Bijak, Wejangan Mike Tyson Gugah Petinju Inggris yang Nyaris Bunuh Diri

Kamis, 11 Juni 2020 16:58 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Focus on Sport via Getty Images
Wejangan yang diberikan oleh legenda tinju, Mike Tyson kepada Ricky Hatton mampu menggugah hati petinju asal Inggris yang beberapa kali nyaris bunuh diri. Copyright: © Focus on Sport via Getty Images
Wejangan yang diberikan oleh legenda tinju, Mike Tyson kepada Ricky Hatton mampu menggugah hati petinju asal Inggris yang beberapa kali nyaris bunuh diri.

INDOSPORT.COM – Wejangan bijaksana yang diberikan oleh legenda tinju, Mike Tyson kepada Ricky Hatton mampu menggugah hati petinju asal Inggris yang beberapa kali nyaris bunuh diri.

Diketahui Hatton merupakan salah satu petinju yang terbilang sukses pada masanya. Namun sayang, kejayaannya tak bisa bertahan lama terutama di akhir kariernya pada 2012.

Hatton pun pernah terjerembab dalam titik terendah dalam hidupnya, lantaran sempat depresi karena kesulitan kembali meraih masa jayanya yang dimulai saat ia mengalami degradasi performa pada musim 2007 dan kalah atas Floyd Mayweather Jr.

Hidupnya makin tak karuan setelah kalah dari Manny Pacquiao pada laga yang berlangsung 2009, di mana ia menjadi seorang yang gemar mengonsumsi obat-obatan terlarang dan pemabuk. Bahkan yang paling fatal ialah Ricky Hatton beberapa kali nyaris bunuh diri.

Kondisi yang dialami oleh petinju asal Inggris itu pun mendapatkan perhatian dari Mike Tyson, lantaran mengingatkannya tentang masa kelam yang pernah ia alami di masa lalu, dengan memberikan Hatton sejumlah nasihat bijak.

"Hatton tidak bisa melihat dirinya sendiri dengan pandangan yang sama ketika orang lain melihatnya. Semua orang dan saya memberikan respek kepadanya, Anda menyakiti orang yang salah jika Anda menyakiti diri sendiri," ujar Si Leher Beton, dilansir dari laman Sport Bible.

“Jadi berhentilah untuk mengalahkan diri sendiri, anda pria yang baik dan orang-orang mencintai anda. Berbicaralah dengan ibu anda, kita juga hanya manusia dan bukan Tuhan, kita semua pasti melakukan kesalahan,” tambahnya.

Wejangan bijak tersebut pun menggungah hati petinju berusia 41 tahun tersebut, dan membuatnya terlihat menangis lantaran perkataan yang dilontarkan oleh Mike Tyson.

Ricky Hatton sendiri memiliki catatan rekor 45-3-0, di mana ia hanya menelan kekalahan saat melawan Floyd Mayweather Jr, Manny Pacquiao dan Vyacheslav Senchenko (2012) selama menjalani kariernya sebagai petinju profesional, ia kini berprofesi sebagai pelatih tinju.