, Joel Matip sendiri sayangnya tidak mengikuti prosedur FIFA dengan mengirimi PSSI-nya Kamerun dengan surat secara resmi.

Baca Juga

Akibatnya, Liverpool yang baru meminangnya pada 2016 lalu malah terkena imbasnya hingga Matip melewatkan dua laga The Reds kontra Manchester United (Liga Inggris) dan Plymouth Argyle (Piala FA) sebelum masalah itu diselesaikan.

Kembali ke Andre Onana, mantan kiper Ajax Amsterdam itu tampaknya benar-benar ketar-ketir apabila harus meniggalkan takhtanya di Man United sebagai kiper utama.

Ketakutan bahwa bisa saja ketika dirinya kembali ke Manchester United, Andre Onana sudah tidak menjadi ‘anak kesayangan’ Erik ten Hag lagi, apalagi bila Altay Bayindir mampu tampil lebih impresif darinya.

Terlebih lagi, pelatih berusia 53 tahun itu sudah mengisyaratkan dapat segera memberikan kesempatan bagi kiper asal Turki itu untuk unjuk gigi.

Baca Juga

“Altay (Bayindir) mulai terbiasa dengan Liga Inggris dan Liga Champions, yang berat untuknya ketika datang dari Turki,” sahut juru taktik asal Belanda itu dilansir dari Daily Mail.

“Namun, kami sangat puas dengan proses tersebut, dia menjalaninya dengan baik. Dia harus (lebih) bersabar saja, tetapi jika dia terus menjaga perkembangannya, dia akan dapat kesempatan (bermain) yang harus dimanfaatkannya.”

Jika Andre Onana harus menurut untuk tampil di Piala Afrika, Altay Bayindir pastinya akan menjadi kiper utama Manchester United.

Tentu saja apabila Altay Bayindir lebih bagus, Andre Onana akan mendapatkan ancaman untuk dicueki Erik ten Hag dalam pertandingan berikutnya.

Terlebih lagi, Andre Onana punya ‘dosa besar’ gara-gara blundernya di beberapa laga Liga Champions yang membuat Manchester United menghuni juru kunci Grup A dengan 4 poin meskipun sukses mencetak 12 gol.

Baca Juga
Manchester UnitedPiala AfrikaLiga InggrisAndre Onana

Berita Terkini