x

Jefri Nichol Terjerat Kasus Narkoba, Ini Bahaya Ganja Bagi Kesehatan

Selasa, 23 Juli 2019 20:56 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Jefri Nichol sebagai legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical.

INDOSPORT.COM - Jefri Nichol ditangkap Penyidik Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan, Selasa (23/07/19) karena kepemilikan narkoba jenis ganja seberat 6 gram. Berikut bahaya ganja bagi kesehatan.

Ganja merupakan obat depresan yang berasal  dari daun cannabis. Zat yang ditemukan di dalam ganja adalah THC (delta 9 tetrahidrokanibinol). Zat tersebut merupakan salah satu dari 400 zat kimia yang ditemukan di dalam ganja dan dapat menyebabkan efek perubahan suasana hati.

Baca Juga

Orang yang menggunakan ganja tidak dapat mengendalikan tawa dan suka berbicara melantur. Dalam kondisi sadar, efek dari ganja dapat menyebabkan orang yang mengonsumsinya memiliki ketakutan berlebih, mengigau, dan bersedih.

Ganja juga dapat berefek buruk bagi paru-paru dan bagi pria dapat mengganggu sistem reproduksi lantaran bisa mengurangi jumlah sperma. Kemudian, dampak selanjutnya adalah menurunnya vitalitas pria atau bahkan menyebabkan mandul.

Baca Juga

Selain berefek buruk bagi kesehatan, ganja jelas membuat seseorang terjerat hukum. Di Indonesia hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 

Ganja termasuk dalam narkotika golongan I, yang jika ditanam, dipelihara, dimiliki, atau disimpan, dapat dikenai sanksi pidana penjara paling lama dua belas tahun dan denda paling banyak Rp8 miliar. 

Kabar soal Jefri tentu mengejutkan banyak pihak. Terlebih, ia baru didapuk untuk memerankan legenda tinju Indonesia Ellyas Pical di film The Exocet. 

Seleb SportsEllyas PicalTinjuBerita TransferJefri Nichol

Berita Terkini