Incar Gelar Juara Dunia, Tibo Monabesa Siap Pertahankan Gelar WBC Internasional

Sabtu, 30 September 2017 15:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizal
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Preskon Tibo Monabesa vs Crison Omayo. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Preskon Tibo Monabesa vs Crison Omayo.

Pertarungan ini akan digelar malam nanti di The Breeze, Tangerang. Selain berupaya mempertahankan sabuk WBC Internasional, Tibo juga sedang mengejar poin untuk merangsek ke peringkat yang lebih tinggi.

Tibo menyatakan sudah sangat siap untuk mengalahkan lawan dan tidak mengalami tekanan meski penantangnya berasal dari negara yang cukup diperhitungkan di kancah dunia adu jotos.

Bagi pria asal Kota Kefamenanu, Timor Tengah Utara, NTT itu pertarungan nanti juga menjadi kesempatan baginya untuk menunjukkan kemampuannya di pentas dunia.

"Saya sudah sangat siap sekali untuk pertarungan ini, walaupun sampai tiga kali ganti calon lawan tetapi tidak jadi masalah," ujar Tibo Monabesa dalam konferensi pers jelang pertarungan.

"Saya tidak ada tekanan sama sekali meski kita tahu lawan dari negara cukup kuat untuk olahraga ini. Tinju adalah cita-cita saya dan sekarang sudah tercapai, jadi saat ini tinggal bagaimana saya mempersiapkan langkah menuju gelar juara dunia," sambungnya.

© Internet
Tino Monabesa Copyright: InternetTibo Monabesa

Sepanjang karir di dunia tinju profesional, Tibo mengaku sudah tiga kali bertemu petinju asal Filipina. Lawan-lawan dari negara Manny Pacquiao itu dinilai memiliki semangat yang tak pernah padam dan punya ketahanan fisik yang bagus. 

Meski demikian, Tibo menyatakan tidak akan berlama-lama memberi kesempatan pada Omayo untuk mengembangkan strategi. Jika ada kesempatan, Tibo berjanji akan mengkanvaskan sang lawan.

"Mereka tipenya fighter, siap jual beli pukulan, makanya setaminanya kuat. Jadi targetnya begitu ada kesempatan saya akan jatuhkan dia," ucap Tibo.

Pertarungan menghadapi Omayo menjadi yang pertarungan ke-18 sepanjang karier profesional Tibo. Petinju peringkat 2 dunia di kelas WBA itu tercatat belum pernah kalah.

Tibo telah membukukan 15 kali kemenangan (tujuh KO dan delapan kali menang angka) serta dua kali imbang. Saat ini Tibo juga menghuni peringkat 11 WBC untuk kelas terbang junior.

Pertarungan Tibo menghadapi Omayo rencananya akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi nasional, MNC TV.