x

Kamboja Heroik ke Final Voli Putra SEA Games 2023, Indonesia Auto Hattrick Emas?

Senin, 8 Mei 2023 12:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Kamboja ke final SEA Games 2023 usai bantai tim kuat Thailand, timnas voli Indonesia optimis bisa hattrik emas yang digelar Senin (8/5/23) pukul 19.00 WIB.

INDOSPORT.COM – Kamboja heroik ke final SEA Games 2023 usai bantai tim kuat Thailand, timnas voli Indonesia optimis bisa hattrik emas yang digelar Senin (8/5/23) pukul 19.00 WIB.

Voli indoor adalah salah satu dari total 36 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di SEA Games 2023. Serangkaian kejutan terjadi, termasuk Kamboja yang mengalahkan Thailand di semifinal.

Bertanding di Olympic Indoor Stadium, Phnom, Penh, Minggu (7/5/23), timnas voli Kamboja  mengalahkan Thailand dengan skor 3-2 (18-25, 21-25, 25-21, 26-16, 15-10).

Capaian ini sungguh fantastis mengingat Thailand adalah tim yang cukup kuat, dan sejauh ini sudah mengoleksi delapan emas, lima perak, dan lima perunggu di ajang SEA Games.

Hal yang berbanding terbalik dengan situasi Kamboja yang baru mengoleksi satu medali perunggu SEA Games.  Medali itu diraih pada edisi 2021 usai mengalahkan Thailand 3-2.

Baca Juga

Tentu saja ini adalah momentum apik bagi Kamboja untuk mencetak sejarah meraih emas voli SEA Games. Apalagi mereka bertanding di depan pendukungnya sendiri.

Meski demikian, rasanya tetap akan sulit bagi Kamboja untuk bisa melewati hadangan timnas voli Indonesia yang akan jadi lawan mereka di final.

Baca Juga

Timnas voli Indonesia sebagai juara bertahan, tampil cukup impresif tanpa satu set pun untuk memastikan tiket final SEA Games 2023.

Memulai perjuangan dari fase Grup A, Indonesia menang 3-0 dari Filipina. Kemudian timnas voli putra Indonesia kembali menang 3-0 dari Singapura dan menang 3-0 dari Kamboja.

Di semifinal, laju Indonesia tak terbendung kala menang 3-0 dari Vietnam. Pelatih timnas voli Indonesia, Jeff Jiang Jie, mengatakan cukup optmis bagi Indonesia untuk menyambut final SEA Games 2023.

Baca Juga

1. Hattrick Emas SEA Games

Pelatih timnas voli Indonesia, Jeff Jiang Jie, cukup yakin jika anak asuhnya bisa kembali menaklukkan Kamboja di depan supporter lawan.

Melansir dari Antara, pelatih timnas voli Indonesia, Jeff Jiang Jie, cukup yakin jika anak asuhnya bisa kembali menaklukkan Kamboja di depan supporter lawan.

“Harapan kami bisa kembali bertemu Kamboja (sejak fase grup). Tinggal besok (hari ini). Kami berproses untuk tiba di final. Semoga bisa meraih hasil yang terbaik,” kata pelatih Jeff Jiang Jie.

Bertanding di kandang lawan, salah satu penggawa timnas voli Indonesia, Farhan Halim, mengaku akan bermain semaksimal mungkin.

Apalagi timnas voli Indonesia misi yakni mencetak hattrick emas SEA Games. Sebelumnya Indonesia sukses merengkuh emas beruntun di dua edisi terakhir SEA Games (2019, 2021).

Hal yang sekaligus menambah koleksi emas timnas voli Indonesia di ajang SEA Games menjadi 11 emas atau yang terbanyak di Asia Tenggara.

Baca Juga

“Pastinya kami ingin emas. Karena ada beberapa senior yang akan hattrick, ada beberapa senior yang memang sudah dua kali juara dan kalau menang di sini, hattrick,” ucap Farhan Halim melansir Antara.

Baca Juga

“Jadi sejarah juga kalau tidak salah. Saya minta doanya buat semuanya rakyat Indonesia. Doakan kami. besok (hari ini) final. Mohon diberi keselamatan dan bisa membawa pulang emas lagi,” pungkas pevoli asal Jawa Barat itu.

Laga final voli putra SEA Games 2023 antara Indonesia vs Kamboja akan berlangsung pada Senin (8/5/23) pukul 19.00 WIB.

Beragam dukungan pun terlontar dari para pendukung timnas Indonesia maupun Kamboja di berbagai lini masa media sosial.

Baca Juga

Sumber: Antara, Instagram @timindonesiaofficial

SEA GamesKambojaVoliTimnas Voli IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini