x

Petinju Porprov Jawa Timur Berusia 15 Tahun Meninggal Dunia Akibat Pendarahan Otak

Rabu, 13 September 2023 04:30 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Atlet tinju asal Bondowoso, Farhat Mika Rahel Riyanto, meninggal dunia di usia 15 tahun usai pingsan di pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2023.

INDOSPORT.COM – Atlet tinju asal Bondowoso, Farhat Mika Rahel Riyanto, meninggal dunia di usia 15 tahun usai pingsan di pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2023.

Pada Senin (11/9/23), Farhat Mika Rahel Riyanto pingsan saat menghadapi atlet asal Blitar di babak delapan besar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur yang digelar di Auditorium Darul Ulum (Undar), Jombang.

Baca Juga

Setelah mendapatkan pertolongan pertama dari tim medis di lapangan, Farhat Mika Rahel Riyanto sempat dilarikan ke IGD RSUD Jombang dengan kondisi tidak sadar akibat pendarahan di bagian kepala.

Setelah ditemukan pendarahan di otak sang petinju , Farhat Mika Rahel Riyanto sempat dirawat di ICU. Namun beberapa jam kemudian, dia dinyatakan meninggal dunia, Selasa (12/9/23).

Dilansir dari Antara, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta untuk menghentikan pertandingan Porprov Jawa Timur 2023 cabor tinju usai meninggalnya Farhat Mika Rahel Riyanto.

Kemudian Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Jawa Timur, M.Nabil, dalam keterangan tertulisnya, mengeksekusi perintah dari sang Gubernur.

Baca Juga

“Pertandingan cabor tinju yang digelar di Jombang kami hentikan. Tidak ada kelanjutannya,” kata M. Nabil dilansir dari Antara.

Dalam pernyataannya, Khofifah Indar Parawansa dan KONI menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya Farhat Mika Rahel Riyanto.

“Ibu Gubernur dan seluruh pengurus KONI Jatim menyampaikan dukacita. Semoga Almarhum diterima di tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan,” sambungnya.

M. Nabil mengonfirmasi jika menurutnya tahapan standar keamanan dan kesehatan dalam pertandingan di Porprov Jatim 2023 termasuk tinju sudah dipenuhi prosedurnya.

Baca Juga

1. KONI Buka Suara, Sampaikan Duka Mendalam

KONI Buka Suara, Sampaikan Duka Mendalam Atas Meninggalnya Petinju Muda Asal Bondowoso, Farhat Mika Rahel Riyanto.

Dalam pernyataannya masih dilansir dari laman Antara, M. Nabil berujar jika sebelum bertanding, para atlet sudah dilakukan pengecekan kesehatan fisk dan catatan pertandingan sebelumnya.

“Timbang badan tidak akan dilakukan jika pemeriksaan kesehatannya tidak bagus. Sehingga pertandingan secara otomatis tidak bisa digelar kalau kondisinya tidak baik,” ujar M.Nabil.

Baca Juga

Senada dengan itu, Bidang Hukum KONI Jatim Mustofa Abidin jua menjelaskan jika tidak ada prosedur yang dilanggar soal ketentuan pertandingan di Porprov Jatim 2023.

“Tidak ada aturan yang dilanggar, baik aturan pertandingan maupun aturan alat-alat kelengkapan pertandingam dukungan medis juga siap,” ujar Mustofa Abidin.

“Saat di rumah sakit, atlet tersebut (Farhat Mika Rahel Riyanto) langsung ditangani secara intensif sesuai dengan rilis yang diberikan pihak dokter.”

“Artinya pertandingan itu digelar dengan ketentuan baik dari sisi penyelenggaraan dan jaminan kesehatan serta keselamatan,”pungkas Mustofa.

Baca Juga

Tak hanya dari Gubernur Jatim hingga KONI yang melayat ke rumah duka, seluruh masyarakat Indonesia ikut berbelasungkawa dengan meningganya petinju muda asal Bondowoso, Farhat Mika Rahel Riyanto, di Porprov Jatim 2023.

Berikut adalah komentar-komnetar dukacita masyarakat yang dituliskan di media sosial, seperti dilansir dari instagram @jatimpemprov.

“Turut berduka cita, semoga Ananda Farhat husnul khotimah,” tulis @diah****

“Semoga husnul khotimah, Amin YRA,” tulis @hs******

“Al Fatihah,” tulis @ase*****8

Baca Juga
Pekan Olahraga ProvinsiTinjuKONI Jawa TimurBerita Tinju

Berita Terkini