x

Move On dari Man United, Sheikh Jassim Mulai Siapkan Proyek Fantastis Akuisisi Inter Milan

Jumat, 8 Desember 2023 13:33 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Fans Inter Milan boleh berharap klub mereka menjadi penguasa dominan Liga Italia (Serie A) lagi usai diisukan Sheikh Jassim Al-Thani siap melakukan akuisisi. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM - Fans Inter Milan boleh berharap klub mereka menjadi penguasa dominan Liga Italia (Serie A) lagi usai diisukan Sheikh Jassim Al-Thani siap melakukan akuisisi.

Setelah gagal dalam usahanya membeli Manchester United beberapa waktu lalu, pengusaha sukses asal Qatar tersebut rupanya masih berambisi untuk melakukan takeover kesebelasan besar Eropa.

Baca Juga

Dilansir dari Calciomercato, Sheikh Jassim bersama Qatar Islamic Bank memang tertarik pada prospek mengambil alih Inter Milan.

Mereka jelas punya dana lebih dari cukup untuk membeli I Nerazzurri dari keluarga Zhang dan Suning Group sebagai pemegang saham mayoritas di Giuseppe Meazza.

Data dari Statista menunjukkan jika Inter Milan pada 2023 mengalami kenaikan valuasi sebanyak 26% dan kini layak dihargai 1,2 miliar Euro.

Sementara itu Sheik Jassim sempat berani melayangkan proposal seharga 6 miliar Euro ketika menawar Manchester United. Sudah jelas ia punya sumber dana lebih dari cukup untuk mengeksekusi rencana.

Baca Juga

Dalam tiga tahun terakhir Inter Milan menunjukkan jika mereka siap untuk menjadi klub terbaik Italia.

Tidak hanya berhasil memenangkan Scudetto sekali, mereka juga sempat menjejak final Liga Champions lagi pada musim lalu.

Musim ini Inter Milan jadi favorit teratas juara Liga Italia 2023/2024 usai baru kalah sekali saja dari 14 pekan berjalan.

Sheikh Jassim Al-Thani jelas melihat adanya pondasi yang sudah terbentuk untuk membawa La Benemata lebih sukses lagi ke depannya.

Baca Juga

1. Zhang Ogah Melepas, tapi...

Selebrasi Lautaro Martinez mencetak gol bersama rekan tim Marcus Thuram pada laga Serie A Italia di Stadion Allianz, Italia, Minggu (26/11/23). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Masih dari Calciomercato, keluarga Zhang beserta Suning Group tampaknya enggan untuk melepaskan Inter Milan pada para peminat.

Meski tidak lepas dari kritik sejak mendarat ke sisi biru kota mode pada 2018 silam namun klan pengusaha asal China itu tetap betah mengelola klub.

Baca Juga

Terlebih dengan capaian-capaian positif dalam beberapa tahun terakhir. Tidak heran jika kemudian proposal dari Sheik Jassim Al-Thani bakal ditolak.

Hanya saja situasi keuangan mereka kini sedang tidak sehat. Ada utang 350 juta Euro yang harus dibayarkan pada bank Amerika Serikat di Mei 2024 mendatang.

Keluarga Zhang dan Suning Group dipercaya akan sulit untuk melunasi dan nantinya sebagian saham Inter Milan akan jatuh ke tangan bank tersebut.

Terlihat dari bagaimana Inter Milan tidak banyak mendapatkan suntikan dana belanja untuk bursa transfer kendati mereka termasuk tim berprestasi.

Baca Juga

Pelatih Simone Inzaghi dipaksa untuk puas dengan rekrutan murah juga sejumlah free agent namun beruntung ia masih bisa membuat skuadnya tetap kompetitif dengan anggaran minim.

Contohnya saja musim ini ada Yann Sommer, Marcus Thuram, Davy Klaassen, Alexis Sanchez, Carlos Augusto, juga Davide Frattesi, dengan akumulasi biaya 7 juta Euro saja.

Ini bisa jadi jalan bagi Sheikh Jassim untuk masuk dan menancapkan kukunya di Giuseppe Meazza.

Bila menjanjikan tawaran mewah sekaligus proses akuisis cepat, bukan tidak mungkin mantan emir Qatar tersebut bisa menjadi pemilik Inter Milan yang baru dalam waktu dekat.

Baca Juga
Inter MilanLiga ItaliaSuning Commerce GroupSteven ZhangSheikh Jassim

Berita Terkini