x

Pesta Ulang Tahun Dini Hari The Jakmania, Bundaran HI Memerah

Selasa, 19 Desember 2023 14:20 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Kelompok suporter Persija Jakarta, The Jakmania, mengepung Bundaran Hotel Indonesia (bundaran HI), Jakarta, pada Selasa (19/12/23) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Kelompok suporter Persija Jakarta di Liga 1, The Jakmania, mengepung Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), Jakarta, pada Selasa (19/12/23) dini hari WIB. 

Kemunculan The Jakmania di Bundaran HI tadi malam sangat menarik perhatian. Sebab jumlah suporter yang hadir dan berkumpul di Bundaran Patung Selamat Datang ini cukup banyak.

Baca Juga

Ternyata, tujuan berkumpulnya para suporter Persija di pusat Kota Jakarta itu sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-26 The Jakmania yang juga viral dengan hashtag #RiseEne26y di media sosial.

Mulai dari kembang api, chant-chant dukungan untuk persija, kibaran bendera, flare, bahkan smoke bomb turut mewarnai pawai dini hari ulang tahun The Jakmania. 

Kelompok suporter yang ikut berpartisipasi memerahkan Bundaran HI sendiri berasal dari segala penjuru Kota Jakarta dan sekitarnya. 

Perayaan ulang tahun The Jakmania selalu dirayakan tiap tanggal 19 Desember. Memiliki cikal bakal nama Persija Fans Club, kelompok suporter salah satu klub terbesar di Indonesia ini berevolusi menjadi The Jakmania atau disingkat Jakmania yang resmi dibentuk pada 1997. 

Baca Juga

Ide terbentuknya kelompok suporter yang terorganisir ini berawal dari manajer Persija Jakarta kala itu, yakni Diza Rasyid Ali, serta didukung penuh oleh Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso.

Jakmania Jadi Alat Persatuan

Sementara itu, Pengurus Pusat (PP) The Jakmania sendiri merayakan ulang tahun dengan cara berbeda yaitu berkumpul bersama di sekretariat The Jakmania, Kuningan, Jakarta Selatan. Perayaan dipimpin langsung oleh Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno.

Diky Soemarno memberikan harapan dan doa untuk The Jakmania dalam rangka ulang tahunnya yang ke-26 ini agar The Jakmania selalu berada di jalurnya sebagai pendukung setia Persija, serta Jakmania harus menunjukkan bahwa sepak bola adalah alat persatuan dan Jakmania adalah simbol persatuan tersebut. 

"Harapannya semoga the Jakmania tetap berada di jalurnya sebagai pendukung setia Persija yang selalu menemani dan mendukung Persija dalam keadaan apapun. Tantangan semakin besar ke depan, salah satunya adalah kemajuan zaman. Jakmania harus selalu siap beradaptasi dan berinovasi," ujar Diky Soemarno kepada INDOSPORT.COM.

Baca Juga

"Jakmania harus menunjukkan bahwa sepak bola adalah alat persatuan dan jakmania adalah simbol persatuan tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, akun resmi instagram dari Persija Jakarta juga ikut memberikan ucapan selamat ulang tahun ke kelompok suporter setianya, The Jakmania. Macan Kemayoran mengatakan kepada The Jakmania untuk terus selalu berdampingan dan men-support tim kebanggaan mereka saat ini 

"Melewati suka dan duka, kalian selalu ada di sisi. Berdampingan membawa kejayaan, demi lambang Monas di dada."

Selamat Ulang Tahun ke-26 untuk THE JAKMANIA tercinta. Semakin solid, selalu jadi yang terdepan dan contoh positif, untuk Jakarta dan Indonesia." tulis akun instagram resmi @persija.

Baca Juga

Penulis: Sella Anggraini

Persija JakartaThe JakmaniaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini